Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

CATATAN TAMBAHAN KHOTBAH MINGGU 09 AGUSTUS 2020.

LITURGIS

Minggu IX Kenca Trinitatis / Kuasa Dibata Menang Nandangi Kuasa Kegelapan 

WARNA STOLA

Mbentar 

INVOCATIO

Perbahanen Rasul- rasul 10 ; 36 

OGEN

1 Samuel 16 : 14 – 23 

KHOTBAH

 Markus 5 : 1 – 10 

TEMA

‟Jesus  Mpelawes Setan / Jesus Mengusir Setan" 






5:1       




5 : 1     Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa.

5:2       Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.

 5:3     Orang itu diam di sana dan tidak ada seorang pun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai,

5:4       karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkannya.

5:5       Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu.

5:6       Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya,

5:7       dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!"

5:8       Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!"

5:9       Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: "Siapa namamu?" Jawabnya: "Namaku Legion, karena kami banyak."

5:10     Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu.

 

LEAD

 

Syaloom senina ras turang ibas TUhanta Yesus Kristus. 

 

Lit dua penungkunenku,  apai kam sipernah ikut mpelawes setan ibas sekalak si kerasukan nari ?

Penungkunen sipeduaken, alu kuasa kai nge kam mpelawes roh jahat/setan e ibas sekalak si seluken /kerasukan e nari ?

 

Em situhunakal thema khotbah ta ibas minggu sekalenda.  Mari dage sinen terdauhen.

 

FAKTA


1.      Seketika setelah turun dari Perahu Tuhan Yesus didatangi oleh seseorang yang kerasukan setan yang sangat kuat.  Setan dalam dirinya sanggup mematahkan rantai dan belenggu yang dipakai mengikat dia. Oleh karena itu penduduk dan orang sekitar tidak mampu lagi mengikat dia, yang selalu berdiam di daerha pekuburan sekitar itu.

 

2.      Dari jauh dia melihat Yesus dan berlari mendekati Yesus, dan berteriak dengan keras menyatakan ketakutannya kepada Yesus Kristus Tuhan. “ "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!"

 

 

3.      Yesus sudah berkata “ hai Roh jahat keluar dari orang ini”, dan Ketika Yesus berkata siapa namamu, dia menjawab “Legion”, artinya Roh jahat dalam diri orang itu banyak, Dan Dia Takut kepada Yesus Tuhan.

 

 

MAKNA

 

1.      Roh jahat mengenal dan takut kepada Yesus.  Nama Yesus sampai saat ini sangat ditakuti oleh roh jahat/setan/iblis.  Filipi 2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi

 

2.      Yesus Kristus Sanggup mengusir roh jahat yang merasuki siapapun dan sebanyak apapun roh jahat itu ada dalam diri seseorang.  Yesus mengusir Roh Jahat, supaya tidak menyiksa orang yang kerasukan roh jahat itu.  Tuhan Yesus mengasihi orang yang kerasukan roh jahat/setan dan Yesus mau menyembuhkan dia dari kerasukan roh jahat.  

 

3.      Roh Jahat itu dalam ketakutannya berkata “Jangan Siksa aku  Berarti roh jahat itu, tahu bahwa dia akan disiksa Tuhan Yesus suatu saat nati.  Semua perbuatan yang didorong oleh Roh jahat, pasti akan mendapat siksaan dari Tuhan Yesus Kristus

 

TARGET / PENGKENAINA

 

1.      Tuhan Yesus berkuasa atas apapun dan semua yang ada didunia ini.  Roh roh jahat yang berkuasa di dunia pun berada dibawah Tuhan Yesus.  Roh roh jahat/begu/setan/kuntilanak atau  apapun tidak perlu ditakuti kalau kita Bersama dengan Tuhan Yesus.

 

2.      Namun kita perlu metenget, karena roh roh  jahat tidak hanya sendirian saja Ketika merasuki orang yang bisa dirasuki, sehingga nampaknya dia kuat.  Tuhan Yesus pernah berkata kepada muridNYA, bahwa perlua doa puasa melawan roh jahat yang kuat dan licik/penipu.

 

3.      Kuasa untuk mengusir Roh jahat diberikan Tuhan Yesus kepada murid muridNya kepada semua yang percaya kepadaNYA ( Markus 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka)

 

REFLEKSI

 

·         Pernah kam mbiar man roh jahat?  Ula mbiar, sebab ia nge mbiar man Tuhan Yesus, bagepe man kerina kalak si tek man Tuhan Yesus.

 

·         Pernah kam kerasukan roh jahat ?  Bersekutulah terus menerus ras Tuhan Yesus, ikuti PJJ, PA, gelah la nai lit dalan roh jahat masuk ku dirindu.

 

POWER STATEMENT

 

Lanai lit kai pe kebiaren man kalak sitik man Tuhan Yesus, sebab ibas gelar TUHAN YESUS bertekuk lutut kerina kuasa kuasa si lit bas doni enda. Rembaklah dingen teklah kita kerina man Tuhan Yesus. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023