Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 7 – 13 Juli 2024

Gambar
1 Raja raja 17 : 8 - 24  Thema :  Tetap Ukur Guna Nampati    1 Raja-Raja 17:8-24 (KARO)   Kenca bage nina TUHAN kempak Elia, "To ku kota Sarpat, deherken Sidon, tadinglah i jah. Nggo Kuperentahken sekalak diberu balu-balu si ringan i jah mere kam man." Emaka berkat Elia ku Sarpat. Kenca ia seh i gerbang kota idahna sekalak diberu balu-balu sangana muat ranting. Iperkuanken Elia nina, "Enta sitik lau maka aku minem." Muatna lawes ngelegisa ilebuhken Elia ia, "Baba pe sitik roti man bangku." Ngaloi diberu e, "I bas gelar TUHAN Dibatandu si nggeluh tuhu kukataken man bandu maka la lit roti i bas aku, seakatan sengkerauk tepung tare mangkuk ras sitik minak tare botol. Enda kupepulung sitik ranting man babanku mulih ku rumah gelah banci kutasakken pangan si sitik e man bangku ras man anakku. Eme pengkeri-kerinna kami man, janah kenca e mate la man me kami." "Ula kam mbiar, " nina Elia. "Banci isikapkenndu panganndu, tapi ope denga si e

RESENSI BUKU ANALGIN GINTING

  Oleh  Arjun Munthe

Judul buku : “ANALGIN GINTING. VISI DAN KARAKTER KEPEMIMPINANNYA”

Penulis: DRS. JUNIAMAN SEMBIRING KEMBAREN, M.DIV

Penerbit: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA

Tahun Terbit: 2024

Jumlah Halaman: +230 halaman

Buku  ditulis oleh Drs. Juniaman Sembiring, M.Div. Buku ini akan mengajak pembaca mengenal sosok Analgin Ginting. Penulis mengumpulkan sudut pandang dari 100 sahabat Analgin Ginting sebagaimana 100 sahabatnya mengenali sosok Analgin Ginting.

Analgin Ginting. Visi dan karakter kepemimpinannya terdiri atas 100 sudut pandang. Kumpulan sudut pandang ini menjelaska n tentang bagaimana visi dan karakter kepemimpinan seorang tokoh Karo, Analgin Ginting. Buku “Analgin Ginting. Visi dan karakter kepemimpinannya” merupakan buku non fiksi yang ditulis oleh Drs. Juniaman Sembiring Kembaren, M.Div.

Buku ini ditulis berdasarkan hasil pengamatan, wawancara langsung, serta diskusi dengan beberapa sahabat Analgin Ginting. Buku ini berisi tentang Visi dan Karakter Kepemimpinan Analgin Ginting Menurut 100 Orang Sahabatnya. Terdiri dari 9 bab dan diisi 100 sudut pandang yang mana setiap tokoh selalu disertai dengan kesimpulan yang merupakan ringkasan dari setiap judul.



Sinopsis

Bab pertama buku ini menjelaskan pandangan spiritual Analgin Ginting, bahwa beliau kaum intelek, banyak penyalaman dan menuangkannya di dalam penyampaian firman secara sederhana, bahkan sebagian sahabatnya mengakui beliau adalah otak profesor. Selain itu, beberapa sahabatnya mengakui keasyikannya, keramahannya, humble, rendah hati, dan proaktif dalam melayani.

Bab Kedua membahas karakter dasar dan asal usul kelahiran karakter Analgin Ginting. Bagaimana seorang Analgin Ginting ini hangat, terbuka, dan ekspresif. Beliau juga humoris dan banyak ide. Banyak konsep yang beliau bagikan dan coba tularkan. Sejauh ini beliau bisa menerima perbedaan pandangan. 

Bersama Bpk. Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun. 

Bab ketiga yaitu harapan dan optimisme tentang kehidupan. Bagaimana pribadinya yang optimis di dalam menghadapi apapun. Karena memiliki optimism, maka beliau punya pengharapan yang sangat tinggi. Analgin juga pandai mencari kata-kata yang menyemangati orang.

Bab keempat yaitu mengenai kemampuan bergaul dan membangun jaringan. Bagaimana Analgin Ginting memberdayakan kemampuannya dalam bergaul dan membangun jaringan. Salah satu profesor, guru besar di Universitas Lampung mengakui “Hal yang paling menonjol dari Analgin Ginting adalah kepribadiannya khas”. Beliau banyak bergaul dengan masyarakat dari berbagai lapisan sehingga memiliki potensi untuk memperbaiki daerah.

Bab kelima yaitu Kapabilitas berorganisasi. Dalam bab ini menjelasnya bahwa Analgin Ginting dalam organisasi dapat diterima banyak orang, karena selalu dekat dengan siapa saja.  Menurut catatan saya dari sumber yang lain, Analgin Ginting sudah menjadi pengurus OSIS di SMP Negeri 1 Kabanjahe, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kabanjahe yang terkenal dengan nama Arumba, dan Ketua Bidang Seminar Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah di IPB Bogor.    Sampai saat ini pun tercatat sebagai Ketua Wilayah Bekasi Raya, Ginting Munte dan Anak Berunya. 

Bersama Bpk.  Barata Berahmana (Tokoh Pengusaha dan Pemerhati Peradaban Karo)

Memasuki bab keenam yaitu Integritas dan kejujuran. Dalam bab ini dijelaskan mengenai sosok Analgin Ginting merupakan cendikiawan Karo yang memiliki visi berbuat untuk kebaikan orang lain dan menjadi saluran berkat dari sang kuasaterhadap sekitarnya. Apa yang beliau sampaikan sebenarnya sudah beliau kerjakan dan beliau menepati apa yang disampaikan. Layak diteladani.

Selanjutnya bab ketujuh kemampuan memotivasi orang lain. Bagaimana seorang Analgin Ginting menyampaikan pesan pesan dan kiat kiat untuk bisa menjadi orang yang lebih baik dan sukses. pesan pesan dan masuk yang beliau sampaikan masuk dan tepat pada sasaran. Beliau merupakan Motivator ternama orang karo. Mahluk pendidik leadership, mengajarkan cara berpikir yang baru dan lebih konkret.

Bab kedelapan membahas kapabilitas dan komitmen membangun Karo. Dalam bab ini menjelaskan bahwa Analgin Ginting merupakan sosok pemimpin untuk kesejahteraan rakyat. Beliau memiliki hal baru dan inovatif, serta mampu membuat hal positif. Beliau mampu mengayomi dan berkemauan yang kuat untuk mencapai hasil yang baik. Analgin Ginting sangat punya komitmen terutama untuk kepentingan masyarakat Karo kedepan. Kuncinya, beliau sangat komunikatif.

Bab kesembilan adalah kecintaan kepada adat budaya Karo. Analgin Ginting sangat peduli dengan adat Karo. Hatinya sangat terbuka dan mau memperluas wawasan secara terus menerus. Perilaku beliau juga sangat menggambarkan masyarakat Karo. Beliau merupakan salah satu tokoh masa depan Karo di dalam peradatan dan peradaban Karo. 

Keunggulan Buku “Analgin Ginting. Visi dan karakter kepemimpinannya”

Tulisan tulisan dari seluruh bab dalam buku ini menggunakan bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti oleh seluruh kalangan pembaca. Isi dari dalam buku ini juga sangat memperkenalkan sosok tokohnya yaitu Analgin Ginting, sehingga untuk mengenal sosok Analgin Ginting salah satunya adalah dengan cara memiliki atau membaca buku ini.

Bersama Para Pendiri Karo Foundation

Di dalam buku ini juga terdapat gambar tokoh – tokoh yang memberikan pandangan, sehingga saat pembaca bisa mengenali dari nama nama yang tertera ditambah lagi, penghilang rasa jenuh saat membaca.  Isi dari buku ini disambut baik oleh individu individu ternama di tingkat lokal hingga nasional. Penerimaan yang luar biasa. 

Kekurangan Buku “Analgin Ginting. Visi dan karakter kepemimpinannya”

Beberapa kata di dalam buku ini memiliki kesalahan tanda baca dan kesalahan dalam pengetikan sehingga mengganggu konsentrasi pembaca untuk membaca. Kita ketahui bahwa setiap huruf memiliki nilai, sehingga kesalahan satu huruf dapat merubah maknanya.

Selain itu di bagian sampul belakang terdapat kalimat yang sama persis dengan nama pemilik sudut pandang yang berbeda.

Kesimpulan Resensi buku “Analgin Ginting. Visi dan karakter kepemimpinannya”

Di halaman awal kita bisa lihat bahwa buku ini disambut baik dan diapresiasi oleh beberapa tokoh nasional, seperti Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun, Dr. Yuni Priskila Ginting, S.H.,M.H., (doktor orang karo yang merupakan lulusan termuda)  Pt. Ir. Budianto Surbakti, M.M., (mantan calon wakil bupati Karo dan profesional yang dikenal luas),  Prof. Dr. Ir. Alamta Singarimbu (Guru Besar ITB), dan Pt. Ir. Benyamin Sembiring (Praktisi pertambangan Indonesia dan pertua GBKP). Selain itu tertera juga sambutan baik oleh Cory Sebayang, Barata Sembiring Brahmana,  Abetnego Tarigan, Pdt Krismas Barus dan masih banyak lagi. 

Berdasarkan tulisan tulisan yang ada di dalam buku Analgin Ginting. Visi dan karakter kepemimpinannya ini, tentunya dapat dinilai bahwa sosok Analgin Ginting dalam buku ini dijelaskan bahwa beliau merupakan sosok Motivator Hebat, dengan julukan Motivator Level V.

Tak hanya itu saja, kepintaran bukanlah hal yang membuat Analgin Ginting menjadi sombong. Hal itu dapat terlihat dari sejumlah pandangan – pandangan tokoh di buku ini, ia adalah anak yang pintar. Berdasarkan beberapa sudut p andang dalam buku ini, dapat dilihat bahwa Analgin Ginting adalah sosok pemimpin yang memiliki potensi untuk membangun kesejahteraan orang banyak. 

Buku ini direkomendasikan untuk seluruh kalangan terutama generasi muda, sebab dalam buku ini pembaca dikenalkan dengan filosofi-filosofi yang disuguhi oleh Master Trainer. Selain itu, benih – benih potensi pembaca juga tidak menutup kemungkinan untuk bangkit. Sisi lain, kemampuan yang dimiliki sosok Analgin Ginting ini merupakan kemampuan yang tidak banyak orang mampu, yaitu membangkitkan potensi – potensi yang ada dalam diri setiap individu. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023