Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

Catatan Khotbah Minggu 13 September 2020. PERMATA AWAL MASA TUA PENUH MAKNA


Minggu Ke XIV Setelah Trinitatis : Minggu Permata

 Warna Stola Meratah

 

Invocatio

Empat tahun kenca si e ia mulai ngeruntuhken ingan-ingan ersembah man berhala-berhala, gana-gana Dewi Asera bage pe kerina gana-gana si deban.

                   2 Kronika 34 : 3b

Ogen

Mazmur 119 : 9 - 16       

Khotbah

2 Timotius 2 : 1 - 5     

Thema

Jadllah Laskar Kristus Si Tutus               

 

Khotbah :  2 Timotius 2 : 1 - 5  

 

 

2:1   Tapi kam, o anakku, lias ate Dibatalah mpegegehi kam, si enggo jadi sikerajangenta erkiteken persadanta ras Kristus Jesus.

 

2:2   Kai si enggo ibegindu i bas aku nari i lebe-lebe nterem saksi, endeskenlah man kalak si ertanggung jabab, si ngasup ngajarkenca ka man kalak si deban.

 

2:3   Ikutlah kam i bas ngenanami kiniseran jadi laskar Kristus Jesus si tutus.

 

2:4   Sekalak laskar si sangana ertugas la icampurina urusen kegeluhen si deban gelah ngena ate komendanna.

 

2:5   Sekalak si ikut i bas perlumban labo banci menang adi la kin patuh nandangi peraturen-peraturen si lit i bas perlumban e.

 

Pembukaan/Lead

 

Syaloom Selamat Ulang Tahun Kepada Permata di seluruh GBKP di seluruh dunia, dimana pun kam berada saat ini.

 

Di minggu permata ini, saya teringat dengan statement DR Yuni Br Ginting, Permata Karawaci yang mengatakan, “kita permata harus malu kepada diri kita, kalau kita tidak berprestasi.  

 

Nah Paulus dalam surat penggembalaannya kepada Anak Muda Timotius bahkan juga berkata seperti itu. Mari kita simak lebih lanjut…

 

 

Fakta

 

 

1.     Rasul Paulus mempunyai cara dan metoda komunikasi yang sangat personal  dengan Timotius  Sangat baik, sangat apresiatif namun tetap tegas persuasif

 

2.     Paulus meminta kepada Timotius untuk merangkum semua pengajaran yang telah disampaikan Paulus kepadanya, dan selanjutnya disampaikan pula kepada orang orang yang bertanggung jawab, supaya disampaikannya pula kepada orang lain.

 

3.     Dengan sangat tegas namun penuh kerendahan hati Paulus meminta kepada Timotius untuk bersedia menjadi Laskar Kristus seperti Paulus.  Lalu Paulus menjelaskan apa rtinya menjadi Laskar Kristus

 

4.     Seorang Laskar Kristus yang sedang ikut  bertugas tidak mencampuri urusannya dengan urusan kehidupan yang lain. Dia Fokus dan patuh terhadap semua peraturan, supaya menang di dalam perlombaan ini.

 Makna

 

1.     Timotius adalah orang muda yang paling beruntung didalam hidupnya karena dia bertemu dengan Paulus seorang mentor, coach atau pelatih yang paling mumpuni . Paulus melatih Timotius dengan sempurna, tidak sekali mengajar langsung selesai, tapi tetap berkomunikasi dengan sangat baik.


2.     Sebagai Coach, Mentor dan Pelatih, Paulus dengan cermat mengamati kematangan dan kedewasaan Timotius, dan tiba saatnya pada perikop Paulus meminta Timotius menjadi Laskar Kristus.


3.     Laskar Kristus lebih tepatnya menjadi Laskar Kristus dijelaskan Paulus dengan sangat tepat.  Laskar Kristus adalah orang yang mengedepankan pemberitaan tentang Kristus dengan penuh disiplin, tidak khawatir akan hidup, dan menjadikan hidup sebagai perlombaan yang harus diikuti dengan focus, berenergi dan optimis/  Permata GBKP diminta menjadi Laskar Kristus.

 

 


 

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Tuhan Yesus meminta kepada semua orang muda/permata agar mampu memaknai kemudaannya. Tuhan Yesus meminta Permata GBKP supaya memaksimalkan pengajaran yang dia dapatkan.


2.     Masa muda adalah masa pembelajaran, dan masa memilih bidang kehidupan/ memutuskan lomba apa yang akan dia ikuti selanjutnya didalam seluruh hidupnya.


3.     Dalam perlombaan kehidupan nantinya, pemenangnya adalah dia yang focus utuk menang, tidak direpoti hal hal lain, serta sanggup mematuhi semua peraturan dan kriteria perlombaan.  Pemenang adalah dia yang mempunyai SPIRIT Of Excellence, seperti Daud, Daniel, Paulus, Timotius, John Calvin , Dietrich Bonhoeffer , dll. Permata Cengkareng dan Permata di seluruh dunia, harus jadi pemenang, jadi Laskar Kristus.

 

 Respon (Perenungan lebih dalam )

 

1.     Sudah benar kah kam mengisi masa mudandu selama ini?

 

2.     Banggakah kam akan semua prestasi kehidupanndu sejauh ini atau kam merasa malu ?

 

3.     Bersediakah kam menjadi Laskar Kristus seperti Timotius  ?

 

4.     Bersediakah kam berlomba dan mempersiapkan segala sesuatu supaya menang dalam perlombaan kehidupan ini  ?

 

Power Statement

 Ulangan 31:6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023