Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Yesus Memasuki Yerusalem Tapi Tidak Bermalam. Catatan Khotbah Minggu 5 April 2020


Link Youtube :

Minggu Passion VII/ Minggu Palmarum : Lambe
Warna Stola Ungu   

Invocatio
"Ise ngalo-ngalo kam, ia kap ngalo-ngalo Aku; janah ise ngalo-ngalo Aku, ialo-alona kap Ia si nuruh Aku. Matius 10:40
Ogen
Jesaya 52 : 7-12     
Khotbah
Markus 11 : 1 - 11    
Thema
Ngikutken Jesus            

Khotbah :  Markus 11 : 1-11

11:1           Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya

11:2           dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari.

11:3           Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini."

11:4           Mereka pun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya.

11:5           Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?"

11:6           Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka.
11:7           Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya.

11:8           Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang.

11:9           Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,

11:10         diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!"

11:11         Sesampainya di Yerusalem Ia masuk ke Bait Allah. Di sana Ia meninjau semuanya, tetapi sebab hari sudah hampir malam Ia keluar ke Betania bersama dengan kedua belas murid-Nya.



Pembukaan/Lead

Syaloom ras mejuah juah kita kerina senina senina ras turang ibas kekelengen Tuhan Yesus Kritus.

Ibas minggu Palem enda, minggu Passion VII enda  nungkun ateku sitik,   pernah kam nunggang, nangkih keledai?  Keledai e kitiken ras lemuken asagken kuda. Adi kuda pernah nangkih ndu ? Hahahha.

Aku pernah kubegi sada kisah nyata.   Sekalak Dokter Hewan mis kal 1a bertobat  ras ngikutken Tuhan Yesus rasa lalap, kenca ibacana Perikop enda ndai. Kai sebabna, sebab ipelajarina keledai. Janah kesimpulenna keledai mis nggurpas adi e tangtangna inaiki jelma.  
Bacana tentang keledai e sanga inaiki Yesus, mis kal takjub ras percaya bahwa yang menaiki keledai muda ini adalah seorang yang berkuasa. Tidak manusia biasa biasa.

Mari siterusken uga kisah selanjutna arah perikop ta enda ndai.


Fakta

  1. Yesus memasuki Yerusalem dengan menunggangi keledai, Keledai ini diperoleh karena murid murid mengikuti petunjuk Tuhan Yesus.  Tuhan Yesus member  petunjuk kepada muridnya dengan sangat detail; dimana dan bagaimana nanti keadaan keledai saat ditemui, apa respon orang yang melihat dan bagaimana menjawabnya. Dan persis seperti itu terjadinya
  1. Mereka lalu mengalasi keledai itu dengan pakaian mereka, lalu Yesus naik keatasnya memasuki Yerusalem.  Di depan dan dibelakang Yesus mereka berteriak Hosan, Hosana dan orang banyak membuka  bajunya dan menghamparkannya di jalan, sekalian dengan ranting ranting hijau yang mereka bawa dai Ladang.  Yesus memasuki Yerusalem dengan dielu elukan ornag banyak.
  2. Orang banyak yang menanti dipinggir jalan serta yag ikut dalam barisan Tuhan Yesus menyanyi dan bersorak dengan mengucapkan kata kata : "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, Hosana di tempat yang maha tinggi
  1. Tapi Yesus hanya sebentar di Yerusalem, sebab menjelang malam Yesus dan rombongan pindah ke Betania dan bermalam disitu.


Makna

  1. Yesus Kristus dalam seluruh pelayanannya di dunia, tidak pernah mau menyusahkan orang lain. Dan Yesus juga tidak pernah mau meninggikan diri dihadapan manusia.  Itulah sebabnya Dia menaiki Keledai.  Keledai yang Dia naiki tidak dijelaskan siapa yang punya, namun keledai itu  ditemukan tertambat pada gerbang kota, sesuai dengan petunjuk Tuhan Yesus.
  1.  Pada perikop diceritakan bagaimana marak  semerbaknya mereka mengelu elukan Yesus, saat masuk ke Yerusalem. Namun beberapa waktu kemudian, mereka memilih untuk membebaskan Barabas dan menghukum TUhan Yesus.
 3. Menarik untuk kita simak apa Yel Yel yang mereka katakan.
      Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,diberkatilah Kerajaan yang datang.  Oke kalau kita simak, dberkatilah Dia yang datang atas nama Tuhan.  Tidak ada masalah, diberkatilah Kerajaan yang datang. ? Kerajaan mana maksudnya ? Kerajaan Surga kah atau kerajaan apa?

      Kerajaan bapak kita Daud, Hosana di tempat yang maha tinggi!" ternyata mereka menyambut Yesus sebagai penerus kerajaan Daud.  Persepsi mareka Yesus memasuki Kota Yerusalem untuk bertahta sebagai penerus kerajaan Daud, yang dulu [erah sangat jaya sekali.  Jadi elu elu mereka lebih bersifat politis daripada teologis.

  1. Di Yerusalem Tuhan Yesus memasuki Bait Allah  dan meninjau semuanya, setelah itu Dia bersama 12 murid bermalam di Betania yang berjarak sekitar 3 km dari.  Mengapa Yesus Tidak bermalam di Yerusalem? Karena kalau Dia bermalam di Yerusalem seolah dia membenarkan sorakan dari orang banyak, bahwa Dia datang sebagai peneguhan bahwa kerjaan daud sudah reborn. Kerajaan dunia. Yesus bukan penerus kerjaan Daud.  
  1. Menerima dan mengikut Yesus bukan karena sorai sorai. Menerima Yesus karena ke meriahan pesta , akan melahirkan kekecewaan yang sampai akhirnya ikut menyiksa dan membunuh Tuhan Yesus.  Keputusan untuk menerima dan mengikuti Yesus dibuat dalam keheningan, saat pikiran berusaha dan memengerti siapa Tuhan Yesus, dan mengapa Dia ingin menyelamatkan kehidupan.  ?
 Pengkenaina/Target  

  1. Yesus lah yang datang ke Yerusalem, Yesus lah yang datang ke dunia, dan Yesus lah yang datag ke pada dirindu.  Bukan penduduk Buluh awar yang naik kapal ke Eropa untuk belajar Injil, tapi orang dari Belanda/Eropah yang datang ke Buluh Awar

  1.  Ketika Yesus Datang kepada dirindu, dan menyapa ka dalam kelembutan, apa responndu? Berteriak, dan bersorak sorai seperti orang orang Yerusalem, membuka baju baju mereka, meletakkan nya sebagai permadani di depan keledai Yesus?  Atau kam merenungkan dalam dalam dan mencoba bertanya, “ Knapa Tuhan, knapa Engkau mau mendatangiku? Siapakah  aku Tuhan?

  1. Banyak orang datang kepada Yesus karena ingin meminta mujijat, ingin meminta berkat, ingin mendapatkan rejeki dan harta, jodoh pekerjaan dan sebagainya. Benar kah kalau motif kita mengikut Yesus hanya untuk mendapatkan semua keperluan duniawi saja ?  Seperti Orang  Yerusalem yang bersorak sorai dengan motif supaya Yesus mau jadi Raja dalam kerajaan Daud. Diam diam Yesus pergi ke Betania.
  Respon (Perenungan lebih dalam )

1.      Pernah nge gejapkenndu Reh Tuhan e ndeheri ras erkuan ras kam?  Pendilo pendeta, pertua, diaken, orang tuan, ras jelma sideban, la kin gejapndu e suruhen Tuhan lako reh ku kam?

2.      Nggiet kam tetap ngikutken Tuhan Yesus e, sekalipun la pernah datndu mujijatNA, la pernah lit masalahndu ibereNA solusi ?

3.      Tetap nge kita setia ngikut Tuhan Yesus, ibas suasana merebakna pandemic covid 19 enda?  Tek nge ras Yakin nge kam bahwa Tuhan Yesus tetap berkuasa tas kerina sinasa lit, ras tetap ibereNA kelang ateNA nandangi kam, nandangi aku, ras nandangi kita kerina?

Power Statement

Tujuan Mengikut Yesus yang sesungguhnya adalah supaya kehendak dan rencana Tuhan Yesus nyata dalam hidup kita.
Bukan
Supaya kehendak dan seluruh kebutuhan kita dipenuhi dan dikabulkan Tuhan Yesus.

Bujur Ras mejuah juah kita kerina
Pt Analgin Ginting




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023