Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

TUHAN MEMILIH BANGSA ISRAEL KARENA DIA MEMILIH SEMUA MANUSIA, Catatan Tambahan Khotbah Minggu 27 Desember 2020

 

Minggu 27 Desember 2020 : Minggu Kenca Natal  

 Warna Stola Mbentar   

 

Invocatio

Sabap kerina si nasa lit Dibata njadikenca, janah kerina e lit erkiteken Ia dingen man gunaNa. Terpujilah Dibata seh rasa lalap. Amin           Roma 11 : 36

Ogen

Jesaya 61 : 10-63 : 3

Khotbah

Masmur 148 : 1 - 14

Thema

"Langit ras Doni Muji Tuhan”

 

Khotbah :  Masmur 148 :1 – 14

 

 

148:1  Pujilah TUHAN ! Pujilah TUHAN i Surga nari, o kam kerina si ringan i bas ingan si Meganjangna.

148:2   O kam malekat-malekatNa pujilah Ia, pujilah Ia, o kam kerina tentera Surga.

148:3   Pujilah Ia, o matawari ras bulan, pujilah Ia, o bintang-bintang si ersinalsal.

148:4   Pujilah Ia, o langit si meganjangna, pujilah Ia, o kam si lit i datas langit.

148:5   Kerina min muji TUHAN ! Sabap Ia si merentahkenca maka kerina e jadi.

148:6  Kerina tinepa e itetapkenNa inganNa seh rasa lalap, janah la banci la ipatuhiNa.

148:7   Pujilah TUHAN , o isi doni kerina, o naga lawit ras lawit si mbagesna,

148:8   o kilap ras baho, salju ras embun, angin si erpiu si patuh man perentahNa.

148:9  Pujilah TUHAN , o uruk-uruk ras deleng-deleng, o kerina kayu si erbuah dingen kerangen kerina.

148:10 O rubia-rubia si melemuk ras si meliar, o rubia-rubia si njoler dingen perik-perik kerina!

148:11 Pujilah Ia, o raja-raja ras bangsa-bangsa, o sibiak raja bage pe penguasa si deban;

148:12 o anak perana singuda-nguda, o kam kerina orang tua ras anak-anak.

148:13 Berelah man kerina muji TUHAN ! Sabap gelarNa ganjangen kap asangken kerina gelar. KemulianNa ganjangen asa doni ras langit.

148:14 Ia si mere gegeh man bangsaNa, man bangsa Israel kekelengenNa. Erkiteken si e kerina bangsaNa muji Ia. Pujilah TUHAN !

 

 

Lead/Pembukaan

 

Syaloom ras mejuah juah kita kerina senina ras turang ibas gelar Tuhanta Yesus Kristus, Pernah kah kam pikirkan, bagaimana jadinya dunia ini kalau kam tidak pernah lahir ? Apakah ada masalah atau hal lain jika kam tidak pernah ada tercipta di dunia ini ? Jadi apa sebenarnya tujuan sang pencipta sehingga kam diciptakan/dilahirkan ke dunia ini ? 

 

Inilah yang menjadi pokok pemikiran / renungan yang ditawarkan gereja kepada kita di penghujung tahun 2020 ini.

 

Marilah kita lihat lebih jauh.

 

Fakta

 

1.     Masmur 148 mengajak segala sesuatu untuk memuji dan memuliakan Tuhan.  Yang dimaksud dengan segala sesuatu adalah semua hal yang ada di surga dan didunia, seluruh alam semesta untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

2.     Masmur 148 : 1-6 adalah ajakan untuk makhluk surgawai, dan benda denda langit beserta alasan memuji Tuhan, sedangkan Masmur 148 : 7-14 adalah mengajak semua dunia dan entitas yang lain untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

3.     Semua diajak untuk memuji Tuhan karena Tuhanlah yang menciptakan segala sesuatunya.  Jadi karena Tuhan sang pencipta, maka semua ciptaan  dipanggil untuk memuji TUHAN.


 

 Makna

1.     Menjadi jelas bahwa yang diajak untuk memuji TUHaN bukan hanya Bangsa Israel.  Sekalipun Bangsa Israel dikatakan bangsa pilihan, namun yang diminta dan diajak untuk memuji Tuhan bukan hanya mereka, melainkan semua bangsa, bahkan semua Makhluk Surgawi dan seluruh alam semesta ini.  Bangsa Israel menjadi Bangsa Pilihan untuk sebuah misi penjelasan bahwa semua bangsa yang lain pun adalah pilihan TUhan. karena Tuhan lah yang menjadikan semua yang Dia ciptakan untuk memuji dan memuliakan Dia. Kerina min muji TUHAN ! Sabap Ia si merentahkenca maka kerina e jadi.  

Paggilan terhadap Israel adalan panggilan terhadap semua Bangsa untuk memuliakan Tuhan. Memang Tuhan memperkenalkan diriNYA kepada semua manusia melalui Bangsa Israel.  Inilah makna Bangsa pilihan.  Isarel dikatakan Bangsa Pililihan karena Tuhan memilih semua manusia dan semua bangsa .  Keistimewaan Israel adalah keistimewaan semua manusia. 

 

2.     Apa arti memuji ? Memuji atau Praise mengandung makna mengekspresikan persetujuan, rasa senang dan kekaguman kepaa sesuatu.  Secara Biblical, Memuji mengandung makna :

sebagai ungkapan rasa syukur dan hormat kepada Tuhan, khususnya dalam sebuah lagu. Ada tiga kata Ibrani dalam Alkitab yang diterjemahkan sebagai pujian. Salah satunya adalah “yadah”, yang artinya “memuji atau mengucap syukur atau mengaku”

 

3.     Panggilan terhadap langit, matahari, bulan, dan bintang-bintang untuk memuji Tuhan menegaskan bahwa  mereka sendiri bukanlah tuhan (tidak seperti gagasan kebanyakan dunia kuno). Meskipun mulia dan menakjubkan, mereka semua adalah ciptaan Tuhan, yang telah Tuhan tetapkan dan yang batasannya telah Tuhan tetapkan (ayat 6). Mereka memuji Tuhan dengan melakukan apa yang Tuhan telah bentuk untuk mereka lakukan, memberi panas dan terang, menandai musim, menyediakan hujan, memberikan bagian mereka sendiri untuk kebaikan kosmos Tuhan sendiri (ayat 3-4). Dan seluruh benda benda mati diminta untuk memuji Tuhan (bagaimana mereka bias meuji Tuhan) bersama manusia yang punya suara dan hati untuk memuji Tuhan.   Jadi semua benda benda yang dimiliki manusia adalah juga hendaknya dipakai sebagai dorongan untuk memuji Tuhan.

 

4.     Panggilan terhadap semua makhluk bumi, dan fenomena alam yang baik, indah dan mengerikan, menakutkan serta  membahayakan pun memuji Tuhan,  adalah juga penegasan bahwa semua itu adalah ciptaan Tuhan. Termasuk binatang binatang berbahaya dan menakutkan pun semua adalah ciptaan Tuhan, yang diciptakan nya untuk membuat sebuah keseimbangan yang sangat menakjubkan.

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Ciptaan Tuhan itu memuji Tuhan.  Buktinya kam ciptaan TUhan, kam pe ikut memuji Tuhan.  Ikut mengucapkan rasa kagum, ucapan syukur ras membuat pengakuan. 

 

2.     Tidak ada alasan untuk tidak memuji TUhan.  Semua makhluk, semua benda, semua entitas, kerina sinasa lit, TIDAK mempunyai alasan untuk tidak memuji dan memuliakan nama Tuhan.  Ula daram daramindu  alasan gelahna la kam muji Tuhan, ija pe daramindu labo lit kai pe.  Selama kam masih berada di dalam ruang dan waktu, ketika kam suatu saat berada di suatu tempat yang tidak dipengaruhi ruang dan waktu pun, kam tidak punya alasan untuk tidak memuji TUHAN.

2.     Langit dan doni,atau rumput yang bergoyang adalah saksi untuk memuji TUHAN.  Apapun yang terjadi di dalam seluruh tempat, yang baik, yang setengah baik, yang  kurang baik, yang tidak baik makanya semuanya harus dipakai untuk memuji dan memuliakan TUHAN.  Maka pujilah Tuhan  dimasa Covid 19 ini,  karena ada atau tidak ada COVID 19, TUHAN tetap berkuasa jadi Pujilah TUhan.  PUJILAH TUHAN untuk seluruh kejadian dan pengalaman apapun yang kam alami.

 

3.     Jika ada panggilan untuk memuji TUHAN, melalui sinyal, melalui info yan apapun juga, ketika gagal atau berhasil, ketika duka ataupun suka, ketika diawal atau diakhir tahun, tetaplah PUJI TUHAN. PUJI LAH TUHAN, selagi kam masih di dunia ini , dan ketika kam pun terpilih ke Surga, maka disanapun kam tetap dipanggil untuk memuji dan Memulikan Tuhan.

 

 Respon (Perenungan lebih dalam )

 

1.      Seberapa besar dorongan yang kam rasakan untuk memuji Tuhan selama ini? 

2.      Apakah sebuah keistimewaan atau sebaliknya jika tidak ada niat untuk memuji Tuhan dalam dirindu ?

3.      Apa yang akan kam lakukan untuk memperbesar semangatndu  memuji Tuhan ?

 


Power Statement

JIka kam punya rasa kagum akan orang atau bunga, pemandangan dan atau apa saja dalam kehidupan ini, segeralah ekspresikan rasa kagum dan syukurndu itu dalam pujian.

Lagu Pujian, bukanlah untuk mengkritik tapi memberikan apresiasi dan rasa kagum serta rasa syukur. Pujilah Tuhan, semesta Alam

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023