Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Jenderal Purn Prabowo Subianto Adalah Calon Presiden Yang Paling Resilien

Setelah saya renung renungkan barangkali Pak Prabowo lah calon presiden yang paling siap pada Pemilu tahun 2024.  Ada sejumlah kriteria seorang pemimpin dan negarawan yang sudah dilakukan / dijalankan Pak Prabowo pada 3 tahun terakhir ini.  Ada pangalaman Pak Prabowo yang sangat unik dan spesifik yang tidak akan bisa dilakukan oleh calon yang lain, namun beliau mempunyainya, sehingga hal ini bisa jadi keunggulan komparatif (Comparative Advantage) bagi Prabowo dibanding calon calon yang lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Andika Perkasa dan lain lain.

Prabowo dari sisi usia dan pengalaman hidup adalah yang paling senior dibanding calon calon lain yang sudah banyak beredar nama namanya.  Usia paling senior bukanlah  harus paling dihormati, sebab sebagai orang Timur harus selalu hormat kepada orang yang lebih tua, namun usia senior menunjukkan pengalaman hidup dan pengalaman berpolitik yang paling unggul.  

Asam garam kehidupan ini pasti paling banyak dikecap Pak Prabowo, namun lebih dari itu pengalaman  berpolitik pun beliaulah yang paling menguasai.  Sebagai orang yang paling luas pengalaman  politiknya, pastilah beliau yang paling mengetahui kekuatan kekuatan politik yang dominan dan berpotensi lebih dominan pada waktu 5-15 tahun kedepan. 

Skills kepemimpinan dan kemampuan berbahasa Inggris. Ada dua konsep kepemimpinan yang belakangan ini cukup popular yaitu, servant leadership dan authentic leadership. Servant Leasdership atau pemimpin yang melayani mengacu kepada potensi dan  karakter melayani yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin adalah orang yang mempengaruhi anak buahnya ataupun orang banyak.    

Sumber photo : Kompas.com

Bagaimana cara seseorang mempengaruhi ditentukan oleh karakter yang ada pada diri si pemimpin.  Apakah otoriter atau demokratis atau  melayani seluruh anak buahnya dan atasannya.  Mungkin karena latar belakang militernya, Prabowo dipersepsikan lebih kuat gaya militernya atau gaya otokratiknya.  Namun Ketika Pak Prabowo bersedia merendahkan  dirinya dan mau menjadi menteri di bawah kepresidenan bekas pesaingnya atau yang mengalahkannya,  ini adalah sesuatu yang sangat unik dan spesifik hanya ada pada Pak Prabowo.   

Disini juga lah saya melihat karakter melayani mulai bertumbuh dalam diri Pak Prabowo.  Ada kemiripan dengan Pak Jokowi yang sangat terkenal  humble, dan selalu mengedepankan jiwa melayani.  Kedekatan Pak Prabowo dan Pak Jokowi pastilah saling mempengaruhi dan saya yakin Pak Jokowi lebih banyak mempengaruhi Pak Prabowo khususnya dalam karakter melayani.  Karakter seseorang sangat dipengaruhi siapa teman teman sepergaulannya.  Seorang Motivator James Rohn mengatakan "Anda adalah rangkuman dari 5 orang teman dekat Anda".

Lalu dalam konsep Authentic Leadership.   Pak Prabowo jelas sekali mempunyainya.  Sebab Authentic Leadership mengatakan bahwa semua hal yang melekat dalam diri kita, terutama sifat sifat utama kita yang  asli dan tidak dibuat dibuat adalah potensi untuk menjadikan seseorang  pemimpin yang dipercaya.  Kegagalan, keberhasilan, pengalaman, visi misi yang lebih berorientasi masa depan, bahkan kekurangan kekurangan kita  berkontribusi untuk menjadikan seseorang pemimpin apa adanya (authentic).      

Kita semua tahu, bahwa Pak Prabowo tidak mempunyai istri, dan dari keadaan inilah Pak Prabowo berangkat menjadi pemimpin yang otentik.  Satu hal yang selalu disadari oleh pemimpin otentik adalah,  dia bisa hebat karena anak buahnya dan teman temannya, dan anak buahnya juga menjadi hebat karena keberadaannya.  Jadi percakapan percakapan dua arah dan diskusi yang demokratik akan menjadi kebiasaan masa depan seorang pemimpin yang otentik.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=DjLj1txCTOw&t=1186s


Kemampuan Bahasa Inggris Pak Prabowo saya yakin   yang paling unggul dibanding Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo bahkan Agus Harimurti Yudoyono dan Anies Baswedan. Sehingga kepercayaan dirinya saat berbicang bersama  pemimpin dari manca negara sama kualitas nya dengan yang sudah ditunjukkan oleh Pak Jokowi.  Saya yakin pemimpin Amerika Serikat, Inggris,  Perancis  dan lain lain akan memberi hormat dengan sigap dan tulus kepada Pak Prabowo jika kelak menjadi Presiden Republik Indonesia. Sebab Pak Prabowo akan mampu menangkap bahasa bahasa tersirat dalam setiap percakapan dengan dengan relasi internationalnya. 

Resilien.   Keunggulan yang paling menonjol dan paling unik  Pak Prabowo adalah kekuatan resilien yang dia miliki.  Resilien atau daya bangkit, adalah sikap atau karakter yang terbangun saat menghadapi kesulitan dan kekalahan.  Tidak banyak orang yang sabar dan bangkit lagi dalam kekalahan.  Kalah bangkit, kalah lagi bangkit lagi, kalah juga lagi dan lagi namun tetap bangkit atur strategi dan memenangkannya.    

Pak Prabowo sudah tiga kali berada di pihak yang kalah.  Kalah sebagai calon wakil presiden bersama Bu Megawaty , kalah sebagai calon presiden menghadapi Pak Jokowi dua kali.  Kekalahan ini tidak membuat Pak Prabowo hilang, atau  menyalah nyalahkan situasi.  

Memang ada respon seketika saat kalah, itu berkaitan dengan emosi dan pengelolaan emosi.  Pak Prabowo  menurut saya seorang yang gentlement  ketika dia bersedia menjadi Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Seorang Deddy Cobbuzier saja heran, dan bertanya kepada Pak Prabowo "Koq bersedia jadi menteri dibawah Presiden Jokowi:.  Dengan elegan Pak Prabowo mengatakan "kalau untuk Negara dan Bangsa jangan utamakan ego kita".  Wah mantap sekali.   

Kekuatan resilien perlu sekali diajarkan kepada semua generasi muda, Bangsa Indonesia.  Situasi sulit di masa depan, hanya bisa diatasi jika setiap anak muda kita mempunyai resilien yaitu kemauan untuk melakukan pengorbanan dan kerja keras untuk mewujdukan prestasi. Belum tentu juga berhasil, kalau belum behasil ya lakukan lagi.  Sampai kapan dilakukan lagi, berapa kali gagal ?  Jawabnya,  lanjutkan  sampai berhasil.  Hanya keberhasilan yang menjadi misi utama setiap orang yang punya resilien.  Nah itu juga yang saya lihat sedang ditanamkan Coach Shin Tae Yong kepada anak anak muda kita pemain Timnas Indonesia.

Bersama Pak Prabowo sebagai calon presiden dan menjadi presiden saya yakin sekali kekuatan resilien Bangsa Indonesia akan  menjadi yang terhebat di dunia ini.  Resilienlah kelak  yang menciptakan kesejahteraan bangsa Indonesia.

 

 --00--

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Prabowo Subianto Adalah Calon Presiden Paling Resilien", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/cadasinspiratif-63/636768983788d430183e6df2/prabowo-subianto-adalah-calon-presiden-paling-resilien?page=2&page_images=1

Kreator: Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023