Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Jokowi Komunikator Ulung Keturunan Raja Majapahit

Saya merasa sulit untuk memilih kata kata untuk menggambarkan bagaimana rasa kagum sekaligus hormat melihat cara Jokowi Gubernur DKI menangani kepindahan rakyatnya, pemukim di waduk Ria Rio Jakarta. Hal itu terjadi saat saya melihat di televisi yang terpasang di salah satu kamar di Hotel Grand Angkasa Medan tempat saya menginap yang disediakan oleh Smartfren dalam kunjungan saya ke Medan untuk memberikan training bagi pengembangan karyawan Smart fren ini.


 Jokowi jongkok berdialog dengan warga pemukim. Sumber foto Kompas.com

Jokowi memanggil beberapa orang dari kerumunan rakyat kecil penghuni gubuk gubuk di waduk Ria Rio ini ke dalam ruangan Rumah Susun Pinus Elok Cakung,  yang akan menjadi tempat mereka setelah dipindahkan dari waduk yang akan dibenahi ini. Dengan sangat piawai bagaikan seorang Salesman Property yang handal Jokowi mempresentasikan rumah yang akan menjadi tempat tinggal mereka seterusnya.


“ Ini kamarnya, langit langitnya akan diperbaiki dan dicat semuanya. Di dapur sudah ada kompor gas. Dan pesawat televisi layar datar pun sudah tersedia beserta sofa, kasur dan meja kursi. Hanya saat ini belum selesai semuanya, baru tersedia 60 (tempat)”, kata Jokowi.


Nanti akan diselesaikan, diperbaiki dan dicat semuanya sehingga cukup untuk seluruh keluarga dari sekitar tiga ratusan, kata Jokowi menambahkan.


Cara berkomunikasi Jokowi sangat sederhana, elegan, tidak ada batas dengan rakyat dari strata yang paling rendah ini. Komunikasi Jokowi dengan rakyatnya sangat persuasif dan efektif.


Lalu salah seorang perwakilan pemukim waduk Ria Rio ini mengusulkan kepada Jokowi agar pemindahannya dilakukan serentak untuk seluruh 300 keluarga setelah rumah susun selesai diperbaiki. Jokowi mengiyakan usul ini.


Begitu Jokowi selesai mengatakan, “Ya nanti pemindahannya dilakukan serentak”, serta merta laki laki yang mengusulkan tadi menyalami dan mencium tangan Jokowi, pertanda bahwa dia sangat puas dan senang karena usulnya didengarkan dan disetujui Jokowi. Tindakannya menyalami dan mencium tangan Jokowi diikuti oleh teman temannya yang lain, dan segera dibatasi oleh pengawal Jokowi.


Saya sangat terenyuh melihat adegan ini. Dan hati saya bergumam, inilah pemimpin yang kami dambakan di Indonesia. Tidak ada lagi yang kurang dalam diri Jokowi, terutama kedekatan hatinya dan kemampuan berkomunikasinya dengan rakyat, khususnya rakyat kecil yang selama ini sangat diabaikan di Negara ini. Bersyukurlah Bangsa ini mempunyai pemimpin seperti Jokowi.


Saya tidak habis berfikir dan dalam perenungan saya teringat Raja Majapahit yang sangat terkenal arif dan bijaksana Raden Wijaya. Jangan jangan Jokowi memang keturunan Raden Wijaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023