Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Menyusun Kriteria Terbaik Untuk Menentukan Calon Bupati Kabupaten Karo PILKADA 2020


Disusun Oleh

Analgin Ginting, Motivator Level 5


Menyusun dan menetapkan kriteria sangat perlu saat kita memilih, terutama memilih calon pemimpin sebab  dampaknya akan sangat terasa dan mempengaruhi. Kriteria disusun berdasarkan keinginan yang hendak didapat dari calon yang ditetapkan sebagai pemenang.

Dalam memilih Bupati Kabupaten Karo pun kriteria ini sangat penting untuk ditetapkan supaya bupati yang terpilih kelak benar benar dapat membawa perubahan dan harapan seluruh Rakyat Kabupaten Karo.

Berikut ini adalah sejumlah kriteria yang dapat dipergunakan untuk memilih, menetapkan dan mendukung calon bupati dan wakil bupati terbaik. 

Ibu Cory di Tengah Masyarakat

Heben Heser Ginting bersama keluarga. 

A, Identitas dan Wawasan Budaya

1.     Mempunyai keluarga dan asal usul yang gampang dikenal dan ditelusuri.
2.     Jelas agama /  keyakinan yang dia anut
3.     Mencintai adat dan budaya Karo yang dicirikan tidak pernah mendapat hukuman dan sangsi secara adat dan kepatutan dalam budaya Karo
  
B. Integritas dan Kredibiltas

4.     Mempunyai integritas  tinggi yang dibuktikan dengan pengalaman yang tidak pernah dalam tindak pidana, korupsi, pencurian, penyuapan dll
5.     Mempunyai kedewasaan psikologis dicirikan dengan keberanian dan keyakinan membela kebenaran dalaml berbagai pengalaman hidup
6.     Ucapan dan janjinya dapat diterima secara logis dan diyakini bahwa akan diimplementasikan

C. Moralitas

7.     Tidak pernah melakukan perbuatan tercela di tengah masyarakat dimana dia hidup
8.     Mempunyai hobby dan prilaku yang secara moral dan etika dapat diterima dan disenangi
9.     Menerima Pancasila sebagai pandangan hidup dan berusaha untuk menerapkan etika atau moral Pancasila

D.  Wawasan Umum

10.   Memahami undang undang pemerintahan Daerah  serta seluruh       keterkaitannya.
11.   Mempunyai wawasan umum yang memadai sehingga dapat mengikuti   perkembangan yang ada dalam masyarakat lokal, regional dan global
12.  Tidak cepat menilai sesuatu dan tidak membuat keputusan yang gegabah yang dapat berdampak negative  bagi masyarakat luas
13.   Mempunyai Sense of Business untuk  Memajukan perekonomian Karo

E. Kompetensi

14.  Punya keberanian dan ketegasan serta  kecepatan   pengambilan keputusan
15.   Piawai dalam bernegosiasi dan lobby politik serta selalu   menempatkan kepentingan rakyat sebagai focus utama
16.   Punya kemampuan untuk mempersatukan beberapa kekuatan   (Stake holder) untuk memilih keputusan terbaik demi   kesejahteraan rakyat Karo
17.  Mampu menghadirkan investor dan berkolaborasi saling   menguntungkan  demi kemajuan jangka pendek, jangka   menengah dan jangka panjang.
18.   Mampu berkomunikasi dengan segala strata dan tingkat tingkat   sosial masyarakat

F. Kepemimpinan

19.  Mempunyai keluarga yang baik dan dapat menjadi contoh masyarakat   luas
20.  Jelas visi dan misi pribadi nya serta mempunyai prinsip atau  system     nilai  pribadi.
21.  Tidak egois dan tidak mementingkan diri sendiri
22.   Mampu menarik minat setiap orang yang berkomunikasi dengan dirinya.
23.   Punya Passion Untuk mengembangkan/melatih  orang lain
24.   Mempunyai reputasi yang baik dan positif sebagai calon pempimpin
25.  Dikenal secara luas  di seluruh Kabupaten Karo.

Budianto Surbakti

Budiman Ginting 

Setelah Kriteria disusun  dan ditetapkan maka dilakukan tabulasi nilai untuk menetapkan calon terbaik .  Langkah langkah dalam menghitung nilai adalan sebagai berikut.

1.  Berikan bobot kepada setiap kriteria, dalam hal ini saya buat 1 sampai 7, dimana makin besar angkanya makin penting kriteria itu.  Jadi kriteria yang paling penting saya beri angka 7, dan kriteria  yang relatif kurang penting saya beri angka 1

2.  Lalu dimunculkan calon. Dalam hal ini ada 8 calon yang akan dianalisa satu persatu.  Untuk setiap calon saya tentukan nilainya terhadap masing masing kriteria.  Nilai range nya 1 sd 10.  Bagi calon yang menurut infoyag saya punya  mempunyai kedekatan paling sempurna nilainya 10, sedang kan bagi calon yang jauh dari kriteria nilainya mengecil.  Calon yang paling tidak memenuhi kriteria saya beri nilai 1.

3    Langkah ketiga adalah mengalikan nilai setiap  kriteria dari calon dengan bobot kriteria itu.  Lalu hasilnya disajikan pada kolom khusus dibawa nama setiap calon yang dipilih.

 4. Selanjutnya hasil perkalian dari nilai kriteria dengan bobotnya dijumlahkan.   Calon yang nilainya paling tinggi adalah calon yang paling memenuhi criteria atau calon terbaik.

Calon terbaik biasanya diambil 3 atau maksimal 4. Idealnya hanya dua calon yang ditandingkan,   Biasanya juga diikutkan risiko (masalah yang mungkin muncul  x peluang terjadinya masalah itu) untuk membantu kita memilih calon terbaik dengan risiko trkecil.

Pada analisa yang saya buat,  calon terbaik adalah sebagai berikut

1. Cory Sebayang, Nilai 908

2. Heben Heser Ginting, Nilai 905

3. Budianto Surakti, Nilai 903

4. Budiman Ginting, Nilai 864

5. Cuaca Bangun, Nilai 856

6. Terkelin Berahmana, Nilai 642

7. Nursiana Surbakti, Nilai 638

8. Kena Ukur Surbakti (Kj), Nilai 516  

Saya berusaha objektif untuk membuat penilaian ini, karena memang tujuan kita mencari calon terbaik untuk membuat perbaikan dan perubahan besar di Kabupaten Karo.  Kecuali Calon Nursiana dan Karo Jambi, maka keenam calon yang lain saya sangat kenal secara pribadi, sehingga penilaian saya menggambarkan informasi yang dapat diterima kebenarannya.

Cuaca Bangun 

Terkelin Berahmana


Karo-Jambi

Setiap calon bupati akan lebih bagus nanti kinerjanya kalau dia memilih calon wakil bupati yang pas dan tepat.   Demikianlah analisa ini saya perbuat dengan harapan semua pemilih di Kabupaten Karo dapat menentukan pilihan yang tepat demi perbaikan Kabupaten Tercinta.  Terima kasih.  Mejuah juah kita kerina.   

Note : Tulisan ini khusus untuk menilai calon bupati. Untuk calon wakil bupati tidak saya buat, karena saya pun berniat untuk menjadi calon wakil bupati, jadi tidak objektif kalau saya yang membuat. Silahkan kam susun lah.

Link sumber


Lampiran 



Komentar

Unknown mengatakan…
kalau cory sebayang
sepertinya kita sudah tau rekam jejak nya
tidak ada perubahan sama sekali di tanah karo
dan kita tau cara busuk nya kemarin agar bisa menjadi bupati karo
dan satu lagi
dia tidak punya keluarga
Unknown mengatakan…
ralat
kita tau cara busuk nya kemarin agar bisa menjadi wakil bupati karo
Analgin Ginting mengatakan…
O Begitu ya. Terima kasih atas info ndu. Bujur melala. Memang manusia itu yag penting mau berubah memperbaiki diri dan berkomitmen untuk tidak mengulangi lagi cara cara yang keliru atau yang salah sudah dibuat. Bujur melala ras mejuah juah kita kerina.
Unknown mengatakan…
Cory pernah buat statement yg jelek tentang Ahok,dri situ kita tahu bagaimana dia. Org bersih pasti membela org bersih.

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023