Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Berngi 6 Catatan Tambahan Pekan Keluarga GBKP 2021

 Renungen                :           Matius 2 : 1 – 12

 Tema                        :           Jabu Si Maba Persembahen (Adven Ras Natal)                             

Matius 2 : 1 – 12

2:1         Jesus tubuh i kuta Betlehem i taneh Judea asum Herodes jadi raja. La ndekahsa kenca si e reh me ku Jerusalem piga-piga kalak guru i Timur nari.

2:2         Nungkun guru-guru Timur e nina, "I ja kin raja kalak Jahudi si mbaru tubuh e? Sabap idah kami bintangna i Timur, janah kami enggo reh guna nembah man baNa."

2:3         Megi kata e sengget kal Raja Herodes ras kerina anak kuta Jerusalem.

2:4         E maka ipepulung Raja Herodes kerina imam-imam si mbelin ras guru-guru agama Jahudi. Jenari nungkun ia nina, "I ja kin Mesias e tubuh?"

2:5         Ngaloi kalak e nina, "I kuta Betlehem i taneh Judea, sabap enggo isuratken nabi:

2:6         O kam Betlehem i taneh Juda, labo kam kuta si kitikna i daerah Juda; sabap i bas kam nari reh me sekalak peminpin si mpermakani bangsaNgku bangsa Israel.' "

2:7         Kenca megi kai si ikataken e, idilo Herodes guru-guru i Timur nari e alu erbuni-buni. Jenari isungkunina ndiganai bintang e mulai teridah.

2:8         Kenca bage isuruhna guru-guru e lawes ku Betlehem. Nina, "Berkatlah janah pepayo alu mehuli i ja ingan anak e, janah adi enggo kam jumpa, beritaken man bangku, gelah aku pe ku jah nembah man baNa."

2:9-10    Kenca bage berkat guru-guru Timur e. Idahna ka bintang si enggo idahna mbarenda i Timur. La tanggung riahna ukurna ngidahsa. Bintang e erdalan arah lebena jenari ngadi tepat i babo ingan anak e.

2:11       E maka bengket ia ku bas idahna Anak ndai ras Maria, nandeNa. Jenari erjimpuh ia nembah man Anak e. Ibuatna erta-erta si ibabana e, jenari ipersembahkenna man Anak si mbaru tubuh e. Erta-erta si ipersembahkenna e, e me: emas, kumenen ras mur.

2:12       Perbahan ikataken Dibata man guru-guru e arah nipina gelah ola ia mulihken ndahi Herodes, e maka mulih ia arah dalan si deban ku negerina.erta

Fakta

1.    Sebuah kisah abadi yang terjadi saat kelahiran Yesus Kristus Tuhan.  Guru Dari Timur datang menjenguk dan membawa persembahan kepada Yesus Kristus pada saat kelahiranNya ke dunia.  Dituntun oleh Bintang, mereka mendapat keyakinan bahwa Raja Orang Yahudi sudah lahir.  Mereka datang dari jauh membawa persembahan, dan sempat bertanya kepada Raja Herodes yang saat itu bertahta sebagai Raja.  Saat diberi kabar bahwa Raja Yahudi sudah lahir, dia terkaget kaget dan terhera heran.

2.    Dia lalu mengumpulkan imam imam dan Guru Guru Agama Yahudi untuk mendapatkan informasi selanjutnya.  Guru Guru Agama Yahudi dan Imam Imam berkata bahwa Yesus lahir di Betlehem, berdasarkan nubuatan nabi nabi Tuhan. Raja Herodes lalu memberi tahu kepada Guru Guru Timur bahwa Raja Orang Jahudi ini lahir di Betlehem, dan berpesan supaya nanti setelah bertemu Raja Yang Lahir itu, Orang Timur ini memberitahu Herodes, karena katanya Herodes juga mau “menyembah” Raja yang baru lahir ini.

3.    Setelah mendengar itu Guru Guru Timur ini pun berangkat ke Betlehem dan mereka sangat bersukacita karena kembali mereka melihat Bintang, yang dulu mereka lihat dan menjadi sumber informasi bagi mereka.  Mereka lalu bertemu dengan bayi Yesus beserta dengan Ibunya Maria, dan menyembah Yesus serta memberikan persembahan emas, kemenyan dan mur (minyak wangi).  Setelah itu mereka pulang kembali ke negerinya melalui jalan yang dituntun oleh Allah untuk menghindari raja Herodes.

Sumer Photo : https://rubrikkristen.com/

Makna                                                   

1.    Ada banyak cara untuk mengenal dan menemui Yesus Kristus.  Orang Timur bisa bertemu Yesus sekalipun mereka berasal dari jauh, dan informasi tentang Yesus atau Raja Orang Jahudi mereka dapatkan dari Bintang.  Bintang bisa menjadi sumber inofrmasi yang sangat jelas, jika dipahami berdasarkan ilmu pengetahuan dan keyakinan.  Orang Timur ini bisa bertemu Yesus, karena mereka memiliki pengetahuan, keyakinan, keberanian, kerendahan hati, siap menanggung risiko di perjalanan, dan membawa persembahan yang sangat layak; emas, kemenyan dan mur.  (Catatan Tanah Tapanuli adalah satu daerah yang menghasilkan kemenyan yang berlimpah, mungkihkan seorang dari Guru Timur itu adalah berasal dari sekeitar Tapanuli atau Humbang Hasundutan?)

2.    Raja Herodes, kaget akan berita kelahiran Raja Jahudi.  Dia heran dan tak percaya bahwa ada raja selain dirinya.  Lalu dia pasang taktik dan berkata kepada Guru Guru orang Timur supaya nanti setelah mereka bertemu kembali menemui dirinya supaya dia juga memberikan “persembahan”. Ini adalah taktik keji dari Herodes, sebab maksudnya adalah untuk membunuh bayi Yesus.  Kelak memang dia membuat sebuah peristiwa yang mengerikan dengan membunuh semua bayi laki laki orang Yahudi yang berusia dibawah 1 tahun.  Niatnya adalah membunuh bayi Yesus. Ada orang yang memakai kata bersembah tapi maksudnya adalah mengangkat kemegahan pribadi.  Ini bukan bersembah, tapi ini mau menghukum atau mempermalukan. Hati hati dengan orang seperti ini, dan uji lah diri kita masing masing, apakah kita tulus atau tidak menyembah Yesus Tuhan kita ?

3.    Orang Majus dari Timur ini menunjukkan dan mengajarkan tentang memberi persembahan.  Mereka datang dari jauh, dituntun oleh pengetahuan dan keyakinan dan siap menanggung segala risiko perjalanan dan membawa persembahannya.  Persembahan kepada Yesus Tuhan  harus dilaksanan/diberikan dengan ketulusan yang setulus tulusnya, yang terbaik dan sesuai kebutuhan, diantarkan langsung dengan segala risikonya. Hasilnya adalah sukacita hidup yang tiada tara, dan menjadi kisah abadi yang selalu dikenang sepanjang masa.  Orang yang membawa pesembahan kepada Yesus Tuhan adalah orang yang paling berbahagia dalam hidupnya. Kalau kam merasa sedih dalam hidupndu, berikan lah perembahan kepada Tuhan (gereja) maka kam pasti akan merasakan sukacita yang paling tinggi.  Ajarkan  lah kepada jabundu untuk memberikan persembahan terbaik kepada Tuhan, dan tidak berhenti sebelum bertemu dengan Yesus Kristus Tuhan.  Maka jabundu akan menjadi jabu yang paling bersuka cita dalam hidup.

Pengkenaina   

·       Pakailah semua kelebihanndu, pengetahuan, keyakinan, kekayaan sebagai persembahan kepada Tuhan Yesus.  Berikanlah semua persembahan itu dengan komitmen setiggi tingginya maka kam dan semua isi jabundu akan mampu merasakan apa yang dirasakan oleh Guru Guru dari Timur ini. Mereka sangat bersuka cita sekali setelah bertemu dengan Yesus, Raja Orang Yahudi.

·       Mari kita songsong natal tahun 2021 ini dengan komitmen setinggi tingginya, sekalipun banyak rintangan yang kita temui. Kita persiapkan diri kita dalam Minggu Advent yang sebentar lagi akan kita masuki.  Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina. I

Pt. Analgin Ginting ,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023