Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ, 2 – 8 Agustus 2020. Nilai Spiritual Menghormati Orang Tua

Imamat 19 : 1-3; 32

Thema : Mehamat Man Sienggo Metua  

(Hut Saitun 15 Agustus pe 29 ken)

 

Imamat 19 : 1-3

19:1     Ikataken TUHAN man Musa,

19:2     gelah ipesehna man perpulungen kalak Israel bagenda, "Badia lah kam, erkiteken Aku, TUHAN Dibatandu badia kap.

19:3     Kerina kam arus mehamat man nande ras bapandu, janah arus nginget wari Sabat, bagi si enggo Kuperentahken. Aku kap TUHAN Dibatandu.

19:32   Mehamat lah man kalak si enggo metua, janah pehaga lah Aku. Aku kap TUHAN .

 

FAKTA

1.            Secara khusus Tuhan memanggil Musa, untuk menyampaikan sebuah pesan yang amat penting kepada Bangsa PilihanNYA.  Sebelum masuk ke Inti pesanNYA, Tuhan Allah menegaskan, “Badia lah kam sebab Aku Tuhan Dibata ndu Badia kap”

 

2.            Setelah mengingatkan syarat/harapan kebadian itu Tuhan Allah menegaskan inti pesanNYA kepada Musa : “Kerina Kam harus mehamat man nande ras bapandu”,  Clear, jelas tegas tidak perlu tafsir Perintah Tuhan ini.

 

3.            Setelah itu pada ayat 32 Tuhan Allah memperlebar perintahNYA, supaya semua orang harus menghormati orang yang sudah tua.  Dan Tuhan menegaskan bahwa menghormati Orang yang sudah tua, adalah cara untuk menghormati Tuhan Allah sendiri.  Perintah ini disampaikan Allah demi diriNYA.



ARTI

1.     Perintah Tuhan untuk menghormati orang tua, dan menghormati semua orang yang sudah tua, adalah perintah yang sangat penting, dan ditegaskan Tuhan kepada Musa, dengan sangat khusus, dengan sangat spesifik. Jadi perintah ini harus lah dipahami dan dijalankan dengan tidak ada penolakan apapun. Jalankan dengan sepenuh hati

 

2.     Sebelumnya Tuhan memperingati UmatNYA melalui Musa supaya Badia.  Artinya dibutuhkan kebadian, kesucian untuk bisa dan mampu menghormati orang tua.  Dengan kata lain, harus ada kerendahan hati, harus ada pemahaman spiritual supaya dapat menghormati orang tua, artinya tidak perlu mencari alasan logis untuk membenarkan diri supaya tidak menghormati orang tua.  Orang tua tidak mungkin salah, orang tua tidak mungkin lalai didalam mengasihi anak anakNYA.  Nilai penghormatan anak kepada orang tuanya, bukan lagi hanya nilai hubungan antar manusia, hubungan biologi, hubungan psikologi.  Tapi dalam menghormati orang tua seorang anak harus memperlakukan orang tuanya sebagai representasi Tuhan di dalam hidupnya.  Woooow saya pun dicerahkan dan merasa dicerdaskan

 

3.     Pada titik selanjutnya, karena ada dasar spiritualitasnya yang sangat sangat mendalam dan teologis, maka semua orang tua itu sama kedudukannya untuk dihormati dan disayangi.  Penghormatan seorang anak/muda kepada orang tua tidak lagi karena hubungan darah atau  hubungan kemanusiaan, tapi hubungan teologis, atau spiritualitas. Artinya semua orang tua harus dihormati dalam derajat yang sama, dengan demikian siapapun orang tua itu, diperintahkan Tuhan untuk kita hormati dan sayangi.  Marilah kita ciptakan system sehingga orang muda bisa menghormati orang tua. Tidak lagi hanya karena hubungan biologis.  Krina orang tuanta e sihamati ras sikelengi labo perban kade kade nta.

 

PENGKENAINA

1.     Mari sihamati ras sikelengi orang tuanta, tapi adi lanai lit orang tuanta, menghormati orang yang sudah tua sama nilainya dengan menghormati orang tua sendiri.

2.     Adi nggit kita nampati orang tuanta tah pe orang orang tua (sideban) berarti kita sudah mengambil peran Tuhan, di dalam mengasihi mereka.  Tuhan berfirman bahwa sampai memutih rambutmu Aku akan menggendong kamu, Tuhan mengharapkan tangan kita menggenapi janji Tuhan itu.   Asal sisampati ras sihamati kalak sienggo  metua, berarti Tuhan mengijinkan kita untuk menggantikan diriNYA.  Woow Puji Tuhan. Haleluya.

3.    Yapos adalah sebuah system yang lahir dari rahim pemikiran gerejanta, sehingga ada orang tua yang siap menerima pertolongan kita.  Jadi lit na Yapos e mbereken kesempatan man kita kerina untuk menggenapi Janji Tuhan. Mari simaksimalkan. Puji TUhan.

 

Bujur melala ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023