Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

Catatan Tambahan PJJ 13 – 19 September 2020. TUJUAN SELURUH PERSEKUTUAN DAN PENYEMBAHAN DEWASA BERSAMA KRISTUS

 

Efesus 4 : 13 - 15

Thema : Dewasa Ras Setia Ibas Kristus

(SDM Pengurus )

 

Efesus 4 : 13 - 15

 

4:13     Alu bage dungna ersada kinitekenta ras penandainta kerina nandangi Anak Dibata; kita dewasa, janah dungna seh kita ku tingkat kedewasan Kristus si serta e.

4:14     Alu bage lanai kita bali ras anak-anak, iombang-ambingken galumbang dingen ijole-joleken ku jah ku je alu angin pengajaren kalak penipu; ibabaina kalak si deban papak alu penebu-nebuna si guak.

4:         Tapi alu nuriken si tuhu-tuhu alu dem ate keleng, reh belinna kita jenari seh ku tingkat kesempurnan Kristus. Ia kap takal janah.

 

FAKTA

1.               Paulus menekankan perlu sekali kedewasaan Kristus kepada jemaat di Efesus, Kedewasaan Kristus adalah ketika berpadu pengenalan dan kepercayaan/iman kepada Yesus Kristus.  Tidak ada lagi sedikitpun  keraguan terhadap Kristus, yang diwujudkan dengan tidak adanya lagi keraguan di dalam kehidupan.  

2.               Orang yang mempunyai kedewasaan Kristus adalah dewasa dalam arti tidak lagi seprti anak anak yang labil, yang dengan gampang diombang ambingkan oleh angin pengajaran yang intinya bohong dan penipu.

3.               Orang yang dewasa dalam Kritus adalah orang yang menyampaikan kebenaran dengan penuh kasih sayang

 


 

ARTI

1.      Persekutuan dan penyembahan serta seluruh aktivitas yang dilakukan ditengah gereja mempunyai tujuan supaya setiap orang, menjadi dewasa di dalam Kristus. Menjadi pertua, menjadi diaken, menjadi hamba TUhan,  menjadi aktivis gereja, menjadi pengurus kategorial dan panitia panitia serta jemaat mempunyai satu tujuan yaitu  DEWASA DI DALAM KRISTUS.

2.      Kedewasaan di dalam Kristus sangat perlu  dan dibutuhkan karena itulah tujuan tertinggi manusia hidup di dunia.  Kesempatan hidup di dunia, adalah kesempatan untuk menjadi DEWASA dalam Kristus. Kualitas kemanusiaan kita selaku makhluk yang beriman, Tercapai saat kita semua menjadi DEWASA di dalam Kristus , bukanlah saat kita menjadi makin kaya dan paling kaya dalam hidup ini.

3.      Ciri ciri Manusia DEwasa, dia mampu menyatukan Kebenaran dengan Kasih Sayang,  Mempraktekkan kasih saying dengan kebenaran, menjalankan kebenaran tetap dengan Kasih Sayang.  Cara Yesus Kristus menegur Petrus, dan Cara Yesus memperlihatkan bekas paku di tanganNYA kepada Thomas adalah Benar dengan Kasih Sayang, ataupun Kebenaran yang memperkuat kasih saying. Sempurna.

 

PENGKENAINA

1.      Setiap pengurus harus sadar bahwa dirinya mempunyai tujuan personal yang sangat penting dalam seluruh pelayanannya, yaitu menjadi DEWASA DALAM KRISTUS.

2.      Kedewasaan Dalam Kristus, tidak didapat dengan berdiam dan malas malasan, namun kedewasaan di dalam Kristus didapat dengan mengerjakan tugas yang dipercayakan kepada dirinya. Kristus pun tidak menolak misi agung yang diberikan Bapa kepada NYA, dan Dia setia sampai mati di Kayu salib.  Kedewasaan Dalam Kristus juga diperoleh dengan ketaatan dan konsisten dan berdisplin menjalankan semua tugas tugas kepengurusan yang dipercayakan.



3.      Anatara Kebenaran dan Kasih Sayang, antara Kasih Sayang dengan Kebenaran inilah  sedapat mungkin dipraktekkan dalam kehidupan semua pengurus, baik tingkat sector, runggun, klasis sampai kemoderamen. .

 

Bujur melala ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023