Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

Catatan Tambahan PJJ 5 – 11 Juli 2020. Anak Biologis menjadi Spiritual



Titus 1 : 1-4
Thema : Mpegegehi Kiniteken Alu Pengajaren  

Titus 1 : 1 – 4

1:1       Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita,

1:2       dan berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Allah yang tidak berdusta,

1:3       dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita.

1:4       Kepada Titus, anakku yang sah menurut iman kita bersama: kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Juruselamat kita, menyertai engkau.



FAKTA

1.    Surat penggembalaan Paulus kepada Titus diawali dengan sapaan yang sangat teologis.  Diawal surat ini Paulus menjelaskan siapa dirinya dan siapa Allah.

2.    Paulus memposisikan dirinya sebagai Hamba Allah dan Rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang orang pilihan Allah.

3.    Allah sudah berjanji untuk memberikan keselamatan kepada manusia pilihanNYA dan Allah tidak pernah berdusta dan melanggar janjiNYA demi DiriNYA

4.    Dengan Hubungan seperti itu Paulus menyapa Titus  dan memanggil Titus sebagai anaknya secara iman, lalu  memberkati Titus dengan Kasih Karunia dan damai sejahtera dari Allah bapa dan Yesus Kristus yang selalu menyertai Titus

ARTI

1.      Paulus menyapa Titus dengan power atau Kuasa sebagai Rasul  Yesus Kristus.

2.      Paulus mengajarkan Titus  tentang siapa Allah Bapa dan Yesus Kristus serta bagaimana Allah memberikan, memegang dan menepati janjiNya, dengan contoh pengalaman Paulus sendiri.

3.      Paulus mengajar Titus dengan penuh kasih saying, dengan kedekatan hati/emosional yang sangat dekat.  Orang berubah karena dikasihi, karena disayangi bukan karena dipaksa.  Itulah sebabnya Paulus menyapa Titus dengan sangat mesra, sangat dekat dan menyebut Titus sebagai anaknya secara iman. ANAk SECARA IMAN  adalah anak bukan karena hubungan darah, tapi anak dalam kematangan spiritual.  Hubungan secara spiritual, adalah hubungan Yesus dengan Murid muridNYA. Hubungan Elia dengan Elisa.



PENGKENAINA

1.      Ketika kita mengajarkan anak anak kita untuk penguatan imannya, kita butuh power atau kuasa dari Tuhan.  Kuasa dari Tuhan selalu diberikanNYA kepada kita, Ketika kita minta kepadaNYA.   Dan power kita juga muncul dari keteladanan yang kita tunjukkan dalam kebiasaan/karakter dan iman kita.  Ketika kita rajin  ke gereja, maka kita punya power mengajarkan anak kita untuk rajin ke gereja.

2.      Kita perlu sekali mempunyai pengalaman spiritual dengan Tuhan Allah sebagai dasar kita mengajarkan orang lain, dan juga mengajarkan anak anak kita.

3.      Mari kita jadikan semua anak anak kita, anak anak biologis kita sebagai anak anak iman kita.  Juga selanjutnya kita mengangkat orangt lain menjadi anak anak iman kita dan mengajarkan mereka untuk mempunyai iman yang kokoh kepada Tuhan kita Yesus Kristus.

Bujur melala ras mejuah juah kita kerina.
      Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023