Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatab Tambahan Untuk PA Mamre 22 -28 April 2019


Bimbingan PA Mamre :  Tanggal  22  sd 28 April 2019  


Bahan Penelaahan  : Masmur 19 : 8-12

Thema     :  Berfikir Kreatif dan Inovatif

Masmur 19 : 8 – 12

19:8 Undang-undang TUHAN e serta kap, ia mereken gegeh si mbaru. Perentah TUHAN terteki tuhu, mereken pengertin man kalak si kurang pentar.

19:9 Undang-undang TUHAN benar kap, e maka kalak si ngikutkenca meriah tetap. Perentah TUHAN benar kap, mereken pengertin ku bas perukuren.

19:10 Ersembah man TUHAN mehuli kap, tetaplah e rasa lalap. Putusen TUHAN adil kap, dingen tetap rembang tengah.

19:11 Asangken emas murni pe jilen kap e tebun asangken tengguli si entebuna.
19:12 Aku suruh-suruhenNdu ndatken pemeteh ibassa nari. Erkiteken kepatuhenku dat upah aku ibassa nari

Fakta
1.                    Masmur adalah Firman Tuhan berbentuk PUISI dimana Puisi dituliskan oleh penulisnya berdasarkan internalisasi/proses megambil hikmah  hal hal yang dialami.  Baik pengalaman hidup secara nyata, maupun pengalaman hidup bersama Roh Tuhan.

2.                    Masmur Pasal 19 adalah hasil perenungan penulis tentangnya pentingnya merenungkan semua Undang Undang dan Perintah/Aturan yang berasal dari Tuhan.

3.                  Undang Undang Tuhan itu lengkap/Sempurna yang memberikan semangat yang baru. Selain itu Undang Undang Tuhan adalah juga sumber segala kebijaksanaan

4.                   Ditambahkan juga bahwa Undang Undang Tuhan adalah Benar.  Sehingga membei  kenyamanan dan mengajak untuk merenungkannya dalam kebenaran.

5.                  Menyembah  TUhan adalah benar, perlu dilakukan secara konsisten, dan Keputusan TUhan Adil, sehingga mengahdirkan kemenangan dan kebahagiaan

6.                 Undang Undang Tuhan lebih dari Emas dan Madu, menimbulakn keindahan dan ras manis

7.                  Pengakuan Hamba Allah, suruh suruhen Dibata bahwa  mendapatkan upah jika dekat Allah dan mengikuti Undang Undang nya.   Kepentaran dan semua inovasi dan kreatifitas berasal ari Tuhan.



Arti Dan Makna

1.                  Tuhan adalah sumber dari semua Kebijaksanaan dan sumber dari semua kreatifitas dan inovasi berfikir, dimana pintu masuknya melaui Undang Undangnya.  Artinya jika seseorang megikuti semua perentah Tuhan, maka pintu masuk ke sumber sumber kreativitas dan inovasi terbuka lebar lebar.

2.                  Pemikiran kreatif dan inovatif muncul pada gelombang otak tertentu, dimana pada gelombang itu otak akan melahirkan ide ide kreatif yang tak terbatas.  Kratifitas tidak lahir saat pikiran dikendalikan emosi, atau pada saat sedang melakukan suatu hal yang terburu buru. Tapi ide idea tau gagasan yang sangat inovatif muncul saat otak berada pada pikiran yang tenang, dibelai udara semilir dan alunan music yang sangat indah.  Menurut para ahli, bahwa gelombang otak saat selesai berdoa dan merenungkan Firman Tuhan ;  tenang puas, aman, dan penuh syukur adalah gelombang dimana otak akan lancar sekali menghasilkan ide ide dan gagasan gagasan brilian.

3.                Tidak ada yang tidak mungkin, semua yang bisa dihayalkan manusia adalah bisa diwujudkan adalah sebuah pemikiran yang benar dan lahir dari perasaan tenang, optimis dan beriman kepada Tuhan.  Ketika Abraham dalam proses mempersembahkan Isak anaknya, Roh Tuhan menuntunnya sehingga pada saat paling kritis ide dating dan Anak Domba muncul untuk dipersembahkan menggantikan Isak.

4.                  Mamre yang menjadi entrepreneur/wiraswasta selalu punya ide dan kreatifitas jika dia taat kepada UU Tuhan.

5.                Tuhan bisa membantu manusia untuk berbicara dengan tepat meskipun ditanya tiba tiba atau diarahkan untuk hal yang tidak benar, sebab Tuhan bisa membantu anak anakNYA dalam kecepatan yang melebihi kecepatan berfikir manusia.

6.                  Potensi Kreatifitas dalam otak manusia tidak terbatas dan tidak pernah berhenti.  Karena struktur otak semua manusia normal sudah dipersiapkan semikian rupa sehingga sumber ide dan gagasan tidak akan pernah habis dan berhenti. Sel Neuron Otak maunisa diperkirakan berjumlah 2 Milyar Neuron .  Dibantu dengan algoritma serta kecanggihan computer, maka manusia bisa mengatasi masalah terbesar sekalipun. Hanya opersional otak mannusia maksima setelah berdoa dan mendengar Firman Tuhan.  



Pengkenaina.

Mamre adalah Imam dan sekaligus pencari nafkah dalam keluarga.  Nafkah didapat sebagai imbalan terhadap pekerjaan yang sudah dilakukan.  Dlam pekerjaan selalu ada masalah, namun Tuhan adalah sumber segala ide dan gagasan untuk mengatasi persoalan.  Makanya jika ada masalah berdoalah kepada Tuhan, bukan kepada dukun atau pun  benda benda keramat sekalipun. Hanya Tuhan yang sanggup membuka pintu pintu kecerasan manusia

Tetaplah optimis dan pelihara semangat untuk hidup dan pelayanan sebab semua potensi sudah diberikan Tuhan, tinggal bagaimana pengopersian system berfikir untuk melahirkan ide dan gagasan paling cmerlang.

Taat Berdoa, taat mendengar Firman Tuhan nilainya tak terhingga.  Berdoalah senantiasa dan baca/dengarkan Firman NYA>
.
Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023