Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Ketangkasan Novia Indonesia Idol

Banyak orang langsung down dan defensif jika menerima sebuah kritikan, sekalipun sering dikatakan kritikan membangun.  Kritikan memang berpotensi membuat luka pada hati atau jiwa, sehingga ahli Human Relation Dale Carneige pernah berkata “hindari lah menyalahkan, mengomeli dan mengkiritik orng lain."

Namun sesuatu yang sangat berkelas terlihat pada perhelatan Indonesia Idol pada malam spektakuler kedua tadi malam.  Beberapa saat setelah selesai menyanyikan  lagu pilihannya Novia langsung diberi komentar oleh Anang Hermansyah dan Bunga Citra Lestari (BCL) bahwa cara Novia bernyanyi kurang pas, kurang menggigit terutama kurang ada "rasa."  Secara lebih mendalam Anang mengatakan Novia tidak masuk ke dalam lagu itu, Novia seolah masih mencari cari posisinya saat menyanyikannya.  Hasilnya, Novia diluar  saat bernyanyi dan tidak mampu masuk ke dalam lagu tersebut.

Pernyataan Mas Anang ini diiyakan oleh BCL dan juga sempat ditambahi oleh David Bayu yang juga mengatakan ada nada nada asli lagu d'Masive  yang tidak tersentuh oleh Novia. Namun Judika dan Rosa melihat dari kacamata yang lain, bahwa lagu yang aslinya sangat biasa biasa ini, bisa dibuat sangat menarik dan powerful oleh Novia, meskipun Judika sendiri mengatakan memang “rasa”  tidak terlalu menonjol.

Juri  Anang Hermansyah dan David Bayu Secara Spontan Berdiri dan Menunjuk Memuji Novia. Sumber Photo : RCTI Plus. 

Menerima masukan dari lima judges Indoensia Idol XII ini, Novia terlihat sedikit kurang nyaman, meskipun secara professional masih tetap  tersenyum dan berusaha santai. 

Masukan dari Juri tertutama BCL dan Anang, agar Novia menyanyikannya lebih sweet, segera disambar oleh sang Host Boy  William dengan meminta  Novia  menyanyikan kembali dengan Judika.   Segera Judika mulai menyanyikan lagunya, dan setelah satu bait,  Judika meminta Novia menyanyikannya dengan irama sweet.

Dengan sangat pas Novia melanjutkan lagu itu sampai akhir dengan irama yang lebih sweet dan terlihat, BCL, Anang dan David Bayu menunjuk nunjuk kearah Novia sambil berkata, ini dia, ini dia dan bertepuk tangan tanda bahwa Novia sudah menyanyikannya dengan jauh lebih baik. Bahkan seorang Juri mengatakan bahwa Novia nanti merekam  lagu ini duet dengan Judika.

Apa yang menarik disini, saya melihat kedewasaan dan profesionalisme Novia.  Novia berusaha untuk tetap positif mendapat kritikan yang sangat tajam dari Anang dan BCL, dan dengan jiwa terbuka menerima masukan itu.  Lalu ketika diminta menyanyikan kembali, Novia mampu menyanyikannya dengan standard dari semua para Juri. 

Novia dalam istilah saat ini mempunyai agility atau ketangkasan dalam menerima masukan, mengkosolidasi perasaannya, dan dengan cepat merubah gaya bernyanyinya dan sukses.  Wooow Novia.

Kita semua perlu meniru Novia.  Berjiwa besar menerima kritikan sekeras apapun, membenahi perasaan kita, (jangan baper terlalu lama), lalu memakai masukan itu untuk meningkatkan kualitas dan melakukan perbaikan dengan niat melayani dan pikiran positif.

Terima kasih Novia, terus lah pelihara Jiwa Agility-ndu Bere Biringna.  Dan bernyanyilah dari jiwa ndu Kempu Ginting na.

Komentar

Analgin Ginting mengatakan…
https://www.youtube.com/watch?v=YFszjFSqRik

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023