Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Khotbah 31 Desember 2019


Nutup Tahun

Warna Stola Mbentar

Invocatio
Katawari pe Ia sikap nehken perkuah ateNA man bandu sebab katawari pe IA ngelakoken si bujur. Malem ate Kalak si ernalem baNDU (Jesaya 30 : 18b)
Ogen
Jesaya 30 : 15-18  (Tunggal)    
Khotbah
Roma 8 : 31-39   (Responsoria)    
Thema
Keleng Ate Dibata Tetap Ras Kita         

Khotbah : Roma 8 : 31-39  

8:31 Adi bage, kuga dage ninta kerna si enda kerina? Adi Dibata temanta, ise kin ngasup ngelawan kita?

8:32 AnakNa kal pe la itahanNa, tapi iendeskenNa AnakNa e man gunanta kerina. Adi AnakNa kal pe iberekenNa man banta, tentu iberekenNa nge kai pe man banta radu ras AnakNa e.

8:33 Ise kin pang ngaduken kalak si enggo ipilih Dibata? Dibata jine mutuskenca maka ia la ersalah!

8:34 Dage ise banci ngukumsa? Kristus Jesus nge ngenca! Tapi Ia jine enggo mate guna kita, enggo nggeluh mulihi, janah enggo merentah ras Dibata guna kita! Kristus Jesus pagi jadi pembelanta i lebe-lebe Dibata.

8:35 Ise kin ngasup nirangken kita i bas keleng ate Kristus nari? Banci kin kiniseran nirangkenca, ntah kepiceten, penganiayan, kurang pangan tah uis, ancamen, ntah kematen?

8:36 Bagi lit tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Erkite-kiteken Kam me maka gedang-gedang wari kami ibunuhi kalak. Bali kami iakapna ras biri-biri si nandangi igeleh."
8:37   Tapi i bas si enda kerina tuhu-tuhu kita lebihen asa kalak si permenang erkiteken Kristus si erkeleng ate man banta.

8:38   Sabap aku enggo tek maka la lit kai pe si ngasup nirangken kita ras keleng ate Kristus: subuk kematen tah kegeluhen, subuk malekat-malekat, penguasa-penguasa ras kuasa-kuasa i langit, subuk kai si jadi genduari bage pe kai si jadi pagin.

8:39  Subuk kai pe si i babo doni tah si i teruh doni, la lit kai pe i bas kerina si enggo ijadiken Dibata si ngasup nirangken kita ras keleng ate Dibata, e me keleng ate si cidahkenNa i bas Kristus Jesus Tuhanta



 Pembukaan/Lead


Syalomm mejuah juah kita kerina? 

Nande bapa turang ras senina. Ibas gelar TUHAN TA YESUS KRISTUS, Enda me kebaktianta si terakhir ibas tahun 2019 enda…

Lit kin sada hal si tagangi ndu atendu lalap, ula min sirang?
Lit kin kerja meriah si la dung dung?

Lit kin penderitaan, kesedihan, kekecewaan si la ngadi ngadi ?

Lit kin landek keyboard erbolo bolo si la ngadi ngadi ?

Li kin sekolah si la dung dung ?

Lit kin khotbah si la ngadi ngadi ?

Ibas kebaktianta berngi enda, mari si nen ras sigejapken kai ertina ngadi, kai ka si la ngadi ngadi.

Mari sinen terdauhen.

Fakta

1.           Roma Pasal 8  yag menjadi bahan Khotbah kita ini berisi sebuah pengajaran yang sangat teologis yang disampaikan oleh Rasul Paulus kepada orang orang Kristen yang mendapat perlakukan sangat kejam, semena mena di Roma.  Paulus berbicara tentang pembelaan Tuhan terhadap anak anak TUHAN yang sudah dipilih dan ditetapkan.

2.           Paulus mengatakan bahwa BAHWA KASIH SETIA  ALLAh kepada manusia, bisa dibandingkan dengan BAGAIMANA ALLAH memberikan ANAKNYA untuk membela manusia.   AnakNYA pun diserahkanNYA untuk membela manusia.  Adakah kasih, adakah komitmen yang lebih besar dibandingkan dengan mengorbankan ANAKNYA sendiri ???

3.           Seluruh FITNAH, seluruh pengaduan, seluruh keputusan bersalah didalam pengadilan kerajaan, seluruh uapay untuk memisahkan dari keluarga tidak ada  artinya, tidak ada dampaknya KARENA YESUS KRISTUS lah pembela yang sesungguhnya. Apapun yang dilakukan manusia untuk menganiaya anak anak TUHAN, tidak ada dampaknya sebab YESUS KRISTUS adalan Pembela yang sesungguhnya.

4.           Pembelaan KRISTUS akan umatNYA lebih dari juara atau pemenang apapun dalam hidup ini.  Bisa saja orang Kristen dinyatakan bersalah dalam perkara yang dilimpahkan kepadanya, namun YESUS akan hadir membela dan memberikan mahkota kemenangan terbesar yang bisa diraih manusia dalam hidupnya.

5.           Tidak ada suatu kuasa apapun, baik kuasa dari kerajaan/pemerintahan yang terlihat, maupun kuasa kuasa penguasa angkasa yang tidak kelihatan yang sanggup memisahkan Yesus Kristus dengan anak anak pilihanNYA.  Sekalipun dibakar hidup hidup, sekalipun diadu sama singa, sekalipun dipancung di depan orang banyak, maka KRISTUS akan hadir sebagai pembela, bahkan membela di depan HAKIM AGUNG YANG PALING BESAR yaitu ALLAH BAPA senidri .  Luar biasa.


                       
Makna

1.        Bisa saja ada orang atau pihak penguasa yang secara sengaja menyiksa dan memfitnah anak anak TUHAN , tapi TUHAN akan membela dan menguatkan.  Ada penderitaan fisik yang bisa dialami dalam Hidup.  Namun  IMAN kepada TUHAN lebih besar, dan lebih kuat dari semua penderitaan hidup dan siksaan hidup.

2.        TUhan tdak pernah meninggalkan dan membiarkan anak anakNYA menghadapi sendiri kehidupan ini. TUHAN selalu hadir  dengan KASIH SETIANYA. 

3.        Kelahiran, kehidupan, pengorbanan, kematian dan kebangkitan dari kematian  YESUS KRISTUS adalah bentuk dan bukti empiric atau bukti sejarah Pembelaan TUHAN terhadap anak anakNYA yang sudah dipilih dan ditetapkanNYA.

4.        Iman Kepada TUHAN YESUS  adalah bukti sesungguhnya dan hal yang paling meyakinkan apakah Seseorang itu merasa dan yakin dipilih dan ditetapkan TUHAN sebagai ANAK ANAK yang dikasihi dan dibelaNYA.

5.        Pembelaan ALLAH melalui YESUS KRISTUS  mempunyai kekuatan yang sangat besar yag tidak bisa memisahkan manusia itu dari YESUS KRISTUS oleh karena apapun.  TIDAK ADA satu kekuatan atau power apapun yang mampu memisahkan manusia dengan Yesus Kristus.  Penderitaan penderitaan hidup, yang disebabkan kesalahan diri sendiri, maupun oleh karena pemerintahan yang semena mena tidak sanggup merenggut anak anak TUHAN dari Yesus Kristus.   Gunung SInabung boleh meletus 100 kali, pemerintah kabupaten bisa sangat tidak becus, penyakit masyarakat merajalela tak terhentikan,  TAPI semua itu tidak mampu memisahkan manusia dari Yesus Kristus.

6.        Satu hal yang paling utama lagi harus disadari semua orang di penghujung tahun 2019 ini bahwa, Bahwa dihadapan Allah  Bapa, HAKIM AGUNG TERBESAR pun Yesus Kristus akan membela sahabat sahabatNYA.  Jonatan sahabat Daud, pernah membela Daud dihadapan SAUL Raja dan ayahanda Jonatan.  Demikian Juga Yesus Kristus akan menjadi  pembela para sahabatNYA dihapan pengadilan BAPANYA.

Target.

1.       Suatu anugerah terbesar dalam hidup jika sudah dipilih dan ditetapkan oleh Tuhan Yesus sebagai sahabatNYA atau anak anak NYA.  Imanlah yang menentukannya.

2.       Hidup berlanjut dengan seluruh irama dan dinamikanya.  Hari berganti, minggu berlalu, bulan lewat dan tahun berganti.  Boleh saja sepeeti itu dengan seluruh pengalaman yang ada, ada menyenangkan ada menyebalkan, ada mengecewakan ada menyenangkan ada siksaan, ada fitnah dan sebagainya namun YESUS KRISTUS akan tetap setia membela dan memberikan anugerahNYA.

3.       Kita lewati dan tinggalkan tahun 2019 dengan sluruh romantikaNYA, namun yang paling penting adalah Konsisten Iman kepada TUHAN dan tetap percaya serta mempunyai iman kepadaNYA saja.

4.       Penderitaan yang sebenarnya dalam hidup, dan dunia kematian / akhirat adalah jika berpisah dengan TUHAN YESUS.  Lebih baik meninggalkan semua yang lain, lebih baik tidak punya apa apa, lebih baik disiksa dan difitnah orang, lebih baik ditipu dan dibodoh bodohi orang lain dari pada berpisah dengan TUHAN YESUS.  Dalam penderitaan yang sebesar apapun , dalam hujan debu gunung dan aliran lava yang sepanas apapun, tetap lah berpegang  kepada TUHAN YESUS saja.




 Respon

1.     Pernah kah kam merasa punya uang banyak, punya prestasi hebat, punya kedudukan yang tinggi LEBIH PENTING dari pada PUNYA TUHAN YESUS ?

2.     APakah kam merasa bahwa tahun 2019 adalah tahun yang  membuktikan kam bisa hidup tanpa TUHAN?

3.     Apakah Kam merasa bahwa sebagaimana tahun 2019, maka memasuki tahun 2020 pun KASIH SAYANG TUHAN akan TETAP DAN KEKAL Selamanya?

Power Statement

Dunia tempat kita hidup ini adalah dunia yang tidak kekal, semua akan berubah, semua akan berlalu, semua akan hancur jika waktunya sudah tiba.  Tahun 2019 segera berlalu, namun kasih setia TUHAN tidak pernah berlalu. Oleh sebab itu maksimalkan lah dalam hidup kita yang sementara ini bahwa KASIH SETIA DAN KELENG ATE TUHAN TETAP  RAS KITA.

Bujur Ras mejuah juah kita kerina

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023