Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Khotbah 11 Oktober 2020. Ketulusan Memberi Berawal Dari Mengenal ALLAH. .




Thema Minggu
Minggu Kenca Trinitatis / Minggu Penjemaaten YKPD ALPHA OMEGA, PAK GELORA KASIH, PPOS

Invocatio
TUHAN si nangtangi kalak si i bas penjara nari,
si pemedakken mata si pentang. Ipetedisna kalak si enggo guling, keleng ateNa man kalak bujur (Masmur 146 : 7b – 8)

Ogen
Job 31: 16 – 20

Khotbah
1 Petrus 1 : 22 – 23

Thema
‟ Ngkelengi Alu Bulat Ukur Ë®

Warna Stola
Ungu

Thema : Ngkelengi Alu Bulat Ukur  

        1 Petrus 1 : 22 – 23

1:22     Karena kalian taat kepada ajaran dari Allah, maka kalian membersihkan diri dan kalian mengasihi orang-orang seiman secara ikhlas. Sebab itu, hendaklah kalian mengasihi satu sama lain dengan sepenuh hati. *dengan sepenuh hati: beberapa naskah kuno: dengan hati yang murni.*

1:23     Sebab melalui sabda Allah yang hidup dan yang abadi itu, kalian sudah dijadikan manusia baru yang bukannya lahir dari manusia, melainkan dari Bapa yang abadi

 LEAD

Syaloom Selamat pagi selamat hari minggu pernah kam melihat/memergoki seseorang tiba tiba berubah prilaku nya ? 

Misalnya biasanya tidak pernah bernyanyi, tiba tiba senang bernyanyi, rende tena lalap. Tidak pernah menegur saat kita berpapasan, tiba tiba dia menegur kita duluan, dan terlihat ramah sekali.

Tidak pernah memegang bunga mawar, tiba tiba memberikan sekuntum bunga mawar kepada seseorang.  Suit suit…

Tidak pernah mau diajak ke PA/PJJ tiba tiba kurang pedas akapna PJJ. Langa pe seh  mingguna, ndigan kita PJJ nina ?  hahahahha

Nah pertanyaan penting nya : Apa yang membuat seseorang tiba tiba berubah prilakunya ?
Inilah satu pelajaran penting kita pada minggu ini.




 FAKTA

1.      Ketaatan kepada Allah akan melahirkan dorongan untuk membersihkan diri dan selanjutnya mengasihi orang orang seiman secara ikhlas.

2.      Langkah berikutnya, akan terbuka hati untuk saling mengasihi sepenuh hati (hati yang murni)

3.      Rasul Petrus berkata bahwa melalui sabda Allah yang hidup dan abadi mereka sudah lahir baru, dan bukannya lahir dari dunia melainkan dari BAPA yang Abadi

ARTI

1.     Keinginan untuk membersihkan diri yang nantinya menimbulkan rasa kasih kepada orang orang seiman , pada awalnya muncul dalam hati seseorang saat dia mempunyai ketaatan kepada ALLAH. Ketaatan Kepada ALLAH dalam hal ini adalah ketaatan sesungguhnya, ketaatan yang muncul karena menyadari dan mengakui kekluasaan Allah dalam hidupnya.  Artinya dia mengetahui sepenuhnya bahwa Allah itu tidak bisa dibohongi, tidak bisa bersembunyi dari hadapan nya.  Sehingga Ketika mengasihi saudara seiman pun bukan lagi pura pura. Dia mengasihi apa adanya, tanpa berusaha sedikitpun hanya menyenangkan hati atau melakukan pencitraan. … ini berbeda sekali prinsip dan gaya hidup Orang Karo… sebab Orang Karo, kenyataannya banyak lebih suka dia menunjukkan kemiskinannya, padahal sebenarnya banyak simapanannya (melala buni bunina).  Uga ningku mbere bana, adi bas aku pe labo lit kai pe teman nina. Hahahha.

2.      Hidup dengan prinsip dan prilaku saling mengasihi HANYA bisa dilakukan jika ada ketaatan kepada ALLAH.  Hanya ketaatan kepada ALLAH lah yang menjadi alasan sesungguhnya mengapa seseorang mau mengasihi/mau memberi secara tulus dan ikhlas.  Pada prakteknya banyak orang seolah memberikan pemberiannya, namun sejuta alasan dibalik itu.  Jika bukan karena ketaatan kepada ALLAH, maka kemungkinan besar motif nya untuk mendapatkan keuntungan psikologis, keuntungan relasi, keutungan pencitraan, keuntungan marketing dll.

3.      Apa artinya Ketaatan kepada ALLH? Adalah menyadari dan percaya bahwa kita sudah dilahir barukan oleh Allah.  Lahir Baru adalah Ketika kita menerima dibaptis dan dibentuk oleh ALLAH, seluruh kesadaran dan pemahaman kita, bahwa ALLAH yang membuat kita lahir baru adalah ALLAH yang berasal dari SURGA, yang berasal dari keabadian.   Biasanya lahir baru dipercaya orang sebagai makna dari baptisan atau kelulusan katekisasi. Tentu saja dalam ini ada pemahaman dan ada kejelasan bahwa, baptisan proses memercikkan air kekepala sebanyak 3 kali, supaya seseorang itu jelas dia bergeraja dimana.  Tapi ada keyakinan dan kepercayaan bahwa baptisan adalah tanda yang dilakukan oleh gereja untuk menyatakan seseorang itu  disentuh tangan Tuhan dan diterima oleh TUHAN ALLAH dengan penuh kasih, sambil Dia berkata “ Anakku kamu milikku, dan aku Tuhanmu”  Ada warisan yang sangat indah sudah Kusediakan kepadamu Anakku. Selamanya. Dan sampai kapan pun.  Di Gereja kita GBKP baptisan itu prosesnya dua kali namun satu makna.  Ada baptisan anak kecil, dan Sidi. Namun ada juga yang prosesnya hanya sekali.

4.    Ketaatan kepada ALLAH muncul karena  pemahaman yang jelas kepada Allah mulai dari peristiwa baptisan,   yang selanjutnya melahirkan perubahan tingkah laku.  Bisa saja tiba tiba.  sebagaimana saya sudah sebutkan di pembukaan tadi, seseorang yang takut brnyanyi, seseorang yang tidak pernah menegur duluan, seseorang yang jarang ke PJJ tiba tiba berubah, karena penyebabnya adalah  dia sudah mengenal ALLAH.  Seseorang yangselama ini ketat sekali mengatur uangnya, jarang memberi, jarang menyumbang tiba tiba mau menyumbang, pastilah karena dia sudah semakin mengenal ALLAH.




PENGKENAINA

1.      Kita diminta untuk memberi dengan hati yang bulat, tidak tanggung, tidak pura pura, tidak untuk pencitraan  tapi sebagai respon kita kepada TUHAN ALLAH yang sudah menjadikan kita ahli warisnya.  Sehingga apapun ada disediakan TUHAN untuk keperluan kita. Adanya keyakinan, bahwa kita tidak mungkin miskin dan sengsara karena mengasihi orang lain. Sebab sebagai orang yang berasal dari SURGA, berasal dari keabadian, maka kita akan tetap abadi. Kita tetap eksis, kita tetap hidup dengan sukacita karena ALLAH memelihara kita.

2.      Anak anak kita di YAYASAN ALPHA OMEGA mempunya hidup dalam kekhususan, keterbatasan sehingga perlu sekali untuk kita bantu, untuk kita tolong. Marilah kita bangun pengenalan kita kepada ALLAH, lalu mulai lah menyusun dan mengumpulkan pemberian kasihndu.  Secara gereja kita semua diminta untuk mengumpulkan pemberian kita pada minggu pertama oktober nanti.  Ada 3 bulan lagi ya.  Jika tiap keluarga mengumpulkanRp 20.000 per minggu. Maka 3 bulan x 4 mingg/bulan x Rp 20.000 akan terkumpulkan Rp 240.000,.   Kita ada 140 KK.  Maka 140 x Rp 240.000 akan bisa kita kumpulkan lebih kurang Rp Rp 33.600.000. 

3.      Memberi dengan sepenuh hati (alu bulat ukur)  adalah pernyataan iman kita kepada TUHAN  bahwa kita mengenal DIA, Dan kita taat kepadaNYA. Inilah  dasar kita memberi dan mengasihi sesama kita dengan penuh ketulusan. Ngkelengi alu bulat ukur

POWER STATEMENT

"Masa depan selebihnya berada di tangan Tuhan, saya merasa jauh lebih mudah untuk menerima hari ini karena kemarin sudah berlalu dan besok belum datang dan saya hanya ada untuk hari ini," kata SusterTeresa .

Bujur melala ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023