Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ GBKP 27 Juni – 4 Juli 2021.

 ERBUDAYA RAS ERKINITEKEN

Perb. Rasul-Rasul 17:22-23

(Orat Geluh Selaku Anggota GBKP)

Teks  : Perbahanen Rasul Rasul 17 : 22 -23     

17:22        Tedis Paulus i lebe-lebe sidang Areopagus jenari nina, "O kalak Aten! Enggo kuidah maka kam kalak tutus tuhu-tuhu i bas agama.

17:23        Sabap asum aku erdalan-dalan i kutandu enda, janah asum aku ngenennen inganndu ersembah man dibata, kuidah sada ingan persembahen si lit tulisenna, 'Man Dibata Si La Itandai'. Dage Dibata si isembahndu, si la itandaindu e, e me ateku ku petandaken man bandu genduari.

Fakta

1.          Paulus berani dan mengapresiasi(memuji) masyarakat Aten (Athena Yunani saat sekarang ini) pada sidang di Areopagus.  Apresiasi Paulus dengan mengatakan (fakta) bahwa masyarakat Aten serius (tutus) menjalankan agama.  Sebab Paulus melhat sendiri mesbah mesbah persembahan orang Aten ini.

2.          Paulus melihat sebuah kenyataan yang menarik hatinya, saat di tempat tempat persembahan itu dia membaca tulisan “Man Dibata Si La Itandai” (Kepada Allah Yang Tidak Dikenal)

3.          Tulisan ini “ Kepada Allah Yang Tidak Dikenal” dijadikan  Paulus “pintu masuk” untuk berbicara mengenai budaya dengan pengajaran Yesus Kristus saat dia mengatakan (dage Dibata si isembahndu, si la itandaindu e, e me ateku ku petandaken man bandu genduari)


GBKP Rgn Jogja. Sumber photo :https://www.krjogja.com/ 

Makna.                                                

1.          Dari ayat ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa di dalam budaya awal /asli masyrakat Aten ada bagian untuk menyembah dibata (tuhan), menyembah sesuatu yang transenden.  Menyembah sebuah entitas yang lebih tinggi dari manusia di  bumi.  Dan kemungkinan besar dan sejauh yang saya tahu pun bahwa dalam setiap budaya ada keyakinan dan ritual untuk menyembah "dibata".  Dan kebanyakan dibata yang disembah adalah dibata yang sulit dijelaskan secara lebih lengkap.  Lebih banyak unsur tidak dikenal nya atau la itandai .  Termasuk dalam budaya Karo, ada dibata yang sering juga disebut nini. Diyakini ada dibata dalam kerja tahun, dalam mengket rumah, dalam prosesi kematian, dalam adat perjabun.  Tapi dibata dalam budaya Karo  juga tidak dikenal, dan sulit dijelaskan.  Karena sang dibata itu tidak pernah memperkenalkan dirinya kepada manusia Karo.  

2.          Dalam pandangan Paulus, bahwa dibata si la itandai e  adalah peluang atau pintu masuk untuk menjelaskan Dibata Siitandai, Dibata yang memperkenalkan diriNYA kepada manusia .  Dibata yang pada awalnya Firman, dan Firman itu sudah menjadi manusia untuk menyatu dengan manusia demi menyelamatkan manusia itu.  Alkitab adalah penjelasan mengenai Allah yang dikenal.  Jadi Alkitab adalah pelengkap dari budaya, budaya manapun yang ada di dunia  ini, termasuk budaya karo.  Alkitab adalah penyempurna Budaya Karo, sebab Alkitab akan menjelaskan tentang Dibata siitandai.

3.          Budaya selanjutnya melahirkan pola prilaku atau pola berinteraksi masyarakatnya. Dalam budaya Karo ada Rakut Si Telu  ; Kalimbubu, Senina dan Anak Beru.  Dengan prinsip prilaku nya mehamat erkalimbubu, metenget ersenina dan metami man anak beru. Inilah yang sehari hari dijalankan oleh Orang Karo terutama dalam acara acara adat, dan kehidupan sehari sehari.  Apakah ini sudah lengkap dan sempurna ?   Mari coba kita uji apakah ini sudah lengkap dan sempurna dengan mencoba mengajukan pertanyaan "Mengapa Kita harus mehamat erkalimbubu "? Mengapa kita harus metenget ersenina, dan mengaka kita harus metami er-anak beru ? Mungkin jawabannya, kita perlu mehamat erkalimbubu, supaya kita pun disayangi kalimbubu kita.  Kita perlu metenget ersenina, supaya diapun selalu merasa senasib sepenanggungan dengan kita, kita perlu metami man anak beru supaya diapun hormat kepada kita dan jika ada kerja kerja kita dia mau terlibat dan bertanggung jawab sampai selesai dan tuntas. Apakah hanya ini jawaban tertingginya, tentang Rakut Si Telu itu ?  Kalau hanya ini jawabannya berarti budaya karo hanya mengajarkan tentang hidup di dunia. Tidak ada unsur transenden nya.    Pada kenyataannnya tidak begitu . 

        Kita mehamat ku Kalimbubu gelah kita dat pasu pasu.  Dat Pasu pasu ? Koq bisa hormat kepada manusia kita dat pasu pasu bas Dibata nari ? Bagaimana logikanya ? bagaimana penjelasannya. Eh ternyata tidak bisa dijawab.  Kenapa tidak bisa dijawab, karena dibata si la itandai e labo pernah jelaskenna bage.  Jadi apa dasarnya kita dat pasu pasu ibas dibata sila itandai nari e ?

        Justru yang menjelaskan nya adalah Dibata Kalak Kristen,  saat Dia mengatakan misalnya (ku pasu pasu kalak simasu masu kam, ku sumpahi kalak sinumpahi kam).  Atau Dibata Yesus Kristus singatakensa Kelengilah temanndu manusia bagi kam ngekelengi dirindu jine.  Ini kan masuk juga dalam rakut sitelu tadi.  Kesimpulan : Rakut Sitelu Sempurna pendalanken kita adi lit ije ajaran Dibata siitandai arah Tuhan Yesus Kristus.   

  Pengkenaina

·            Selaku kalak Karo maka sidalanken orat nggeluh kalak Karo, rakut sitelu.  Tapi orat nggeluh Rakut Si Telu langa lengkap adi langa ipersada ras Kata Dibata, Dibata sitandai kita arah Anakna Yesus Kristus. Budaya Karo harus sejalan ataupun diterangi/disempurnakan oleh Injil. 

·            Dalanken lah adat istiadat/budaya kalak karo e raduken pedah Dibata, gelah alu bage ersempurnana  pendalanken kita.  Orat nggeluh kalak Karo, budaya e ijelasi ras iterangi kekelengen Tuhanta Yesus.

·            Mehamat man kalimbubu, sebab Tuhan Yesus pe ngatakan hamatilah nande ras bapandu.  Metenget ersenina sebab Tuhan Yesus pe ngataken kelengilah seninandu,  metami man anak beru, sebab Tuhan Yesus sendiri pe metamikal man ajar ajarna.   Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023