Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Khotbah Minggu 16 Agustus 2020

 Minggu Ke X Setelah Trinitatis : Ngendesken Diri Man Tuhan


Warna Stola Meratah

 

Invocatio

Turiken man anak-anakndu kerina si jadi enda, maka iturikenna ka kempak anak-anakna, anak-anakna nurikenca ka kempak kesusuren si arah pudi. Joel 1:3

Ogen

Keluaren 19 : 9 – 13       

Khotbah

Perbahanen 9 : 32 -35     

Thema

Ngedesken Diri Man Tuhan              

 

Khotbah :  Perbahenen 9 : 32 – 35  

 

 

9:32 Melala kuta-kuta isiari Petrus. Sekali jadi ngincuah ia ndahi ajar-ajar Tuhan si ringan i Lida.

 

9:33 I je jumpa ia ras sekalak dilaki gelarna Eneas. Eneas e lumpuh, janah enggo waluh tahun dekahna ia ampar i bas ingan medem.

 

9:34 Nina Petrus man bana, "O Eneas, Jesus Kristus pepalem kam, kekekenlah janah gulung amakndu." E maka minter keke Eneas.

 

9:35 Kerina kalak si ringan i Lida ras i Saron ngidah ia, e maka kerina kalak e ngendesken dirina man Tuhan

 

 

Pembukaan/Lead

 

Syaloom selamat minggu ban banta kerina Nanda Bapa Turang Senina ibas kekelengen Tuhan  ta Yesus Kristus.

 

Selamat hari minggu setelah trinitatis ke X kepada kita semua,  Minggu minggu Trinitatis mengajak kita untuk memahami dan mengenal Tuhan yang menyatakan kasihNYA kepada kita.  Trinitatis adalah paham atau pegertian yang kita bangun untuk mengenal TUHAN ALLAH yang menyatakan kasihNYA kepada kita manusia.

Pada Minggu Trinitatis  kita difokuskan untuk mengenal siapakah ALLAH secara lengkap, dan kita pahami Tuhan sebagai ALLAH  BAPA, ALLAH ANAK, ALLAH ROH KUDUS.

 

Minggu Kenca Trinitatis adalah minggu kita memahami KUASA, KASIH SAYANG dan Seluruh perbuatan ALLAH yang dilakukanNYA di dalam YESUS  KRISTUS dan ROH KUDUS.

 

KHorbah kita hari ini adalah berkaitan dengan salah satu KASIH TUHAN TRINITATIS itu.  Mari kita ikuti selanjutnya.



 

Fakta

 

 

1.     Rasul Petrus rajin  berkunjung/blusukan melihat semua murid murid Tuhan yang ada di sekitar kota Lida 

 

2.     Saat menyiari dan mengunjungi kampung kampung banyak info yang dia lihat, dengar, dan rasakan.  Dia menemui Seorang laki laki yang bernama Eneas.  Eneas adalah seorang yang lumpuh, dan sudah 8 tahun hanya bisa berbaring di tempat tidur.

 

3.     Petrus mendekati Eneas, lalu berkata “ O Eneas, Jesus Kristus Mpepalem Kam, kekekenlah gulung amakndu” Eneas langsung sembuh pada saat itu, dan bangun dari tempat tidurnya.

 

4.     Semua penduduk Lida dan Saron. Yang melihat  kisah ini segera percaya dan menyerahkan diri mereka kepada Tuhan.   

 

Makna

 

1.     Menjadi Rasul itu perlu kasih sayang dan kerajinan sekaligus.  Petrus menunjukkan hal tersebut, dia rajin berkeliling ke kantong kantong jemaat, dan ketika melihat Eneas dia langsung iba.  Begitulah sifat semua orang yang sudah menerima dan bersatu dengan Tuhan, penuh kasih sayang dan dan punya karakter Rajin.

 

2.     Ketika melihat Eneas, Petrus lalu berseru “ O Eneas, Jesus Kristus menyembuhkan kamu, Jesus Kristus mpepalem kam”,  bangunlah dan lipat selimutmu .  Eneas mengikuti apa yang diserukan Petrus, dan dia sembuh.  Mengapa Eneas Sembuh, ketika Petrus berkata “Jesus Kristus menyembuhkan kamu.  Apakah semua orang bias berkata kepada seperti Petrus, ketika melihat seorang yang butuh kesembuhan?

 

      Ide siapakah yang dipakai Petrus saat berkata O Eneas, Jesus Kristus menyembuhkan kamu, ide Petrus atau Ide Jesus Kristus.    Menurut pemahaman saya, bukan Ide Petrus, tapi Ide Jesus Kristus.

 

      Tapi pertanyaannya,  bagaimana Petrus menjalankan Ide Kristus, padahal Jesus Kristus tidak bersama Petrus pada saat itu ? Tentu ada beberapa yang bias dijelaskan dengan pemahama Teologis yang cukup mendalam.

 

      Jawaban ringkas nya, PETRUS TERHUBUNG DENGAN TUHAN YESUS.  Rasul Rasul terhubung dengan Tuhan Yesus

 

3.     Penduduk Lida dan Sharon yang melihat Petrus ini segera menyerahkan dirinya kepada Tuhan , banyak orang yang menyerahkan dirinya kepada Tuhan.  Berjumpa dengan Petrus, yang penuh dengan kasih sayang dan yang terhubung dengan Tuhan Yesus, ibarat berjumpa dengan Tuhan Yesus.  Pertua,  Diaken, Pendeta dan seluruh serayan Tuhan bahkan semua jemaat pun  hendaknya bisa meniru Petrus,  dimana orang merasa bertemu Tuhan Yesus saat bertemu dengannya. Ini bias terjadi kalau serayan Tuhan bias terhubung dengan Tuhan Yesus.   Terhubung denga Tuhan Yesus aka terjadi jika seseorang menyerahkan diriNYA secara total kepada Tuhan Yesus (Ngendesken dirina man Tuhan)

 

 

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Tuhan selalu bersedia menyembuhkan setiap umatNYA.  Dan Tuhan tidak pernah terlalu  jauh dari umatNya yang membutuhkan pertolongan dariNYA.

 

2.     Untuk bisa menjadi perpanjangan tangan Tuhan Yesus, Dia membutuhkan

serayan atau seluruh jemaat yang terhubug dengan dengan diriNYA.  Syarat seseorang supaya terhubung dengan Tuhan Yesus adalah kebersediaan ngendesken (menyerahkan diri secara Total ) kepada Tuhan.

 

3.     Serayaan Tuhan jika terhubung dengan Tuhan Yesus setiap saat, akan memunculkan Kasih Sayang Tuhan di dalam diriNya sehingga, semua orang ingin bertemu dengan nya.

 

4.     Serayan yang benar benar terhubung dengan Tuhan Yesus, akan rajin mengunjungi jemaat jemaat Tuhan, terutama jemaat yang membutuhkan pertolongan dan kasih sayang.



 

 Respon (Perenungan lebih dalam )

 

1.     Apakah kam yakin, bahwa Tuhan Yesus sangat mengasihi kam, dan tahu dimana kam berada, dipelosok manapun kam?

 

2.     Sudah kah kam penuh kasih sayang dan Rajin mengunjungi jemaatndu?

 

3.     Bisakah kah kam menjelaskan seberapa besar Kuasa Tuhan Yesus itu ?

 

4.     Terdorong kah kam mempunyai karakter dan kesucian sehingga setiap orang yang bertemu dengan kam merasa kan sudah bertemu dengan Tuhan Yesus ?

 

Power Statement

 

Kasih Sayang belum sempurna jika belum dipadukan dengan kerajinan.  Namun saat Kasih Sayang Kristus dipadukan dengan kerajinan dalam diri seorang serayan atau jemaat, maka dia akan selalu rajin mengunjugi saudara saudar yang sudah atau belum dikenalnya, namun Tuhan mengenal semua umatNYA.  

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023