Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Lyodra Sebagai Duta Anti Narkoba Untuk Kabupaten Karo


Ada sebuah photo Lyodra  yang membuat saya  berfikir cukup lama.  Photo  tersebut adalah saat Lyodra berkesempatan mengunjungi  Kantor Moderamen GBKP di Kabanjahe, dimana ketua moderamen sendiri yaitu Pdt Agustinus Purba STh, MA menyambut nya.  Ikut pun menemani kunjungan Lyodra  Br Ginting adalah Kadishub Kab Karo Gelora Fajar Purba dan juga Champion Ginting Ka Biro Hukum, Kantor Moderamen GBKP.

Pada photo tersebut saya melihat Lyodra sebenarnya  sudah meras lelah, namun dia tetap berusaha untuk membuat positif dan semarak  waktu kunjungannya.  Tidak ada senyum sumringah yang diekspresikannya,  namun dia terkesan berusaha untuk membuat penampilannya tetap baik. 



Diujung  perenungan saya mendapatkan sebuah pemahaman akan kedalaman pribadi sorang Lyodra yang baru saja dinobatkan sebagai Diva Baru Indonesia berkat kemenangannya di Indonesian Idol  musim ke 10, tahun 2020. Lyodra adalah orang  baik, Lyodra adalah pekerja keras, dan Lyodra adalah juara.  Singkatnya Lyodra mempunyai  potensi dan performance menjadi orang paling berprestasi dalam dunia musik, dan kemanusiaan.

Lyodra menurut saya mempunyai karakter yang menentukan destiny nya, yaitu nasibnya atau  takdirnya.  Lyodra berhasil dididik di keluarganya  satu materi pembelajaran paling penting  dalam kehidupan ini yaitu Karakter . Karakter yang dimiliki Lyodra menurut saya adalah ketekunannya berlatih untuk menggapai cita citanya, dan mempunyai karakter untuk menghargai dan baik kepada semua orang.

Banyak ahli  pembangun karakter (Character Building)  menekankan bahwa karakter paling banyak dibangun di tengah keluarga, melalui didikan dan prioritas orang tua, ayah dan ibu.  Beberap kali sang host Indonesian idol bertanya kepada Lyodra, apa peranan paling besar orang tua dalam kariernya, dan dijawab dorongan dan penyertaan ayahnya dan ibunya kepada dirinya untuk tampil percaya diri, rajin berlatih, dan tidak pernah putus asa.  Dengan demikian Lyodra  bisa dikatakan sebagai hasil didikan orang tua kepada anaknya.

Saya teringat dengan mantan  petenis nomor satu di dunia, Maria Sharapova yang pada usia 11 tahun diantar ayahnya dari Rusia ke Amerika Serikat untuk berlatih tennis. Orang tuanya bersedia untuk menjual seluruh harta bendanya di Rusia, dan pindah sementara ke Amerika Serikat untuk mengantar anak 11 tahunnya berlatih tennis.


Saya juga teringat ayah dan bunda Joey Alexander yang mati matian mengantarkan anak 10 tahunnya berlatih di pusat Jazz dunia di New York. Hasilnya Joey Alexander pada usia 11 tahun bisa bermain piano genre jazz hebat di dunia, dan saat ini dalam usia nya 14  tahun sudah menjadi musisi dunia.  Pada Usia 11 tahun itu juga lah Joey Alexander menjadi nominasi Gramy Award, termuda dalam sejarah Jazz dunia.

DUTA ANTI NARKOBA.

Saat  Lyodra Br Ginting meraih prestasi tertingginya dalam usia 16 tahun, sementara remaja pedesaan Kab Karo terpuruk dalam pendidikannya  di tengah rongrongan Narkoba.  Sangat Ironis.  Lyodra yang karena didikan orang tuanya untuk selalu bekerja keras , dan pertemuannya dengan Sang Maestro Erwin Gautawa dan Putrinya Gita Gautawa berhasil menguasai teknik bernyanyi kelas dunia, sementara anak anak Karo yang lain, yang jarang berkomunikasi  dengan ayah dan ibunya , terpaksa berusaha menemukan sendiri bakat alaminya, namun terperosok dalam tangan tangan setan Narkoba, dan prilaku sex bebas yang akhirnya terjerembab dengan HIV AIDs dan penyakit masyarakat yang lain.

Apa yang sudah kita dengar dilakukan Pemda Karo untuk mengatasi masalah generasi muda, generasi kaum millennial, generasi muda karo ? Kam pernah begindu kai banna?  Bahkan maaf, komisi HIV AIDs GBKP yang paling banyak memberikan sosialisasi ke semua pelosok Kabupaten Karo

Nah Saya mengusulkan, sebelum kesibukannya lebih tinggi nantinya segeralah Pemkab Karo merekrut Lyodra Br Ginting menjadi Duta Anti Narkoba untuk menyelamatkan Generasi Muda Karo, serta menemukan dan melahirkan Lyodra Lyodra yang lainnya.

Saat Lyodra masih berkompetisi beberapa waktu yang lalu, semua orang Karo dari seulurh dunia, bersatu untuk mendukung memenangkan dengan cara mengirim vote untuk kemenangan Lyodra.  Lyodra dan orang tuanya pun menyadari tanpa dukungan seluruh orang karo, orang Sumatra Utara maka Lyodra sulit  menjadi juara, melawan Tiara dari Jember Jawa Timur.

Ada dua hal yang akan muncul jika Lyodra diangkat menjadi Duta Anti Narkoba.  Yang pertama akan muncul kesadaran bagi para Bandar Narkoba bahwa apa yang dia lakukan sangat merusak generasi muda karo.  Mbera mbera lit kesadaran na.  Namun yang kedua adalah akan muncul keyakinan Generasi Muda Karo untuk juga  dapat  berprestasi seperti Lyodra Br Ginting bere Tarigan.



Sebagai Duta Anti Narkoba Kabupaten Karo, saya kira cukuplah dua atau tiga kali saja per tahun  Lyodra datang ke Kebupaten Karo untuk bertatap muka langsung dan berbicara serta menanyi bersama para pelajar, ataupun seluruh  generasi muda Karo.  Untuk memotivasi mereka dan  mendorong orag tua untuk lebih banyak berkomunikasi dengan anak anaknya, demi prestasi anak anaknya.   Saya prbadi sangat yakin hal ini akan berhasil, terutama menemukan bakat bakat baru dala diri generasi muda Karo.

Segeralah,  Pak Bupati Terkelin Berahmana atau Ibu Wakil Bupati Cory Sebayang,   bujuklah dan rekrut lah  Sang Diva Lyodra Br Ginting untuk menjadi  Duta Anti Narkoba sekaligus Motivator bagi generasi muda demi  masa depan Kabu paten Karo yang lebih baik. Tuhan Memberkati.  


Artikel Ini Sudah Ada di 
Majalah Budaya   KATANTARAS
Edisi April 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023