Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Ini Tambahan 6 Orang Lagi Bukti Keberhasilan Dan Kehebatan Kalak Karo

Benar benar luar biasa prestasi prestasi Para Profesional Suku Karo.  Saya mendapat info tambahan lagi tentang prestasi spektakuler putra putri Merga Silima.  Pada tulisan sebelumnya sudah saya tuliskan  11 orang, ternyata dari komentar dan usulan teman teman masih ada yang lain.  Lalu saya searching di Mbah Google dan akhirnya ketemu lah satu persatu. 

Berikut ini saya tambahkan  informasi tentang mereka, ada tambahan 6 orang lagi.

No 6. Jhoni Ginting SH. Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Propinsi Sumatra Selatan ini sekarang dipercaya menjadi  Deputi III Hukum dan HAM, pada Kementerian Koordinator Politik, HUkum dan  Hak Azasi Manusia.  Orangnya sangat ramah dan bersahabat serta seorang pembelajar yang cepat.  Berbadan tegap dan mempunyai  pandangan mata yang sangat tajam, sehingga semua orang mudah dibawah pengaruhnya. Saat ini Pak Ginting bahu membahu bekerja mengkoordinasikan Keamanan Negara, HUkum dan Hak Azasi Manusia bersama Menko Luhut Panjaitan.



No 5. Ir Meliadi Sembiring MSc. Lulusan Fakultas Perikanan IPB ini dipercaya sebagai Deputi Bidang Pengawasan  Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.  Berpenampilan dan berpembawaan sangat sederhana dan terkontrol serta wajah yang selalu tersenyum.  Beberapa kali dipercaya untuk mewakili Negara dalam pertemuan pertemuan Internasional.  Beliau merupakan lulusan SMA Negeri 1 Kabanjahe, dan menjadi salah seroang anggota alumni SMA yang terkenal dengan sebutan teruh buluh. Arumba.



No 4. Dr Ir Hasil Sembiring MSc.  Direktur Jenderal Tanaman Pangan ini mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dan krusial di Republik Indonesia, karena beliaulah orang yang paling bertanggunga jawab untuk memastikan pertanian dan ketersediaan pangan di Republik Indonesia.  Untuk memastikan keberhasilan atau Swasembada Pangan, maka pada tahun 2016 ini dialokasikan dana yang besar untuk dikelola direktorat yang dia pimpin.  Dari sekotar Rp 32 Triliun Anggaran Kementerian Pertanian, maka Pak Sembiring dipercaya dan diberi tanggung jawab untuk mengelola anggaran sebesar Rp 7,7 Triliun Rupiah.  Beliau juga merupakan Alumni Institut Pertanian Bogor,



No 3. Ir Arya SInulingga.  Siapa yang tidak kenal  Sinulingga mergana yang satu ini?  Mempunyai panggilan  akrab sebagai Bang Arya.  Seorang yang sangat  kaya ide ide, dan banyak hal yang sudah dilahirkan dari gagasan beliau, antara lain Rumah Belajar Keluarga Besar Karo  ITB.  Lulusan ITB ini sekarang  menjabat sebagai Deputy CEO iNewsTV, Direktur MNC Investama, Editor in Chief MNC Group, News Director & Corporate Secretary GlobalTV, Komisaris Utama Sindo Weekly dan Direktur MCI. Sebagai salah seorang Direktur atau Top Management, beliau ikut bertanggung jawab menjalan bisnis yang total assetnya lebih kurang  Rp 14,2 Triliun.  Woooow



No 2. Dr Ir Alexander  Barus MSc.  Salah seorang Putra Terbaik Karo yang mempunyai Ethos Kerja yang sangat tinggi.  Sifatnya terkenal pendiam, namun jika dia berbicara maka yang keluar dari mulutnya adalah buah buah pemikiran yang sangat bernas.  Saat ini Pak Barus dipercaya sebagai Orang Nomor satu  atau CEO Kawasan Industri Morowali  (IMIP) di Sulawesi Tengah.  SEbuah Kawasan Industri yang berada di luar Pulau Jawa, yang mendapat investasi lebih kurang Rp 78 Triliun.  Sebelumnya pernah menjabat  sebagai Direktur Kimia Dasar pada Kementerian Perindustrian.  Pernah juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HKMI) dan juga merupakan seorang alumni SMA Negeri 1 Kabanjahe. Anggota Arumba ka nge ia nake….



No 1. Daniel Purba.  Namanya berkali kali disorot dan diperbincangkan secara Nasional, mengingat tanggung jawab yang diberikan Negara kepadanya sangat besar dan krusial.  Daniel Purba saat menjabat sebagai Senior Vice President, Integrated Suply Chain Pertamina.  Seluruh pembelian bahan bakar dari luar negeri yang dikelola Pertamina untuk dikonsumsi di dalam negeri merupakan tanggung jawab utama, Purba Mergana  anak Kacaribu enda.  Orangnya sangat cerdas, penampilan sederhana, namun sangat taat kepada Tuhan dan  lahir dari Ibu Beru Tarigan.  Lulusan ITB ini saat ini dipercaya untuk mengelola pembelian ratusan juta barrel  bahan bakar dengan anggaran sekitar  27 Milyard Dollar se tahunnya.  Kalau dirupiahkan angkanya sekitar Rp 351 Triliun se tahun.  Kalau dua tahun dia menjabat, maka angka itu akan menjadi Rp 700 an Triliun.  Luar biasa besarnya ya… Bagem belin na tanggung jawab ndai nake.



Coba lihat wajah wajah mereka? Langsung siinget mis biwa, terung jepang, markisa, wortel, rimau rsd, yang merupakan makanan masa kecil mereka. hahahha.  Adi nderbi lit bulung gadung, tasak telu, cipera ras pagit pagit, sekalenda nurung kerah, ras tangas tangas.  Tau kam tangas tangas? Hahahaha, itu warga tadukan yang dimasak bersama sama...ada ikan, ada serangga, ada serpu serpu, ada cih campur bulung gadung, sere dan santan....wah wah lanai terbayangken sodap na nake.....lupa kita mergata pe... hahahahaha. 

Banggalah kita, hampir semua bidang kehidupan bernegara di Indonesia ada Putra Putri Karo disana.  Mulai dari bidang keamanan sampai pangan, bidang perkebunan dan perbankan,  bidang komunikasi Penyiaran sampai Kawasan Industri, Pendidikan dan Pemerintahan ada semua, kerina lit.

Ini juga semacam gambaran dan informasi bahwa potensi kecerdasan Kita Kalak Karo ada di semua bidang.  Jadi jangan lagi lah kita merasa kecil, jangan lagi kita merasa rendah diri atau inferior menghadapi suku apapun atau bangsa apapun di dunia ini.  Raih prestasi setinggi tingginya, namun rendah hati lah sedalam dalamnya.  Tetap bersahaja, serta kuatkan iman.

Sudah hampir 20 orang putra putri terbaik kita  yang tanggung jawabnya jika dirupiahkan sudah hampir Rp 1000 Triliun pertahun nya.  Wooowww…aku sendiri pe la ku sangka bahwa tanggung jawab orang Karo yang penduduknya hanya lebih kurang 1 juta jiwa, sudah lebih setengah  dari Total Nilai APBN kita yang besarnya sekitar Rp 1900 Triliun.  Mari kita kalkulasikan, tanggung jawab Massa Manik Rp 600 T, Daniel Purba Rp 350 T, Alexander Barus Rp 78 T , Edimon Ginting, Arya Sinulingga,  Mahar Atanta, dan yang lain nya sudah lebih Rp 1000 Triliun  kan?


Kalau menurut saya, keunggulan Suku Karo muncul  karena mereka mempunyai keberanian, mempunyai ethos kerja, mempunyai, karakter yang kuat, mempunyai Iman kepada Tuhan serta satu lagi yang paling utama adalah hormat kepada orang tuanya.  Sangap kal Nande Bapa arah prestasi anak anakna, sangap kal kita mempunyai Filosopi Kegeluhen yang sangat luar biasa Merga Silima, Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh. Terpujilah Tuhanta.  Mejuah juah kita kerina. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023