Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Dua Orang Wanita Karo Yang Kecantikannya Diakui Seantereo Negeri

Suku karo kembali mendapatkan penghargaan melalui generasi mudanya. Kali ini melalui  kontes kecantikan.  Adalah Mawar Br Meliala, dari Desa Ajinembah Kecamatan Merek meraih prestasi yang sangat membanggakan,  terpilih sebagai Runner Up dalam pemilihan Putri Nusantara, pada akhir Juli kemarin di Pulau Dewata di Bali.

Terpilihnya Mawar Meliala semakin mengokohkan bahwa Putri Putri Beru Silima (singuda singuda Karo) memang cantik.  Masih jelas dalam ingatan kita pada tahun 2022 kemarin Lyodra Br Ginting termasuk satu dari 8 penyanyi tercantik di dunia.   Wooow.



Lalu apa dampak positif dengan  dikukuhkan nya dua orang generasi platinum Karo ini sebagai putri tercantik? Banyak lah, selain membanggakan semua Suku Batak Karo juga tentu saja memberikan keyakinan dan rasa percaya diri untuk semua generasi muda Karo.  Seperti yang disampaikan oleh Mawar saat tampil di youtube CADAS INSPIRATIF, “jangan takut bermimpi”. 



Memang saat saya menyimak kisah perjalanan Mawar dalam percakapan kami di CADAS, benar benar seperti sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.  Bermodalkan kemenangan sebagai singuda singuda Karo  dalam kontes ditingkat Kabupaten tahun 2022, Mawar terpilih sebagai pemenang Putri Indonesia Favourite Sumut 2023 (bukan pemenang utama) namun tidak menghantarkan dia untuk ikut kontes di tingkat Nasional mewakili  Sumatra Utara.  Lalu pada kontes Putri Nusantara (Kontes yang sejajar dengan Putri Indonesia) terpilih sebagai salah satu  wakil Sumatra Utara sebagi Finalis Putri Nusantara.  Keterpilihan Mawar sebagai Finalis karena dia mampu menciptakan Video Introduction yang sangat bagus. 

Di Bali Mawar masuk kedalam kelompok 6 finalis, dan akhirnya menjadi Runner Up.  Sebuah pencapaian yang benar benar terwujud karena mendobrak mimpi.  Mimpi yang dimulai dari ‘singuda nguda kuta” atau menang sebagai gadis kampung.   Jangan Takut Bermimpi, kata Mawar melalui mulutntya dan prestasinya. 

Saat ini Mawar kembali ke tempat kerjanya di Pematang Siantar, menjadi karyawan di salah satu Bank BRI. 

Bagaimana dengan Lyodra ? Manurut saya Lyodra memang memiliki kecantikan yang sangat alami. Cantik karakternya, cantik tutur katanya, cantik prestasinya dan cantik wajahnya.  Ini pengakuan dunia lho (labo perban beru Ginting e nake, hahahahaha).  Memang kalau dia berdandan Lyodra terlihat tidak hanya cantik tapi anggun sempurna. 

Lyodra mampu memenangkan dua kontes resmi hingga saat ini dan beberapa kontes kontes yang lain.  Lyodra terpilih sebagai juara 1 dalam salah satu lomba nyanyi di Italy, lalu Lyodra adalah finalis dan pemenang Indonesia Idol tahun 2020.  Beberapa saat kemudian, Lyodra terpilih sebagai penyanyi Indonesia pertama yang wajahnya terpajang di Bilboard New York. 

Prestasinya  sebagai penyanyi saat ini sedang menanjak begitu tinggi dengan lagu lagu yang dinyanyikannya, salah satunya “Sang Dewi”.  Jika ditangani dan dimanage oleh manager yang lebih handal, saya yakin  Lyodra akan menjadi penyanyi Indonesia yang sukses di dunia International mengikuti jejak seniornya, Anggun C Sasmi, Agnes Mo dan  penyanyi lainnya.

Dua orang Putri Karo, Beru Ginting dan Beru Meliala benar benar sudah membuktikan wahwa wanita Karo cantik cantik.  Ayo beru Tarigan, beru Perangin angin, beru Karo bangun mimpi mu.  Pasti semua cantik lah wanita Karo itu, namun belum semua berani bermimpi.  Bermimpi lah, melalui kecantikan, melalui jalur seni, melalui olah raga, melalui jalur akademik, jalur politik atau jalur jalur yang lain.  Prestasi mu bukan prestasimu secara individual, bukan juga prestasi keluargamu saja, tapi juga prestasi semua suku Karo, bahkan prestasi Putri Indonesia. 






















Komentar

SDG mengatakan…
Kuakap mawar e bebere ginting sen ku, sungkunndu gia, adi lang bebere karo. 🤣
Analgin Ginting mengatakan…
Ia bere bere Tarigan Kempu Ginting Senku. Hahaha

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023