Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 4 .

Gambar
  Thema : Ertoto Guna Kalak si Mpeturah Kiniseran Nas : Matius 5 : 43 – 48  Nas Renungen   " Nggo pe ietehndu kerna ajaren enda, 'Kelengilah temanndu, janah elem-elemlah man imbang-imbangndu. ' Tapi genduari Kukataken man bandu: Kelengilah imbang-imbangndu, janah ertotolah man Dibata kerna kalak si erbahanca kam ngenanami kiniseran. Alu bage kam nggo jadi anak-anak Dibata. Sabap labo saja man kalak si mehuli ibereken Dibata MatawariNa, tapi pe man kalak si jahat. Bage pe labo saja man kalak si bujur ibereken Dibata udan, tapi pe man kalak si la bujur. Sabap adi si ngkelengi kam saja ngenca ikelengindu, man kade Dibata mbalas perbahanenndu e? La kin kalak si muat cuke pe bage ka nge perbahanenna? Janah kai kin lainna kam ras kalak si deban adi ras temanndu saja ngenca kam siperkuanen? Kalak si la nandai Tuhan pe bage nge perbahanenna. Emaka kam arus serta bagi Dibatandu pe serta." Fakta dan Makna  1. Tapi genduari Kukataken man bandu: Kelengilah imbang-imbangndu, jan

MENGHITUNG PELUANG CALON BUPATI KARO BERDASARKAN NAMANYA

 PENGANTAR

Pada tahun 2015 menjelang Pilkada Karo saya membuat sebuah tulisan tentang hubungan nama dengan peluang menang menjadi Bupati KabupatenKaroSetelah menganalisa    sampailah saya kepada kesimpulan bahwa dua nama terbaik dari  makna dan keindahannya adalah Terkelin dan Heben Heser.   Siapa yang akhirnya terpilih kita semua tahu.

Kisah sukses itu mendorong saya  untuk menulis kembali sebuah artikel yang isinya  menghubungkan nama dengan  peluang terpilihnya 5 calon bupati karo pada Pilkada 2020.  Sebagaimana kita ketahui 5 calon bupati  itu adalah Brigjen Purn Jusua Ginting, Cuaca Bangun, Iwan Depari, Yus Felesky Br Surbakti , Cory Br Sebayang .  Inilah nama nama kelima kandidat Bupati Karo periode 2020 sampai  2024

Saya membatasi hanya menganalisa nama nama calon bupati nya saja. Namun, tolong jangan ditangapi dengan terlalu serius, karena pisau analisa yang saya buat bukan lah analisa akademis yang scientific, unsur subjektifnya pun cukup dominan lah, hahahha. Karena tujuannya pun sekedar hiburan untuk menyenangkan hati saja, tanpa bermaksud  mengecilkan calon calon bupati dan seluruh simpatisannya.  Seandainya dengan analisa yang  saya buat anda merasa tertarik, dan selanjutnya  memilih nya, dan dia menang maka  itu adalah hak azasi anda  tanpa bisa digugat oleh pihak manapun.

Nama di satu sisi tetap lah seperti apa yang dikatakan William Shakespeare, “apalah arti sebuah nama”.  Namun disisi yang lain, khusus nya dalam tradisi orang Karo, ada istilah “mberat sa akapna gelarna”, menunjuk kepada ketidak- tepatan nama dengan tabiat atau kesehatan seseorang. Artinya nama punya makna sangat besar.  Nah marilah kita bahas satu persatu.

Jusua Ginting.  Jusua bukan Josua adalah sebuah nama yang sangat ringkas. Namun mengapa diganti menjadi Jusua, sehingga seolah olah keluar dari makna aslinya. Josua adalah tokoh alkitab yang sangat terkenal, karena Josua lah yang meneruskan kepemimpinan Musa untuk membawa Bangsa Israel memasuki Tanah Perjanjian. Ada dua ciri Josua yang sangat saya kagumi, yaitu pemberani dan punya komitmen yang sangat tinggi.  Adi aku ras isi jabuku, tetap kami nembah man Tuhan Dibata, adalah ungkapan Josua dalam kitab Josua yang paling sering dikutip.



Di kalangan orang Karo nama Josua sangat terkenal dan banyak orang tua memberikan nama Josua untuk anaknya.  Tapi sekali lagi, Josua bukan Jusua.   Jusua barangkali ada beberapa nama orang , namun yan paling terkenal adalah kandidat bupati ini yang merupakan senina kami arah merga Ginting si babana.

Cuaca Bangun.  Dari sisi keringkasan nya maka nama Cuaca pun cukup simpel.  Cuaca adalah istilah diberikan kepada keadaan suhu, terang gelap, hujan, angin, suatu wilayah atau region. Cuaca adalah keadaan yang sangat dinamis, bisa berubah setiap saat. Sangat popular, dan tidak ada orang yang tidak tahu apa makna cuaca, karena sejak sejak sekolah dasar (SD) pun sudah diajarkan.  Menurut saya kreatifitas orang tua Bangun merganalah sumber nya sehingga kepada anaknya diberikan nama Cuaca.

Memberikan nama Cuaca kepada anak adalah lumrah dikalangan Orang Karo, seperti juga nama saya Analgin.  Namun dalam perkiraanku tidak banyak nama Cuaca, sama seperti tidak banyak nama Analgin, (mungkin saya satu satunya), Hahahahahhha.  Mungkin tidak ada nama Cuaca Tarigan, Cuaca Ginting, Cuaca Sembiring atau Cuaca Karo karo. Unik dan makna serta artinya tidak konsisten, tapi dinamis dan selalu berubah ubah.

Iwan Depari . Lebih ringkas lagi, nama Iwan hanya 4 huruf, jadi lebih ringkas lagi Jusua dan Cuaca yang 5 huruf.  Apa arti  Iwan ?  Saya kutip langsung dari Wikipedia Indonesia, Sebuah iwan (Bahasa Persia: ایوان eyvānbahasa Arabإيوان‎ Iwan, juga dilafalkan ivanadalah sebuah ruangan atau area berbentuk persegi empat, biasanya memiliki kubah, dengan tiga dinding, di mana satu sisinya sama sekali terbuka. Secara resmi, pintu masuk sebuah iwan disebut pishtag, sebuah istilah Bahasa Persia yang berarti gapura. Di situs  namamia.com dituliskan  seperti in : Orang yang namanya Iwan membela kebenaran dan sangat berani. Ia elegan sekaligus penuh gaya.

Di kalangan orang Karo nama Iwan sangat popular, banyak sekali orang Karo bernama Iwan.  Saya punya teman masa kecil namanya Iwan Ginting dan Iwan Sembiring. Ada Iwan Tarigan , ada Iwan Perangin angina, bahkan Iwan Karo Karo adalah seorang mantan Pemain PSMS yang sangat terkenal.  Artinya, nama Iwan itu Karo banget lah, gaess. Hahahahha.

Yus Felesky Surbakti. Menurut saya ini nama yang sangat modern dan pasti menimbulkan kebanggaan kepada penyandangnya.  Namun kalau hanya mendengar namanya saja, mungkin orang tidak langsung tahu apa jenis kelamin orangnya. Saya pun kebingungan pada awalnya. Apa makna Yus Felesky ? Menurut situs namamia.com Nama Yus ini melambangkan kemandirian dan kebebasan. Orang yang namanya Yus adalah pengusaha yang berani dan tidak takut mengambil risiko..

Bagaimana pengenalan orang Karo kepada nama Yus atau Yus Felesky ? saya kira sangat jarang orang memakai nama Yus, apalagi digabung dengan Felesky.  Paling banyak orang karo memberi nama anak perempuannya Yustina atau Justina, dan inilah yang disingkat menjadi Yus dan Jus

Cory Sebayang. Cory hanya 4 huruf, sama ringkas nya dengan Iwan.  Gampang disebutkan dan kesannya international. Cory khas diberikan sebagai nama perempuan, dan merupakan nama depan.  Calon bupati kita ini pun punya nama lengkap Cory Sriwaty Sebayang.  Apa arti Cory ?  Menurut situs namamia.com, artinya Memahami ironi dalam situasi. terbuka pada kesempatan. lembut, baik, pekerja keras. memerlukan banyak kebebasan.

Nama Cory dikalangan orang Karo umumnya diberikan kepada anak perempuan yang ada di Kota. Sedangkan bagi yang tinggal di desa, nama ini belum terlalu popular. Di Kabupaten Karo saya kira dikalangan orang tua nama ini cukup popular, karena memang pada periode 2015-2020 beliau adalah wakil bupati, dengan seluruh catatan prestasi dan prilakunya.



NAMA YANG PALING BERPELUANG

Nama bagi orang Karo mengandung makna yang sangat unik dan saklar.  Ada filosofi dan keyakinan sekaligus harapan pada orang tua saat dia memberikan nama kepada anaknya. (https://www.kompasiana.com/alginting.blogspot.com/5500be87a333115373511c66/mengapa-nama-nama-orang-karo-unik-dan-lucu ) Maka demikian juga lah dengan kelima nama kandidat bupati Karo periode 2020 -2025 ini.  Ada harapan akan perubahan Karo terhadap bupati yang terpilih nantinya.

Nama juga mengandung seluruh sifat, karakter dan keadaan/citra  diri   orang yang menyandangnya.  Maka berdasarkan itu, saya memilih bahwa nama yang paling berpeluang untuk memenangkan pemilihan Bupati Karo 9 Desember 2020, seperti saya uraikan berikut ini.

Iwan Depari. Menurut saya ini lah nama yang paling berpeluang untuk memenangkan Pilkada Nanti. Karena nama ini sangat ringkas, dan menunjukkan karakter berani, jujur namun penuh pesona.  Penampilan Iwan Depari juga kelihatan selama ini sangat terbuka dan jujur, bisa bergaul dengan siapa saja, terutama bisa merangkul generasi millennial dengan hobby bernyanyinya. Satu lagi nama Iwan sangat dikenal dikalangan Orang Karo baik di kota maupun di desa.

Yang kedua menurut saya adalah Cory Sebayang. Nama ini juga sangat ringkas dan enak saat disebutkan.  Dari sisi pengalaman memerintah tentu saja tidak diragukan, karena memang dia wakil bupati.  Memang ada juga yang berpendapat bahwa selama 5 tahun jadi wakil bupati tidak terlihat prestasi kerjanya. Namun dari makna namanya dia adaah seorang lembut, baik hati dan pekerja keras. 

Yang ketiga menurut saya adalah Cuaca Bangun. Namanya ringkas, gampang disebut dan semua orang memahami apa makna cuaca. Cuaca adalah pekerja yang sukses, penampilan ganteng dan murah senyum.  Dan satu lagi, Cuaca adalah petahana calon bupati. Karena periode sebelumnya yaitu tahun 2015 pun dia sudah menjadi calon bupati dari Independen/perseorangan juga. Tentu jaringannya sudah sangat luas dan orang mengenal namanya secara luas.

Yang keempat adalah Jusua Ginting.  Jujur saya berkata saya agak sulit menentukan siapa yang keempat dan kelima.  Karena dua nama terakhir ini memang muncul kepermukaan baru beberapa bulan belakangan. Namun karena pertimbangan sedikit lebih subjektif saya menempatkan Jusua Ginting sebagai urutan keempat.  Jusua bukan Josua memang baru dikenal belakangan.  Dan kehadiran beliau sebagai calon bupati mempunyai kisah yang cukup unik yang bisa menjadi topik diskusi khusus. Pernah terdengar sebagai bakal calon wakil bupati bersama Cory Sebayang, lalu keluar dan mencalonkan diri melalui Partai PDIP sebagai bupati, dan akhirnya maju melalui koalisi partai Nasdem, Hanura dan PKPI.

Yang kelima adalah Yus Felesky Surbakti. Arti namanya sangat bagus, mandiri berani mengambil risiko dan penuh kebebasan. Namun namanya baru muncul saat pendaftaran ke KPUD Karo, berhubung karena Ayahanda yang semula calon, Karo Jambi, sudah dipanggil Tuhan.  Gerak cepatnya mengatasi duka, dan focus untuk meneruskan visi mis ayahanda lah yang membuat dia akhirnya bisa memenuhi segala persyaratan dan terpilih menjadi Calon Bupati Karo pilkada 2020.

 PENUTUP

Ini hanya sekedar analisa yang sifat huburannya lebih tinggi.  Yang paling penting siapapun nanti yang terpilih jadi Bupati Karo itu lah pilihan yang terbaik.  Harapan kita ada 2 hal. hindari money politic dan kalau terpilih, pastikan perubahan untuk Kabupaten Karo. Bujur ras mejuah juah kita kerina.



Note : Tulisan sudah dimuat di Majalah Katantaras Edisi Nopember 2020. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023