Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Inilah Emas Termahal Dan Kembang Terindah Untuk Anda, Sahabat

Pernah kah anda mengirimkan kembang kepada teman Anda? Saya yakin pasti pernah, terutama pada saat saat istimewa, misalnya ketika teman Anda itu berulang tahun, lulus dari sekolah atau kuliah, saat menikah, atau ketika mendapat kelahiran anak. Mengapa kembang yang Anda pilih, tentu karena adanya anggapan bahwa kembang merupakan benda yang dipakai sebagai simbol persahabatan, percintaan ataupun kasih sayang. 


Benda yang lain biasa dipakai dalam ungkapan perhatian kepada teman adalah emas. Namun bukan emas dalam bentuk batangan akan tetapi perhiasan. Bisa berupa kalung, cincin, gelang, anting ataupun dalam bentuk pin, bros, medali, plakat dan lain sebagainya. Untuk menyatakan perhatian dan kepedulian kepada teman kedua benda inilah yang paling sering dipakai



Sebenarnya ada bentuk yang lebih sederhana daripada kembang dan emas, yaitu berkirim berita. Sekarang berkirim berita tanda kepedulian dan perhatian gampang sekali dilakukan yaitu melalui sms, atau twitter, facebook, email, whatsapp, blackberry messengger dan lain sebagainya. Berkirim surat atau telegram sudah jarang dilakukan pada jaman sekarang ini. 


Orang tidak pernah menolak kalau dikirimi bunga, termasuk teman yang baru kita kenal. Demikian juga jika diberikan emas perhiasan tanda kekaguman, maka tidak akan ada yang menolaknya. Mengapa orang pasti menerima kembang atau emas jika diberikan atau dikirimkan dengan keikhlasan dan ketulusan, bukan lah karena nilai kembang atau harga emasnya. Tapi justru karena memang pada kenyataannya manusia tidak pernah menolak kalau diperhatikan. 

 
Tadi kita sudah singgung bahwa emas atau kembang adalah simbol dari perhatian kepada seseorang. Memberikan kembang atau emas adalah pertanda kita memberikan perhatian atau apresiasi kepada seseorang. Perhatian sangat dibutuhkan dalam setiap tahap perkembangan manusia. Dari sejak bayi, anak-anak, remaja, dewasa sampai tua secara umur biologis manusia membutuhkan perhatian. Belum lagi saat saat ada situasi atau permasalahan psikologis maka seseorang sangat membutuhkan perhatian ataupun kasih sayang.


Orang orang membutuhkan perhatian karena berbagai alasan. Bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian untuk bertumbuh dan berkembang. Anak-anak membutuhkan perhatian untuk mengembangkan keterampilan sosial dan mencegah potensi bahaya yang datang kepada mereka . Orang tua membutuhkan perhatian untuk mencegah kebosanan dan juga untuk mendapatkan pendampingan atau perawatan pribadi . Orang yang menderita penyakit atau beban mental, sering membutuhkan perhatian untuk membantu mereka pulih seperti sedia kala.



Kebutuhan akan perhatian memang sangat subjektif sekali, tergantung situasi atau keadaan seseorang. Ada orang dewasa membutuhkan perhatian untuk memompa semangat kerja mereka. Beberapa orang membutuhkan perhatian untuk merasa dicintai. Yang lain perlu mendapatkan perhatian agar merasa diberdayakan.


Memberikan perhatian yang spesifik adalah salah satu yang dapat kita pakai untuk mempertahankan persahabatan kita. Jika seseorang selalu tampil sebagai orang pertama yang memberikan perhatian kepada temannya, maka pertemanan mereka akan langgeng. Apalagi jika kualitas perhatian yang diberikan sangat tepat sesuai kebutuhan.




Dalam hubungan kerja antara atasan bawahan atau sesama rekan kerja pun saling memberikan perhatian ini banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Kerja sama dan koordinasi kerja bisa lebih cepat dan lebih baik dilakukan jika  antara semua anggotanya terjalin hubungan saling memperhatikan. Sebab masalah yang sering muncul dalam hubungan kerja banyak yang berkaitan dengan rendahnya interaksi dan minimnya praktek memberi dan mendapatkan perhatian. Jika kebiasaan saling memperhatikan sudah bisa dilakukan maka hubungan kerja akan lebih kuat, dan selanjutnya prestasi setiap individu pun akan bermuara kepada pencapaian prestasi tim atau organisasi 


Sudah biasa kita dengar bahwa prestasi sesorang dalam organisasi sangat berhubungan dengan kemampuan hubungan antar manusia yang dia miliki (interpersonal skills). Interpersonal skills secara sederhana adalah seberapa tinggi kualitas perhatian anda kepada seseorang. Hal ini menyangkut tentu saja posisi atau kedudukan anda pada organisasi atau perusahaan. Apakah anda seorang rekan kerja yang mampu memberi perhatian? Apakah anda seorang bawahan yang suka memperhatikan atasan? Apakah anda seorang atasan yang suka memperhatikan bawahan anda? Apakah anda seorang yang mempunyai tingkat kepedulian sosial yang tinggi? Apakah anda suka memperhatikan kemajuan teman kerja anda ? Apakah anda termasuk atasan yang memikirkan dan memperhatikan kemajuan atau prestasi anak buah anda? Inilah pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan kebiasaan memberikan perhatian yang menjadi bagian dari interpersonal skills tadi.


Memulai dan Mebiasakan Memberi Perhatian.

Orang yang egois atau terlalu memperhatikan diri sendiri akhirnya akan sulit memperhatikan orang lain. Untuk bisa menjadi orang yang terbiasa memberi perhatian kepada orang lain anda harus mampu terlebih dahulu menerima dan mensyukuri diri anda sendiri. Oleh sebab itu sadari lah lalu lepaskan lah diri anda dari kecenderungan hanya memperhatikan diri sendiri.


Syukuri keberhasilan anda, dan ingat bahwa apapun prestasi hidup yang anda capai saat ini tidak dapat dilepaskan karena perhatian dan pertolongan orang lain. Jika seseorang sudah sampai kepada kesadaran bahwa dirinya juga ternyata banyak diperhatikan dan ditolong orang lain, maka niat untuk memperhatikan dan menolong orang lain pun akan muncul dalam dirinya. 




Niat adalah syarat utama dalam memperhatikan seseorang. Jika niat sudah ada, maka akan muncul segudang cara untuk memperhatikan atau mengapresiasi orang lain. Namun jika niat belum ada maka terasa sangat sulit untuk memperhatikan orang lain. 


Sebagai contoh, jika niat untuk memberi perhatian atau apresiasi sudah ada, anda akan selalu ingat akan hari ulang tahun teman anda. Anda pun akan peka akan situasi dan keadaan teman atau rekan kerja bahkan atasan anda, sehingga anda akan merasa gampang untuk memberikan bentuk-bentuk perhatian anda.


Memberikan perhatian dalam prakteknya bisa dalam bentuk perkataan atau pembicaraan, juga bisa dalam bentuk tindakan atau perbuatan. Mengucapkan salam, atau memberi pujian adalah salah satu bentuk dalam memberikan perhatian. Memberikan benda, misalnya mengirim kembang atau memberikan hadiah emas juga adalah tindakan memberikan perhatian.



Jangan anggap remeh dengan kata kata dalam pujian tanda perhatian. Sebab jika diberikan dan disampaikan pada saat yang tepat nilai sebuah kata kata bisa lebih tinggi dan lebih mahal daripada kembang yang paling mahal ataupun emas yang paling murni. Maka berikanlah perhatian Anda kepada teman Anda, sebab anda pun akan diperhatikan pula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023