Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

CATATAN TAMBAHAN KHOTBAH 22 AGUSTUS 2021

 Minggu Kenca Trinitatis / Minggu Mamre

 Warna Stola Mbentar

Invocatio

Kuan-Kuanen 20 : 7

Ogen

1 Korinti 4 : 14 – 16  ( Tunggal )

Khotbah

1 Raja-Raja 2 : 1 – 4  ( Tunggal )

Thema

Pedah Sekalak Bapa

 

Khotbah  1 Raja-Raja 2 : 1 - 4

 

 

2:1         Ketika saat kematian Daud mendekat, ia berpesan kepada Salomo, anaknya:

 

2:2         "Aku ini akan menempuh jalan segala yang fana, maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki.

 

2:3         Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju,

 

2:4         dan supaya TUHAN menepati janji yang diucapkan-Nya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.

Fakta

 

1.     Daud berbicara secara langsung kepada Salomo anaknya saat menjelang kematiannya.  Dan dia memberikan pesan, supaya Salomo anaknya menguatkan hatinya dan berlaku seperti laki laki.

2.     Daud kemudian menjelaskan apa yang dimaksud berlaku sebagai laki laki.

a.     Melakukan kewajiban dengan setia kepada Tuhan

b.     Hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan

c.     Dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintag, peraturan dan ketentuanNYA seperti yang tertulis dalam kitab MUSA

d.     Dampaknya, beruntung dalam segala yang dilakukan (Salomo) dan segala yang dituju nya

3.     Daud juga mengatakan kepada Salomo  bahwa Tuhan akan menepati janji yang diucapkanNYA tentang Daud yakni “jika anak anakmu laki laki tetap hidup dihadapan TUhan dengan setia, dengan segenap hati dan segenap jiwa, maka keturunan Daud tidak akan terputus dari tahta Kerajaan Israel.

Sumber Photo : https://www.pinterest.ca/

Makna

1.    Salah satu yang paling penting didengar seorang anak dari ayahnya, atau salah satu yang paling paling penting disampaikan oleh seorang ayah kepada anak anaknya adalah kesetiaan hidup di dalam Tuhan.  Menurut Daud bahwa seorang laki laki perlu sekali membuktikan dirinya dengan cara setia kepada Tuhan, dan hidup menurut aturan aturan yang disampaikan Tuhan kepada dirinya.

2.    Laki laki Israel menurut Daud mempunyai kualifikasi Setia kepada Tuhan hidup dengan cara menuruti segala ketetapanNYA.  Bahkan menurut Daud, segala cita cita dan pekerjaan akan berbuah hasil secara optimal jika hidup menurutu jalan TUHAN.  Penekanan disini laki laki, dan selanjutnya Israel (Bangsa Yahudi) lebih mengutamakan laki laki dalam hitungan hitungan kerohanian.  Jadi pesan Daud kepada Salomo untuk bertindak sebagai laki laki, mempunyai dampak yang sangat besar kepada Bangsa Israel bahkan sampai sekarang.

3.    Keturunan Daud tidak akan terputus dari Kerajaan Israel, jika Salomo juga setia kepada kepada Tuhan. Perkataan Daud  ini terwujud dalam diri Tuhan Yesus, bahwa Tuhan Yesus sebagai keturunan Daud akhirnya membuat kekal keturunan Daud dalam Tahta Kerajaan Israel

4.    Semakin jelas dan semakin penting untuk kita ketahui, bahwa ada dua rahasia kehidupan yang sangat penting dalam hubungan ayah dan anak laki lakinya..

a.     Saat pengajaran bapa kepada anak laki laki/perempuannya adalah momen yang sangat sacral, sangat penting, sangat prioritas untuk diingat semua ayah.

b.    Rahasia semua rejeki dan kemakmuran hidup ternyata adalah Setia kepada Tuhan.  Salomo sampai sekarang mungkin adalag orang paling kaya yang pernah ada dalam sejarah manusia, dan semua kekayaannya dia perolehn karena dia setia kepada TUHAN.  Perlu mengajarkan kerja keras, kerja cerdas, selalu berubah, selalu belajar dll, namun yang paling penting adalah setia kepada Tuhan.  Seorang laki laki akan setia kepada Tuhan, kalau ayahnya mengajarkannya untuk setia kepada Tuhan.

 

Pengkenaina/Target   rioritas

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.       Ingatlah senina ras turang, khususna man kerina Mamre ibas ulang tahun Mamre enda bahwa salah sada momentum terpenting ibas nggeluh emekap apa yang kita lakukan menjelang kematian kita.  Ternyata menjelang kematian kita, yang paling penting itu adalah memberikan nasihat untuk  mengingatkan anak kita supaya dia setia kepada Tuhan seumur hidupnya.  Bukan lah meninggalkan warisan harta, uang, deposito yang paling penting tapi memberikan “pedah” supaya anak anak kita laki laki dan perempuan hidup setia kepada Tuhan.

2.       Berusahalan akrab dengan semua anak anak ndu, dan berusahalah untuk menjalin komunikasi yag terbuka, supaya kelak, saat saat kematian kita masih ada kesempatan untuk memberikan nasihat kepada anak anak kita.  Salomo akrab dengan Daud ayahnya, itulah sebabnya, menjelang kematiannya Daud mengingat Salomo dan memberikan nasihat pedahnya kepada Salomo.

3.       Semua Mamre harus hidup setia kepada Tuhan, dan hidup dengan benar.  Supaya anak anaknya percaya, kagum, hormat dan taat kepadanya saat dia memberikan nasihat.  Sebab jika nasihat yang disampaikan seorang ayah bertentangan dengan apa yang dilakukannya dalam hidupnya, maka anak anaknya tidak akan mendengarkan nasihat ayahnya.  

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023