Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Pekan Keluarga 2019 Berngi Pelimaken ( 5)



Thema  :  Jabu Si Setia

Khotbah Maleaki 2 : 13 – 16

2:13      Enda me sada nari si ilakokenndu. Enggo gedap ibahandu batar-batar TUHAN alu iluh; tangis ras ngandung kam sabap lanai ialokenNa persembahen si ibahanndu.

2:14      Isungkunndu ngkai maka lanai Ia nggit ngalokenca. La ialokenNa erkiteken enggo ilanggarndu padanndu man ndeharandu si iempoindu tupung kam nguda denga i ja TUHAN jadi saksi. Ia kap temanndu janah enggo ilanggarndu padanndu man bana, aminna pe enggo kam erpadan i adep-adepen Dibata maka kam tetap setia man bana.

2:15      Ma enggo ibahan Dibata kam sada kula ras sada ukur ras ia? Kai kin sura-sura Dibata i bas si enda? Sura-suraNa gelah ipupusndu anak-anak si tuhu-tuhu kal bangsa Dibata. E maka inget ola sada pe kam ngelanggar padanna man ndeharana.

2:16      "Nembeh ateKu kalak si mulihen," nina TUHAN Dibata man Israel. "Nembeh kal ateKu adi lit kam ngelakoken perbahanen si kejam e nandangi ndeharana. Inget maka tetap igelemndu padanndu maka kam tetap setia man ndeharandu.

PEMBUKAAN

Syaloom nande bapa turang ras senina ibas gelar Tuhanta Yesus Kristus. Syaloom, mejuah juah kita kerina.

 ISe kam perbapan/mamre  si yakin kal mbarenda nari seh asa gundari bahwa wanita terbaik dan tercantik di dunia ini adalah istrindu sendiri? Lebih cantik dari Agnes Mo br perangin angin?  Hahahahaha

Ise ka kam pernanden/moria si meyakini ras menggejapken kal bas pusuh ras matana bahwa dilaki sipaling ganteng, paling ganteng, paling macho, dan paling melindungi adalah suaminya sendiri.  Sehingga pang ia ngatakensa bahwa perbulanganna e IS My Hero ?   More than Tom Cruise, lebihan asangkan Brad Pit atau Keanu Reeves?

Thema ta bas Pekan Keluarga Berngi si pelimaken enda emekap JABU SI SETIA, mari lah sigargari terdauhen...



FAKTA

1.     Cukup keras Firman Tuhan dalam perikop ini, diawali dengan sebuah kiasan yang sangat sangat spektakuler.  Enggo gedap ibahandu batar-batar TUHAN alu iluh, air mata yang muncul dari tangis berkepanjangan, tangis yang kerkepanjangan karena kaget dan takut akan TUHAN, sebab Tuhan  tidak mau lagi menerima persembahan yang diberikan. Mengapa????

2.     Mengapa TUHAN sudah berhenti dan tidak mau lagi menerima persembahan?   Karena yang memberikan sudah melanggar janjinya, sudah melanggar komitmennya kepada istrinya, wanita yang dinikahinya dan TUHAN sendiri menjadi saksi.

3.     Padahal, sebelum pernikahan itu si suami sudah membuat janji SETIA kepada wanita itu dihadapan TUHAN.    Oleh sebab itu pernikahan itu harus langgeng abadi, tidak bisa dipisahkan oleh apapun, jika terpaksa mau berpisah ,maka harus lah TUHAN ditanya terlebih dahulu apakah dia memperbolehkan.  

4.     Semua pernikahan suci dihadapan TUHAN, ada misi atau keinginan TUHAN dalam setiap pernikahan itu.   TUHAN berkeingian agar antar suami dan istri terjadi persetubuhan sehingga lahir anak anak yang takut TUHAN, dan menjadi Bangsa pilihan TUHAN.

5.     Oleh sebab itu TUHAN tidak menginginkan dan tidak mengijinkan perpisahan, atau perceraian.  Hal ini secara tegas dikatakan oleh Nabi Maleaki,  bahwa  TUHAN  merasa jijik dan marah kepada suami yang menceraikan istrinya.  Itulah sebabnya bagi laki laki sperti ini, sebanjir apapun air matanya TUHAN tidak akan menerima persembahannya. 
  
MAKNA

1.     Menyembah TUHAN tidak hanya harus memperhatikan dan melakukan ritual nya atau liturginya saja  ada hal yang lebih penting dan mendasar dalam setiap orang yang mau menyembah TUHAN. Jangan melanggar janji dalam keluarga, yaitu menceraikan istrinya.

2.     Pernikahan keuarga  / Jabu sangat penting bagi TUHAN dan  sangat sacral sebab perjanjian pernikahan bukan hanya antar laki laki dan perempuan, tapi juga perjanjian kepada TUHAN.  TUHAN mendengar, menyimak, mencatat dan akan selamanya mengingat perjanjian itu.  Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk berpisah/bercerai bagi manusia; tidak ada alasan teologis, tidak ada alasan psikologis, tidak ada alasan moral, tidak ada alasan  ekonomi tidak ada alasan apapun untuk saling menceraikan.

3.     Oleh sebab itu bagi suami istri yang sudah berjanji dan mendapat pemberkatan TUHAN, maka TUHAN sendiri yang akan menumbuhkan rasa cinta,kasih sayang, mau memaafkan, serta memberi kebanggaan bagi suami akan istrinya, dan bagi istri akan suaminya.  Chemistry suami istri itu akan diperkuat oleh TUHAN sendiri sehigga cukup kuat sampai batas kehidupan.  Batere Cinta antara suami dan istri  akan selalu di recharge TUHAN.

4.     Kesetiaan akan  pasangan serta kekudusan pernikahan itu perlu dijaga oleh suami istri, sebab ada misi suci TUHAN dalam setiap rumah tangga/jabu.  Ada misi umum yaitu berketurunan, dan mendidik anak anaknya untuk menjadi bangsa TUHAN dan juga ada misi misi khusus.  Misi khusus ini lah yang harus ditemukan oleh masing masing keuarga dan mewujudkannya dalam kehidupannya.


 PENGKENAINA

·      Setiap keluarga, setiap suami dan istri mempunyai tugas maha penting yaitu menjaga keutuhan rumah tangga nya.  Secara khusus kepada suami, (kaum laki laki) adalah pihak yang lebih besar tanggung jawabnya dalam melanggengkan pernikahannya.  Jangan sempat ada kata kata, atau niat untuk  bercerai.  Tapi setialah sampai selamanya.

·       Kreatif lah, dan inovatiflah para suami dan istri untuk memukau pasangan nya.  Temukan lah hal hal sederhana, hal hal yang mudah dilakukan secara bersama antara suami dan istri.  Misalnya, makan bakso berdua, sekali sebulan atau sekali 3 bulan atau periode periode tertentu.

·       Temukanlah misi khusus keluarga anda, ambil  waktu untuk berdiskusi, bercakap cakap untuk berkomukasi dan menggali talenta spesifik yang dimiliki oleh keluarga ndu.  Lalu jalankan lah dengan setia, sebab kebersamaan menerima dan menjalankan satu tugas pelayanan dapat melanggengkan sebuah pernikahan, karena kuat nya rasa saling ketergantungan antara suami dan istri.

PENUTUP

Keluarga Kristen, bukanlah keluarga para selebriti yang sering juga menaikkan popularitasnya dengan cara bercerai dan menonjolkan persoalan rumah tangganya.  Tapi keluarga Kristen adalah keluarga yang dipersatukan oleh TUHAN , dikuatkan oleh TUHAN , dan ditanamkan rasa suka dan cinta antar suami da istri oleh TUHAN. 

Ada TUHAN dalam setiap event dan momen keluarga.  Maka kepada TUHAN lah berseru dan meminta tolong, dalam eratan tangan, dan kasih sayang antara suami dan istri. TUHAN akan melanggengkan pernikahan /jabunta sekalak sekalak. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting

Komentar

Unknown mengatakan…
Bjr pdt. Tp adi lit si wari peteluken pekan keluarga tlng ibuatndu. Bjr
Analgin Ginting mengatakan…
Enggo Lit kerina. Berngi 1 SD 7 nen lah. Bujur Melala ya.

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023