Minggu
Eksaudi à Begikenmin O
Jahwe
|
Bage me pe Kesah Dibata reh nampati kita, kita si kote enda. Sabap la
sieteh kuga arusna kita ertoto; Kesah e me ertoto kerna kita man Dibata alu
kelsehen si la terbelasken Roma 8:26
|
Ogen
|
Daniel
3 : 21-29 (tunggal)
|
Khotbah
|
Masmur 27 : 7-10 (Antiponal)
|
Thema
|
Begiken Dingen Aloi Aku
|
Masmur 27 : 7 - 10
27:7 O TUHAN , begiken min
tupung aku erlebuh man baNdu, mekuah min ateNdu dingen aloi min aku!
27:8 NiNdu, "Mari
sembah Aku." Ningku, "Minter aku reh, TUHAN ."
27:9 Ola Kam cebuni man
bangku, ola Kam nembeh man bangku aku suruh-suruhenNdu, ola min aku
ipelawesNdu. Sabap Kam kap penampatku, ola tadingken aku. O Dibata, Kam kap si
ngkeliniku.
27:10 Aminna pe itadingken
nande ras bapangku aku tapi TUHAN tetap si pekena-kena aku
1.
Pembukaan/Lead
Syaloom
mejuah juah kita kerina Nande Bapa Turang ras senina ibas kekelengen Tuhanta
Yesus Kristus.
Ise
kita hobby rende? Kuakap kerina kita hobby
rende.
Kai
kin dasarna kita rende, ras kai ka tujuanna kita rende ibas geluhta mari si siksiki
terdauhen.
Tapi bage gia, mari lebe sirenungkan
kata kata salah sada lagu si paling sering iiendeken i Taize Prancis.
Laudate omnes gentes, laudate dominum
(Pujian semua bangsa, Memuji Tuhan)
2.
Fakta
1.
Sebuah Masmur yang sangat indah dan sangat
kuat landasan teologis psikologisnya.
Mengangkat perjuangan dan kemenangan manusia dalam lingkup psikologis
dan teologis.
2.
Nas ayat 7-10 terungkap karena situasi yang
disampaikan pada ayat 6 ( Genduari menang
aku naluken imbang-imbang i sekelewetku; e maka alu surak-surak si meriah
kupersembahken persembahen pengataken bujur i bas RumahNa. Jenari rende aku
muji TUHAN ).
3.
Ada hubungan yang sangat dekat dan mesra namun
penuh kehormatan antara si pemasmur dengan Tuhan Yang disembah.
4.
Bahkan si Pemasmur mengangkat pujiannya
disampaikan karena Tuhan sendiri yang meminta, “NiNdu, "Mari sembah Aku." Ningku,
"Minter aku reh, TUHAN ."
5.
Pada ayat 9 pemasmur menyampaikan seolah ia sejajar dengan Tuhan yang dia
sembah itu, bahkan ada kata kata yag menggambarkan sifat kekanak kanakan, ola
kam cebuni. Anak anak punya bentuk perimanan “inang inang buni” ... Persahabatan
dalam dili orang dewasa tidak ada cebuni, yang ada terus terang.
6.
Pada ayat 9 juga terdapat sebuah pengakuan
yang amat jujur sekaligus penghrapan “Dibata kap Singklini aku”
7.
Tuhan menjadi substitusi orang tua yang
meninggalkan anakNYA. Tuhan memelihara
setiap anak anak yag lahir kedunia ini, bahkan berlaku juga sebaliknya setiap
anak anak mempunyai rejeki dan mendapat berkat daari Tuhan sekalipun orang tua
tidak / kurang mampu memenuhi seluruh kepeluan anak,
Bandingkan Masmur 27 :10
3.
Makna.
1. Pujian
adalah imbalan yang diberikan manusia kepada Tuhan atas pemenuhan
janjiNYA kepada manusia itu. Oleh sebab
itu orang yang sering memuji adalah orang yang sering merasakan kepenuhan Janji
Tuhan. Orang yang terbiasa atau punya
karakter memuji Tuhan adalah orang yang senantiasa atau setiap saat hidupnya
diberkati dan dipelihara Tuhan .
2. Tuhan itu
Maha Agung dan maha Suci sehingga manusia tidak mungkin mampu mendekat
kepadaNYA, sebab segala sesuatu yang kurang suci jika mendekat ke yang suci
pasti hancur lebur berantakan dan sirna sebelum sampai kepada TUHAN, BAPA Yang
maha suci. Oleh sebab itu,Tuhan menghadirkan
diriNYA dalam bentuk manusia supaya bias berkomunikasi langsung denganNYA. Pujian adalah syarat atau bahasa yang dipakai
saat berkomunikasi dengan TUhan dalam nama Yesus kristus Tuhan kita.
3. Pribadi yang
menyadari bahwa diriNYA sefrekwensi atau segambar dengan Tuhan Yesus adalah
pribadi yang selalu memuji. Memuji
adalah mengangkat dan mempuisikan semua kebaikan dan keagungan Tuhan.
4. Semua anak
anak berasal dari Tuhan, orang tua adalah perantara yang dipakai Tuhan untuk
menghadirkan manusia di dunia. Oleh sebab itu kehidupan semua manusia,
kebutuhan hidup semua manusia didunia ini disediakan oleh Tuhan. Orang tua adalah wakil Tuhan untuk
memungkinkan manusia hadir di dunia ini.
Tanpa orang tua tidak ada manusia yang bias lahir dan hidup di dunia. Akan tetapi seandainya pun orang tua secara
ekonomis tidak mampu mencari biaya untuk anaknya, Tuhan pasti sediakan.
5. Pujian
ibarat GPS yang menjelaskan posisi.
Pujian pun mejelaskan posisi seseorang yang sedang member pengakuan dan
ucapan syukurnya kepada Tuhan .
4.
Target.
(Pemahaman baru yang harus dimengerti
jemaat Setelah mendegar Khotbah )
·
Pujian
kepadaTuah tidak hanya dari mulut orang orang yang bersuara merdu, namun Pujian
dating dari hati yang merespon kebaikan TUhan.
·
Anak anak
perlu diajarkan optimis dan berani memasang mimpi/dream/visi setinggi mungkin
untuk diraih. Biaya yang dibutuhkan oleh
semua orang yang bercita cita tinggi dan baik sudah disediakan Tuhan
·
BIasakan lah
memuji, bahkan memuji dulu baru memohon adalah kualitas super orang orang yang
beriman teguh kepada Tuhan. Hati yang
gembira adalah obat, dan hati yang bersykur adalah rejeki.
5.
Respon
·
Ciptakan
suasanan sehingga semua jemaat melakukan perenungan dan menyadari semua
kebaikan Tuhan dalam hidupnya, lalu merespon secara aktif dengan menaikkan
pujian.
·
Anda dan
saya serta kita semua, akan menjadi wakil Tuhan atau perpanjangan tangan Tuhan
saat kita member kepada seseorang yang membutuhkan pertolongan atau bantuan.
Segerlah ikut mendaftar paduan suara untuk memuji muji Tuhan.
6.
Power
Statement (penutup)
Pujian
adalah respon tertinggi manusia kepada Tuhan atas seluruh kebaikan dan kasih
sayangnYa,
Maka orang orang berkualitas tinggi selalu memujilah kepadaNYA
Komentar