Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Inilah 4 Rahasia Keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting Dimata Ayahandanya.

 


Sebuah percakapan yang sangat bernas dan berkelas  saat saya bercakap cakap secara Virtual dengan Pak Edison Ginting, orang tua dari Anthony Sinisuka Ginting, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo.  Mengapa bernas dan berkelas Olimpiade, karena dari percakapan ini terungkap lah rahasia keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting, yang punya komitmen untuk merebut medali emas pada Olimpiade berikutnya, dan juga menjadi Ranking 1 untuk badminton putra dunia.  Dimana saat ini Anthony berada di rangking 5.  Jadi masih ada 4 level lagi menuju ke rangking 1.

Apa rahasia keberhasilan Anthony Ginting dimata ayahandanya ? Ada 4 hal yaitu

1.Faktor Orang Tua

2. Karakter dan mental bertanding

3. Pelatih

4. Fasilitas .

Ternyata orang tua lah yang pertama sekali harus menjadi inspirasi kepada anak anaknya, demikian juga yang ditanamkan Pak Edison Ginting.  Memberi inspirasi disini dilakukan dengan berkomunikasi secara terbuka dan mendalam.  Katakan apa risiko nya jika si anak memilih bidang olah raga yang dia sukai. Jangan pernah memaksa, dan berkomunikasilah sesuai dengan usia nya.  Siap capek, siap tidak bermain-main  dengan teman teman, karena harus latihan. Begitulah yang dilakukan nya kepada Anthony Ginting sejak usia 9 tahun.  Dan pada usia 14 tahun, Anthony Ginting sudah meraih medali (satu satunya) di Olimpiade Pemuda di Nanjing. 

Sumber photo : koleksi pribadi 

Lalu tanamkan karakter “apa yang harus dilakukan” bukan “mengapa ini harus terjadi” .jangan kecewa, jangan bersedih, jangan mengeluh terhadap situasi kehidupan dan kejadian yang dialami, namun yang lebih penting adalah bertanya kepada diri sendiri apa yang harus dilakukan dalam kejadian ini.  Inilah yang harus ditanamkan, harus diingat, harus dipraktekkan dalam setiap tahap kehidupan.  Oleh sebab itu perlu sekali untuk mendekatkan diri kepada Tuhan,  karena kehidupan ini ada Tuhan yang mengatur.

Pesan saya kepada Anthony hanya dua, tegas Pak Edison yang berkarier sebagai dosen dan pendidik ini, yang pertama selalu mengingat dan berserah kepada Tuhan serta yang kedua berlatihlah sungguh sungguh

Faktor yang ketiga adalah pelatih. Menurut penuturan Pak Edison, dalam usia baru 6 tahun Anthony Ginting sudah dilihat oleh pelatih bulutangkis dan berkata sianak ini (Anthony) akan menjad juara suatu saat.  Mengapa ? Karena Anthony sejak kecil mempunyai keseriusan dalam berlatih. Peneguhan dari pelatih ini lah yang membuat Pak Edison sendiri bangga dan yakin akan prestasi Anthony Ginting.  Ditambahkan olehnya pelatih bulutangkis yang berkelas itu biayanya mahal, namun  pelatih mana pun bersedia melatih Anthony tanpa memikirkan biaya pelatihan sebab keseriusan berlatih Anthony.  Anthony tidak pernah mengeluh dalam berlatih, seberat apa pun diminta oleh pelatihnya.

Teringat akan momen Asian Games 2018, dimana sampai kakinya keram di lapangan pun Anthony tetap bertanding, sampai sampai Presiden Jokowi sendiri pun terlihat kekagumannya kepada Mama Ginting anak sintengah enda.

Faktor yang keempat adalah fasilitas, terutama  asupan makanan yang dimakan Anthony.  Pak Edison seorang pegawai negeri (ASN saat ini) mengatakan bahwa dia dan istri harus cekatan dalam mengatur keuangan untuk kelima anak anaknya, dan juga asupan makanan kepada Anthony sendiri.  Peranan Ibu Anthony sangat penting, kebutuhan gizi nya diatur oleh sang ibu dengan bekerja sama dengan tukang martabak.  Telur dibeli, lalu putihnya diambil untuk konsumsi Anthony sedangkan bagian kuningnya dijual kepada tukang martabak disekitar tempat tinggal keluarga ini.

Lalu ibu Anthony akan membeli ceker ayam, yang murah harganya, ditumbuk dan dibuatkan sop bayam merah.  Dari sop bayam merah bercampur ceker ayam ini lah kebutuhan Calsium Anthony terpenuhi.  biaya murah, kalau mau, kata Pak Edison bangga dengan kreativitas sang istri yang dijumpainya pertama sekali saat kuliah bersama sama di IKIP Padang.   Saat terpilih sebagai atlit menjuju Olimpiade Pemuda Nanjing, Anthony diberikan beasiswa sebesar Rp 5 juta / perbulan, sehingga seluruh kebutuhan atau fasilitas pelatihannya dipenuhi dari dana beasiswa itu.  Dimana prestasi sudah terlihat, maka jalan semakin terbuka  tandas Pak Edison yang mempunyai kumis yang sangat rapi dan professional ini.

Sempat saya tanya bagaimana tentang jodoh?  Pak Edison dengan sangat tegas mengatakan siapapun boleh yang penting satu iman.  Lalu beliau menambahkan bahwa Anthony punya teman sejak mereka berlatih usia remaja, dan  terjalin sampai sekarang. Namanya Mitzi Abigail, yang photonya dengan Anthony beredar luas saat ini di medsos.

Ketika saya tanya, apa pesannya kepada semua orang tua supaya bisa juga melatih dan mempersiapkan anak anaknya menjadi Anthony Anthony yang lain, dengan penuh kerendahan hati dia menjawab bahwa semua orang tua mempunyai keunikan dan perbedaan masing masing.  Namun Pak Edison mengatakan bahwa ada tiga yang harus dilakukan setiap orang tua (1) memberi inspirasi (2) memotivasi dan mendampingi (3) memfasilitasi.  Langkah pertama yang segera bisa dilakukan setiap orang tua, sediakan lah waktu minimal 1 jam saja setiap hari untuk  berkomunikasi dengan anak anaknya.  Pada saat nanti sianak sudah mau mengatakan apa yang dia mau, disinilah orang tua harus membangun inspirasi untuk  anak anaknya.

Pada akhir percakapan Pak Edison memberi info untuk jadwal Anthony Ginting. Ada 4 event yang segera dia ikuti yaitu Sudirman Cup, Thomas Cup, Denmark Open dan French Open.  Jadi akan segera berangkat sekitar tanggal 15 bulan September 2021 dan selama 2,5 bulan Anthony akan berada di Eropah.  Bisa bisa dua bulan lagi, rangking Anthony sudah semakin meningkat ke rangking 4 atau 3, atau 2. Kita semua bangga lah  akan prestasi Anthony Sinisuka Ginting. Seperti kata senina kami Dedi Vernando Ginting di kaki Gunung Sinabung, “ngenen prestasi Anthony Ginting e, aku kuakap si ku tengah e bang”  nina alu  bangganya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023