Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Khotbah Minggu 30 Juni 2019 : Seberapa Rajin Kah Kam ?



Minggu :

Invocatio
Kenca bage, itamaken TUHAN Dibata manusia ndai i Peken Eden, guna ngusahai ras njagaisa. Kejadian 2:15
Ogen
Yohanes 5 : 14-17
Khotbah
Kuan Kuanen  10 : 4-5
Thema
Rulih adi mejingkat (Berhasil Kalau Rajin )

Khotbah :  Kuan Kuanen 10 : 4-5

10:4 Kalak malas jadi musil kap, tapi kalak mejingkat, kebayaken jadi ulihna.

10:5 Kalak pentar rani kap i bas paksana, tapi man kemelanken adi lit si tunduh tupung paksa peranin

 Pembukaan/Lead

Salom ras mejuah juah kita kerina nande bapa turang ras senina ibas kekelengen Tuhanta Yesus Kristus..  Pernah kang kam terfikir Negara kai nge i doni enda si malasna kal ras Negara kai ka si rajinnna kal ?

Bas tahun 2018 si lewat WHO Badan kesehatan Dunia erbahan sada survey untuk menentuken Negara kai nge si rajinna ras Negara kai kange si malasna bas doni enda?

Emaka ibahanna me sada criteria  bagi siarah teruh enda

WHO menetapkan parameter, orang yang aktif secara fisik didefinisikan sebagai orang-orang yang melakukan kurang lebih 75 menit aktivitas fisik berat setiap minggu, atau 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu, atau kombinasi dari keduanya tiap pekan. Jadi orang-orang yang melakukan aktivitas fisik di bawah itu dikategorikan sebagai orang yang kurang melakukan aktivitas fisik.

75 Menit aktifitas fisik keras + 150 menit aktifitas fisik sedang setiap minggu berarti rajin.

Kurang dari angka tersebut termasuk kategori kurang bergerak atau malas

Hasilna Kuwait termasuk Negara paling malas
Uganda termasuk Negara paling rajin.

Uga ka Indonesia ras uga ka kita kerina?

Lit nge 225 Menit aktivitas fisik ta per minggu?

Khotbah ta sekalenda berkaitan ras kerajinan erdahin.  Mari sinen terdauhen...


Indonesia termasuk negara paling rajin no 53 di Dunia

Fakta

1.     Kitab  Kuan kuanen dipercaya sebagai hasil karya Raja Salomo anak Daud, yang ditulisnya untuk tujuan memberikan pegajaran yang benar tentang praktek hidup dan bekerja.

2.     Iajarkenna kalak maka nggeluh pentar, bujur, adil dingen benar. Bagepe iajarkenna kalak si langa erpengalamen gelah cerdik, kalak si nguda gelah pantas dingen pentar.

3.     Pengajaren enda banci nambahi pemeteh kalak pentar, janah kalak si enggo meganjang sekolahna pe banci erlajar i jenari.

4.     Alu bage banci mbages isipatina erti si terbuni i bas pengajaren enda janah ietehna njabap persoalen-persoalen si ibereken kalak pentar.

5.     Guna ndatken pemeteh, si pemenana si la banci la lit i bas kalak e me mehamat dingen erkemalangen man TUHAN . Kalak lenge la nggit mperdiateken kepentaren dingen la ia nggit erlajar.

6.     Kalak Malas ( reaktif) akan menjadi miskin, sebaliknya kalak mejingkat (proaktif) akan menjadi kaya.

7.     Orang yang bijak (pentar) akan memanen pas pada waktunya. 

8.     Orang yang selalu malas malasan terutama pada waktu panen akan mendatangkan malu kepada dirinya sendiri.


Keceriaan wanita Karo bekerja di tegah Ladang 


Makna

1.     Manusia pun bisa dibagi dalam dua hal tentang bekerja.  Ada hardware dan ada soft ware.  Software adalah kemampuan kognitif, konsep, teori, wawasan dan sumber kebijakan dalam melakun pekerjaan.  Hardware adalah fisik yang berkaitan dengan kerajinan, kecepatan dan ketelitian kerja.  Sejatinya Software dan Hardware sejalan dan sinergis dalam bekerja.

2.     Hardware perlu ditingkatkan dengan praktek bekerja, sedangkan software atau kemampunan kognitif ditingkatkan dengan belajar dan mendengar nasihat dari para senior dan guru serta orang tua.

3.     Kebijaksanaan atau kepentaren adalh sumber dari kerajinan dan kualitas bekerja.  Sebaliknya orang malas dan tidak menghargai kesempatan disebabkan kurangnya wawasan dan wisdom dalam bekerja.

4.     Orang bijak pun tetap perlu belajar dan menyimak, orang yang berpengertian pun tetap masih perlu menambah wawasan sehingga adil dalam memberi pertimbangan. Tidak ada satu orang pun yang sudah cukup mengerti tentang kehidupan  dan pekerjaan dengan seluruh fakta dan permasalahannya. Selalu ada ruang untuk melakukan pembelajaran.

5.     Sumber pembelajaran terbaik dan sumber dari segala ilmu pengetahuan, teknologi dan kebijakan adalah TAKUT KEPADA TUHAN.

6.     Takut kepada Tuhan didahului oleh pengertian, pemahaman, pengenalan, kepercayaan  dan kerendah hatian kepada Tuhan.

7.     Belajar tidak mengenal umur dan tempat untuk berhenti.  Belajar adalah proses  berkelanjutan.  Belajar adalah Hidup itu sendiri.


Perbapan Karo menghabiskan waktunya lebih banyak di Kede Kopi 


Target.

1.     Kerajinan ibas erdahin harus dilaksanakan dan dipraktekkan setiap orang sebab hal itu adalah perentah Tuhan .  Orang Kristen harus lah rajin ibas erdahin, cerdas dan pentar.   Untuk mempertahankan kerajinan,  kognitif kita harus bersedia menerima nasehat ibas senior senior nari ataupun dari orang orang yang lebih cerdas dan lebih berpengalaman.

2.     Tuhan ngena kal atena kalak si rajin, kalak sibujur, kalak si nggit erlajar mentransformasikan diri dari waktu ke waktu, sampai rahasia rahasia yang rersembunyipun bisa terbuka semua.  Bahkan sumber kerajinan ras semangat erdahin situhuna tuhuna kal pe reh na ibas Tuhan nari.]

3.     Kemiskinan ternyata bukan berasal dari nasib tah pe pengindo.  Kemiskinan berasal dari kemalasan dan pemilihan timing si kurang pas.  Kalak rani, ia medem  pastilah si medem e ermiskinna.   Oleh sebab itu tantangan kehidupan kita adalah bagaiman mempertahankan kerajinan dan kejjuran dalam semangat tinggi dalam bekerja.


Masyarakat Sumut Termasuk Yang Tidak Berbahagia


Respon


·       Mari masing masing kita melakukan evaluasi diri.  Saya ini termasuk orang rajin kah atau cenderung malas dalam bekerja?

·        Apakah saya dalam bekerja melakukan juga perubahan/transpormasi/revolusi mental dan karate  dalam cara dan konsep kerja yang saya lakukan?

·         Dimanakah Tuhan saya letakkan saat saya mencari  rejeki dalam hidup ini?   Apakah saya sudah melakukan praktek bahwa saya takut dan percaya kepada Tuhan ?

 Power Statement

Manusia akan dikenang denga warisan pekerjaan yang dia tinggalkan.  Maka marilah kita bekerja dengan sungguh sunguh dan takut kepada Tuhan.  Amin ras mejuah juah kita kerina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023