Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

Catatan Tambahan PA Permata 26 Juli – 1 Agustus 2020. Gaya Hidup Ugahari



Thema : Sederhana itu Bahagia 

“Keugaharian à Lifestyle sederhana”

Amsal 30 : 7-9

30:7     Dua hal aku mohon kepada-Mu, jangan itu Kautolak sebelum aku mati, yakni:

30:8     Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.

30:9     Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku

FAKTA

1.             Nas bacaan kita menggambarkan keinginan terbesar  manusia pada saat menjelang akhir kehidupan nya di dunia, yang digambarkan oleh penulis kitab Amsal.

2.             Ada dua hal yang dimohonkan kepada Tuhan yaitu (1)Agar dijauhkan daripada kecurangan dan kebohongan  (2) jangan diberikan kemiskinan dan kekayaan.

3.            Tidak mengharapkan kekayaan supaya tidak menyangkal Tuhan, dan tidak mengharapkan kemiskinan supapa tidak mencuri dan mencemarkan nama Tuhan.

4.            Ada fakta dalam Nas ini bahwa manusia membutuhkan standar hidup yang sederhana dan cukup.

ARTI

1.     Keinginan dan kebutuhan hidup manusia secara spiritual ternyata berpusat pada nilai atau prinsip prinsip hidup terpenting, bukan berupa makanan, minuman dan segala kenikmatan yang dikandungnya (keinginan fisik) dan bukan prestasi, bukan inovasi, bukan penghargaan (keinginan psikis).  Namun keinginan untuk baik di mata Tuhan; jauh dari kecurangan dan kebohongan serta jauh dari kemiskinand dan kekayaan .  (bisa dibaca juga nanti Kisah hidup dan life style dari Warren Buffet, Steve Job, Mark Zuuckerberg, juga Pendeta penulis buku Purpose Driven Life Rick Warren yang menjadi satu dari 10 pendeta terkaya di dunia, berkat royalti penjualan bukunya)  

Warren Buffet dan rumah tuanya yang dia beli tahun 1958

2.     Hidup manusia akan selalu diwarnai dan dipenuhi oleh keinginan keinginan dan kebutuhan kebutuhan.  Dan kehidupan dunia dijaman sekarang ini menawarkan life style yang sangat beragam dan berkembang pesat. Bahkan pertumbuhan ekonomi dunia juga dipicu oleh barang barang konsumtif, sehingga iklan dan promosi promosi pun diarahkan untuk menerbitkan dan memenuhi keinginan keinginan. Namun kebahagian ternyata tidak terletak dalam barang barang yang dikonsumsi serta pilihan gaya hidup life style yang serba mewah, jetset, unik, mahal dll.  

3.     Gaya hidup yang paling memberikan kebahagian hidup bukan terletak dalam kekayaan dan kemiskinan, namun dalam pilihan hidup yang dikendalikan oleh nilai nilai spiritual, yang sering dipahami sebagai keugaharian, kesederhaan.  Contoh Warren Buffet adalah orang terkaya nomor 4 atau 5 di dunia, dengan total kekayaan lebih dari Rp 1000 Triliun. Namun dia tetap tinggal di rumahnya yang dia tempati sejak tahun 1958, serta mengendarai mobil tua.  Steve Job dan Mark juga selalu hanya memakai pakaian yang sama dari waktu ke waktu.

Pendeta Rick Warren yang sangat mampu membeli mobil semahal apapun 
tapi memilih jenis truk sebagai kenderaan sehari harinya. 

PENGKENAINA

1.     Keterhubungan dengan Tuhan akan memberikan kepada permata pengendalian gaya hidup yang paling utama. Tidak ikut ikutan, tidak juga terlalu ekstrim menolak adalah pilihan gaya hidup yang paling pas. Inilah yang disebut sebagai kesederhanaan atau keugaharian.

2.     Gaya hidup atau life style bukan yang paling penting dalam memilih cara hidup, namun namun prinsip prinsip atau nilai nilai hidup yang berpusat dari keinginan untuk memuliakan Tuhan.

3.    Tidak miskin maka bekerjalah, tidak kaya maka bersembah lah kepada Tuhan.  Jadi bekerja secara berkualitas dan bekomitmen memberikan persembahan / sedekah/ donasi adalah kombinasi untuk menciptakan gaya hidup yang ugahari dan memuliakan Tuhan.

Bujur melala ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023