Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

Catatan Tambahan PA Moria 04 - 10 Oktober 2020. Berteman Untuk Memuliakan Tuhan Yesus

Bahan Penelaahan  : Kuankanen 17 : 17 & 18 : 28

Tema. :  Teman sepenggejapen

Tujuan : Gelah Moria

1.   Meteh erti teman sepenggejapen ibas ncidahken kekelengen

2.   Terteki jadi ingan nuri nuri

Metoda :  simulasi

17 : 17 Teman tetap encidahken atena keleng, kai gunana sekalak senina adi labo ikut i   bas nggejapken kiniseran?

18 : 24 Lit teman si la setia, lit ka teman meriah deheren asangken ersenina.

 

Fakta

1.    Inilah salah satu informasi atau pengajaran tentang makna teman yang paling hakiki karena tertulis dalam/sebagai  Firman Tuhan .  Seorang teman tetap menunjukkan kasih sayangnya (atena keleng), terkadang saudara sendiri pun tidak ikut merasakan (empati) dengan kita. Jelas  sekali Bahasa nya yang ditulis dalam dua kalimat yang saling berlawanan.

2.     Pada ayat yang lain dikatakan juga kebalikannya, bahwa ada juga teman yang tidak setia dan mendatangkan kecelakaan

3.     Namun dijelaskan pula ada sahabat yang jauh lebih dekat dengan saudara sendiri.



Arti Dan Makna.

1.     Teman atau pertemanan lebih baik dipahami dalam konteks yang dinamis, personal dan tidak dapat digeneralisasikan bahwa semua sama.

2.     Ada teman yang sangat dekat dengan kita, selalu merasakan apa yang kita rasakan,selalu mengerti dan memahami keterbatasan dan masalah kita, namun ada juga teman yang tidak setia bahkan mendatangkan kerugian atau kecelakaaan. Disisi yang lain ada teman yang melebihi saudara namun ada juga saudara yang bersikap tidak mau tahu dengan kita sendiri.

3.     Jadilah teman yang setia yang mau selalu memahami dan mengerti keberadaan orang lain.  Yesus Kristus adalah sosok yang paling ideal dalam berteman.  Beberapa nama yang tertulis sebagai teman Yesus Kristus adalah Maria, Marta dan Lazarus saudara mereka. Ketika Yesus berkunjung, Maria mendekat dan mendengarkan Yesus secara empatik dan Marta menyajikan makanan yang mereka butuhkan.  Suatu saat, Yesus Kristus membangkitkan Lazarus yang sudah meninggal.  Mereka adalah teman sejati.



Pengkenaina.

1.     Pertemanan itu tidak datang dengan sendirinya, teman dibangun dalam jangka waktu yang lama, dalam  interaksi yang positif, saling empati, saling mendengarkan dan saling memberi masukan.  Dalam bahasa modern dikatakan pertemanan muncul karena chemistry, atau kecocokan dengan seseorang

2.     Basis atau dasar dari semua pertemanan itu adalah Kasih Sayang, atau kasih sayang yang diterapkan kepada orang lain.  MUncul nya teman adalah hasil dari apa yang kita tanam dalam diri seseorang. Menanam kebaikan akan menuai kebaikan. Awal dari pertemanan adalah ketika seseorang mau mendengarkan dan memahami seseorang. Jadilah pendengar yang baik.

3.     Selaku Moria yang bercermin kepada Tuhan Yesus, maka Moria harus lah bisa menjadi teman dalam kualitas yang paling tinggi.  Teman yang sangat dipercaya, teman yang mampu berempati, atau teman si sada penggejapen  .  Kedewasaan iman dan karakter seorang moria terlihat melalui  seberapa mampu dia menciptakan teman sepenggejapen dengan moria yang lain atau pun dengan kade kade/saudaranya sendiri.  Berikhtiar lah supaya kam kerina Moria menjadi teman yang dipercaya, yang mampu nggejapken perasan temanndu sehingga terlihat dan termulialah Yesus Kristus dari pertemanan ndu. Amin.

 

Terima kasih dan mejuah juah kita kerina . TUhan simasu masu kita kerina.

Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023