Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ 3 – 9 April 2022. Kematian Awal Keabadian.

 

 1 Korinti 15 : 51 – 57

Thema : Kemenangan Arah Kristus

 

1 Korinti 15 : 51 – 57

15:51   Perdiatekenlah, kuturiken sada rahasia man bandu: labo pagi kerina kita mate, tapi kerina pagi kita iobah.

15:52   I bas sada detik, i bas singkemirep mata, asum terbegi sora terompet si perpudina. Sabap asum ersora terompet e, kalak si enggo mate ipekeke i bas tempas si la ermasap-masap, janah i bas paksa si e iobah me kita.

15:53   Sabap si ermasap-masap janah si banci mate arus makeken si la ermasap-masap ras si la banci mate.

15:54   Dage kenca si ermasap-masap dingen si banci mate e enggo makeken si la banci ermasap-masap dingen si la banci mate, maka seh me si tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Kematen enggo itelen, kemenangen enggo seh."

15:55 "O kematen, i ja kemenangenndu? O kematen, i ja bisandu?"

15:56   Bisa kematen e me dosa, janah dosa ergegeh erkiteken Undang-undang.

15:57   Tapi bujur ninta man Dibata si mereken kemenangen man banta arah Tuhanta Jesus Kristus

Fakta

1.         Rahasia kegeluhen iajarken Rasul Paulus man perpulungen I Korinti, bahwa labo pagi kerina kalak mate, tapi kerina pagi iobah.

2.         Nina Paulus, ibas sada detik, ibas singkemirep mata sanga terbegi sora terompet si perpudina, kalak si enggo mate ipekeke ibas tempas si la ermasap masap janah ibas paksa e iobah me kita. 

3.         Itambahi Paulus penjelasanna nina, kenca si la ermasap masap e ipakeken ku si ermasap masap, maka enggo genep kai si tersurat ibas Pustaka Si Badia. Kematen enggo itelen, kemenangan enggo seh .

4.         Kemenangan e reh na ibas Jesus Kristus nari emaka patut kal kita ngataken bujur man Tuhan.

Sumber photo : https://www.youtube.com/watch?v=BCpXoPm_Cdc

Makna  

1.         Ada batas kehidupan di dunia.  Tapi Kasih Tuhan kepada manusia tidak terbatas.  Oleh sebab itu supaya Kasih Tuhan itu bisa dijalankan dan dirasakan manusia selamanya, maka manusia itu harus dipindahkan dari tempat yang terbatas ke tempat yang tidak terbatas.  Tubuh manusia adalah tempat yang terbatas usianya, oleh sebab itu manusia itu harus diubah sehingga memiliki tubuh yang tidak terbatas.  Kematian adalah proses merubah keterbatasan tubuh manusia.  Tapi kata Paulus,  tidak semua nantinya manusia mengalami kematian, tapi semua manusia akan mengalami perubahan.  Luar biasa penjelasan Paulus.

2.         Batas dunia adalah saat terdengat bunyi sangkakala (terompet) yang terakhir.  Seketika pada saat terompet itu berbunyi pada detik yang sama semua manusia yang sudah mati dibangkitkan dan bersama dengan  yang masih hidup akan diubah.  Kita manusia kata Paulus dibangkitkan kedalam bentuk yang kekal. , (Roh tidak berbentuk, sedangkan daging/kula mempunyai bentuk  jadi pada saat itu yang dibangkitkan adalah daging ke dalam bentuk yang kekal abadi) dan yang masih hidup juga akan diubah sedemikian cepat sehingga mempunyai tubuh yang kekal (la ermasap masap)

3.         Peristiwa ini memang sulit dipahami namun ini sudah tertulis dalam Kitab Suci  (Kitab Suci pasti akan digenapi, dan pasa saat itulah Kitab Suci akan digenapi, demi kemuliaan Tuhan dan demi Kasih Setia Tuhan kepada manusia.)

4.         Apa jaminan bahwa kam dan aku pasti dibangkitkan atau diubah sehingga memiliki tubuh baru yang kekal ? Jaminannya ada Yesus Krstus Tuhan.  Tuhan Yesus adalah jaminan bahwa semua manusia yang percaya kepadaNYA dan yang mendapat anugerahNYA pasti akan diubah (baik dari kematian dan kehidupan) dan dipakekan kepadaNYA tubuh baru seperti Tubuh Kristus setelah kematianNYA. Puji Tuhan.  Tidak ada penjelasan, tidak ada informasi, tidak ada pemahaman bahwa  seseorang bisa hidup dalam kekekalan tanpa Yesus Kristus yang mengijinkannya dan memberikan tubuh baru kepadanya.  Jadi benarlah ayat yang mengatakan bahwa “Tidak ada Jalan untuk sampai kepada BAPA (dan hidup yang kekal) tanpa melalui Yesus Kristus.  Tuhan Yesus adalah kemenanganku. Amin saudara ?

Pengkenaina

·            Kematian adalah bukti terhadap kehidupan di dunia.  Dan Kehidupan dunia adalah ujian terhadap kehidupan yang kekal.  Jadi hidup didunia perlu memahami arti dan makna kematian, supaya mampu mengarahkan iman dan percaya kepada Tuhan Yesus saja.  Kematian tanpa mengenal  dan tanpa percaya kepada Tuhan Yesus, adalah kematian yang tidak ada harapan dan akan berakhir di api neraka, sedangkan kematian dengan mengenal dan percaya kepada Yesus Kristus adalah saat yang sangat menakjubkan dan awal dari kemenangan dan sukacita abadi.  Tidak perlu menakuti kematian, tapi perlu mengisi kehidupan dengan percaya dan beriman serta mengikut Tuhan Yesus saja.

·            Segala penderitaan dalam hidup adalah sebuah sukacita yang sangat besar jika memahami janji Tuhan Yesus.  Bahwa DIA lah yang akan memberi kebangkitan dan merubah tubuh kita menjadi tubuh yang abadi.  Siapa yang kehilangan nyawa oleh karena beriman kepada Yesus, maka dia akan memperoleh nyawa yang kekal.  Namun siapa yang demi mempertahankan nyawanya melupakan dan meninggalkan Tuhan Yesus akan kehilangan nyawanya selamanya.  Tidak kehidupan kekal,  yang ada neraka dan penyiksaan yang kekal bagi setiap orang yang menyangkal Tuhan Yesus. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Unknown mengatakan…
bujur melala bang, sangat bermanfaat menambah referensi dalam nuriken penggejapen di PJJ
Analgin Ginting mengatakan…
Bujur pe man bandu. Semoga banci bermanfaat demi kemuliaan Tuhanta Yesus Kristus. Amin.

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023