Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambaha PA Moria Tanggal 07 – 13 Juli 2019. Kebahagiaan itu adalah dalam praktek Saling Mengasihi



Bahan Penelaahan  : Filipi 2 : 1-4

Tema. :  Radu Mperdiateken

Tujuan : Gelah Moria

1.   Mperdiateken kalak si isekelewetna
2.   Nggejapken maka ia perlu man kalak sideban, ras kalak si deban pe perlu man bana.

Metoda :  Diskusi ras Aksi (PRT)

2:1 Kegeluhenndu i bas Kristus erbahanca kam megegeh. Ma kin keleng ateNa e ngapuli kam? Ma rembak kin kam ras Kesah Dibata? Ma kin sikeleng-kelengen kam dingen mekuah atendu sekalak nandangi si debanna?

2:2 Gelah tuhu-tuhu malem ateku, kupindoken man bandu: Ersada min arihndu, sikeleng-kelengen min kam, ersada min geluhndu dingen ersada ukurndu.

2:3 Ola ibahanndu kai pe erpalasken kerangapen, ntah si erpalasken ukur meganjang. Tapi peteruklah ukurndu sekalak nandangi si debanna. Ola kal iakapndu ulin kam asangken kalak si deban.

2:4 Ola keperlunndu saja ngenca iperdiatekenndu tapi perdiateken pe keperlun kalak si deba

Fakta

1.     Hidup di dalam Kristus adalah Sumber kekuatan dan semangat dalam hidup. Kasih saying Kristus lah yang member hiburan kepada anak anakNya, dan semakin membuat seseorang dekat dengan Tuhan.  Akhirnya hidup dalam prilaku saling kasih mengasihi satu kepada yang lain

2.     Tuhan meminta semua anak anakNYA untuk hidup saling mengasihi.  Ersada arih, ersada geluh ras ersada ukur

3.     Tuhan menekankan untuk tidak melakukan apapun berdasarkan kerakusan,  atau kesombongan.  Namun sebaliknya rendah kan lah hati terhadap orang lain, dan jangan pernah merasa lebih hebat dari orang lain.

4.     Jangan hanya mementingkan diri sendiri, tapi perhatikan juga diri orang lain

Ibu Iriana Jokowi terkenal sebagai wanita yag sangat bersahaja 
dan peduli kepada anak anak. 

Arti Dan Makna.

1.     Tidak ada sumber kekuatan hidup yang lebih sempurna selain dari kekuatan yang berseumber dari Kristus.  Jadi seleuh keberhasilan dan keberadaan sukses kita itu dating dari Belas Kasihan Tuhan.  Jadi semua berawal dari kasih saying Tuhan Yesus.

2.     Yesus lah yang meminta kita hidup dalam hubungan saling peduli dan saling saying dengan orag lain, terutama di lingkungan kita.

3.     Tidak ada nilai bagi seseorang yang sukses sendiri ditengah lingkungan orang yang gagal semua.  Namun keberhasilan yang paling tinggi jika sama sama berhasil, sama sukses dengan  orang lain.   Jika kita satu satunya yang sehat di tengah sekeliling 1000 orang yang lagi mencret, tidak enaj juga (tabik).

4.     Orang Kristen khususnya adalah Moria harus lah hidup prilaku hidup yang senantiasa mengucap syukur, bukan berdasarkan kerakusan dan keangkuhan.  Perlu sekali memperhatikan orang lain, termasuk perhatian yang super istimewa kepada suami.  Jangan lah memancing suami untuk melakukan pekerjaan hanya demi mencari kepuasaan duniawi saja.  Namun bantulah suami, pedulilah sama suami dan anak anak, supaya mereka bisa terpacu semangat hidupnya untuk memuliakan Tuhan.

5.     Orang Kristen berdasrkan ayat ini diminta untuk senantiasa memperhatian kepentingan orang lain sekalipun tidak mengenal atau tidak ada hubungan dengan orang lain tersebut.

 Memiliki Jet Pribadi dan dan tas Hermes paling mahal tidak lah jaminan hidup bahagia. Lihatlah Foto Syahrini, tatapannya menyiratkan kegalauan hati.  
Yesus lebih dari semuanya.

Pengkenaina.

Selaku orang Kristen kita harus memperhatikan lingkungan kita, supaya kita bisa menciptakan hubungan saling mengasihi.  Moria adalah katalisator di lingkungan dimanapun dia berada untuk menciptakan hubungan baik, mencairkan suasana yang kaku, serta selalu rendah hati supaya orang lain merasa diriya diperhatikan dan dihargai.

JIka suatu saat ada perasaan galau, semangat kerja turun dating ke Moria pun kisat, ingat bahwa Tuhan adalah sumber semua semangat dan kekuatan. Mintalah kepada Tuhan untuk menghibur dan member semangat dan kekuatan diri.

Tinggalkan lah kesombongan, namun praktekkan lah kerendah hatian dalam prilaku hidup sehari sehari.  Kebahagiaan hidup bukanlah saat menenteng Tas Hermes yang harnya ratusan juta bahkan milyaran rupiah, namun saat kita melihat seorang teman kita bisa tertawa lepas karena kita traktir makan bakso, atau es cendol medan.

Terima kasih dan mejuah juah kita kerina .
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023