Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ GBKP 18 -24 Juli 2021.

 JADI PASU-PASU

 Kejadin 12:1-3

 (GBKP Maba Pasu-Pasu )

Teks  : Kejadiin 12 : 1-3

12:1          Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;

12:2          Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

12:3          Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

Fakta

1.                  Sejarah dunia modern itu dimulai dari sejarah Bangsa Israel, sejarah Bangsa Israel dimulai pada Kejadian Pasal 12.  Dan sejarah Bangsa Israel sendiri berawal dari pemanggilan Tuhan kepada Abram untuk keluar dari tanahnya (rumah ayahnya) menuju tanah yang dijanjikan Tuhan.

2.                 Tujuan   Tuhan memanggil Abram adalah untuk menjadikannya menjadi bangsa yang besar. Khusus kepada Abram yang kelak berganti nama menjadi Abraham Tuhan juga berjanji untuk membuat namanya Masyur dan menjadi bekat (pasu pasu) bagi banyak orang.

3.                 Tuhan memberikan janjiNYA yang sangat luar biasa kepada Abraham ketika DIA berkata “Aku memberkati orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang orang yang mengutukmu” ( Kupasu-pasu kalak si masu-masu kam, tapi Kusumpahi kalak si numpahi kam) Tuhan lalu menjelaskan alasanNYA sekaligus dampak dari janji Tuhan kepada Abraham yaitu oleh Abraham semua kaum di muka bumi mendapatkan bekat.

Sumber Photo : http://www.jesuswalk.com/

Makna.

1.         Tuhan Allah bukan hanya sebagai pencipta seluruh alam semesta beserta isinya, Namun DIA juga yang meletakkan sejarah manusia khususnya dalam konteks hubungan manusia dengan TUHAN.  Maksudnya sejarah Bangsa Israel mengandung informasi bagaimana Manusia mengenal TUhan secara lebih jelas dan lebih pasti (menurut saya semua konsep dan penjelasan Tuhan diluar sejarah Israel tidak bisa menjelaskan Tuhan sebagai TUHAN yang jelas dan BISA dikenal).   Sedangkan pemanggilan Abraham membuat TUHAN itu semakin dikenal.  Sebab jika ada yang pertanyaan, TUHAN yang mana makanya jawabnya TUhan yang memanggil Abraham.  Bagi Bangsa Israel sampai saat ini diakui dan dibesarkan/diagungkan mereka bahwa nenek moyang mereka adalah Abraham, Ishak dan Jakub.  Ishak adalah anak Abraham dan Jakub adalah anak Ishak.   Tidak seorang pun Orang Israel mengatakan bahwa Nuh adalah nenek moyangnya, atau Adam nenek moyangnya. Bermula dari Abraham lah TUHAN dikenal sebagai TUHAN yang penuh kasih sesuai dengan janjiNYA saat memanggil Abraham.

2.          Pemangilan TUHAN kepada Abraham juga memberikan penjelasan mengapa TUHAN tetap campur tangan dalam kehidupan dan sejarah manusia.  Sebab TUHAN menjelaskan kepada ABRAHAM supaya ABRAHAM merasakan kebahagiaan dalam hidupnya, melalui perlindungan, berkat, nama tenar selama lamanya serta seluruh tujuan hidup seorang manusia diperjelas. Seorang manusia, sebuah bangsa dan semua manusia dan kaum mendapatkan berkat dan perlindungan dari TUHAN sebagaimana sudah ditujukkannya kepada Abraham dan Bangsa Israel.   TUHAN tidak pernah memberkati manusia hanya untuk manusia itu, tapi TUHAN memberkati manusia, supaya manusia yang lain pun mendapatkan berkat dari TUHAN.  Sehingga tidak ada manusia, tidak kaum dan tidak ada bangsa yang tidak mendapat berkat dari ALLAH yang memanggil Abraham.  Jadi jelas dan sangat jelas siapa ALLAH yang memberkati manusia itu dari dulu, sekarang dan selamanya lamanya,  yaitu ALLAH yang memanggil ABRAHAM.  Allah Abaham adalah ALLHKU.  Aku pasti mendapatkan berkat dari TUHAN ALLAH sebagaimana DIA sudah memberikan nya kepada ABRAHAM.

3.          Manusia yang besekutu dalam nama TUHAN ALLAH, dan ALLAH sendiripun demi memberikan dan menyempurnakan berkatNya melakukan Imanensi di dalam YESUS KRISTUS, maka manusia yang bersekutu itulah membentuk gereja.  Orang Orang Karo yang dipilih dan dipanggil TUHAN  melalui sejarah penginjilan adalah perpanjangan berkat ABRAHAM, dan memberntuk gereja GBKP. Jadi GBKP akan diberkati TUHAN supaya GBKP pun menjadi berkat bagi selruh orang Karo dan seluruh manusia.  GBKP bukan hanya berkat kepada OangKARO, melankan GBKP adalah wadah orang Karo untuk menjadi Berkat kepada siapa saja.  GBKP sama seperti ABRAHAM, TUHAN ALLAH akan memberkati siaapun yang memberkati GBKP dan mengutuk siapapun yang mengutuk GBKP.  Cocok Kam Rasa ????

  Pengkenaina seluruh

·              Aku ras kam, ras kita kerina enggo dat pasu pasu TUHAN.  Emaka kita pe harus menjadi pasu pasu man kalak sideban.  Ras ras kita mpehuliken GBKP nta gelah jadi Pasu Pasu man doni enda.

·              Pasu pasu TUHAN e tetap lit ras kekal selamanya.  Seluruh kejadian dalam kehidupan ini tidak bisa menghilangkan dan memutuskan KASIH TUHAN kepada manusia.  Perang dunia 1 dan perang dunia 2 ada upaya untuk menghapuskan (ngkernepken) Bangsa Jahudi tapi Bangsa Jahudi justru makin besar. Jadi situasi apapun termasuk situasi Covid ini . tidak bisa menghentikan pasu pasu TUHAN.  TETAP SAMPAI SELAMANYA pasu pasu Tuhan akan memberkati seluruh kehidupan kita. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023