Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Penutupan Gereja Hanya Noktah Hitam Kecil Dan Tidak Mempunyai Arti

Minggu kemarin ramai diberitakan bahwa sebanyak 18 gereja di tutup di Kabupaten Aceh Singkel. Salah satu alasan penutupan ini dikatakan oleh Pejabat Bupati Aceh Singkel adalah untuk meredam terjadinya bentrokan. Apalagi Aceh adalah daerah Syariat Islam, koq masih ada gereja? Kasus Gereja Yasmin pun belum selesai ditangani, lalu bertambah lagi kasus HKBP di Bekasi Timur yang ditutup dengan kasus yang mirip. Maka semakin mengemukalah kesadaran kita bahwa betapa gereja selalu berada dalam kondisi yang teraniaya. Pada hal Undang Undang Dasar Republik Indonesia dengan tegas dan sangat jelas menjamin kebebasan beragama semua Rakyat Indonesia. Dengan kejadian kejadian ini tentu akal sehat kita mengatakan bahwa UUD sudah dikangkangi sebagian Warga Negara Indonesia. Tentu kita berharap agar Pemerintah tegas menyikapi hal ini. Jangan melakukan pembiaran yang akibatnya bisa lebih buruk lagi karena bisa menimbulkan konflik konflik horizontal. Namun kalau kita kembali melihat sejarah, mungkinkah gereja ditutup atau diberangus. Mungkinkah Iman Orang Kristen yang selalu bersekutu dan menjadi gereja yang sesungguhnya itu ditekan, dihambat, dan dihilangkan. Bukankah upaya upaya untuk menutup gereja di belahan manapun di dunia ini hanya upaya kosong yang sia sia yang mustahil dapat menjadi kenyataan. Atau jangan jangan seluruh upaya untuk menghambat pertumbuhan gereja dengan segala cara yang dilakukan hanya akan menjadi noktah hitam kelam kecil tanpa arti apa apa dalam seluruh sejarah perjalanan umat manusia? Silahkan kita renungkan semuanya. Kalau dilihat dari rentetan sejarah ini, saya pribadi berkesimpulan bahwa Gereja tidak mungkin ditutup karena ada yang mengawal perjalanannya dalm dunia ini. Tidak lain dan tidak bukan adalah Yesus Kristus sendiri yang memang adalah kepala Gereja. Dengan kata lain, gedung gereja bisa saja ditutup namun gereja yang sesungguhnya yaitu kehidupan orang orang kristen itu tidak mungkin dihalang halangilah. Jadi hanya upaya sesaat dan tidak akan berhasil seluruh kejadian penutupan gereja. Sebab memang Tuhan Yesus sendiri lah yang memesankan bahwa gereja harus bertumbuh di dalam dunia supaya manusia dapat lebih mendapatkan anugrah dan seluruh kebaikannya.

Komentar

Abner M. Napitupulu mengatakan…
analisis yang cukup luar bisa bung,,,saya sangat setuju dengan analisi saudara dan semoga ini membuka pemikiran untuk kita dalam menghadapi persoalan yang seperti ini. GBu,,,
Analgin Ginting mengatakan…
Terima kasih apresiasinya Bung Abner. GBU too.
winandhi mengatakan…
Pak Analgin Ginting,

Tapi masalahnya saat ini sudah semakin banyak anak muda Kristen di Indonesia yang sejatinya adalah penerus masa depan kekristenan di Indonesia mulai tidak lagi peduli dengan isu-isu keagamaan, malah lebih sibuk dengan gadget dan segala efek negatifnya.

Kita generasi yang lebih tua hanya menjadi penonton/pembaca untuk setiap kasus yang terjadi. Karena gereja-gereja memiliki kewenangan sendiri-sendiri, bahkan terkesan tidak mau ikut campur dengan yang terjadi di gereja lain.

Kalau sudah seperti ini...gereja akan hilang di Indonesia cepat atau lambat.

Saya sebagai orang Kristen juga merasa prihatin dengan kejadian-kejadian tersebut, tetapi kalau gereja saya diam atau gereja yang lain diam, terus salurannya melalui apa?
Apakah orang Kristen diperkenankan untuk berdemo?

Sepertinya saya tidak melihat upaya-upaya kearah situ.

Salam Kenal pak, nama saya Winandhi
saya tinggal di Bali.
Gereja saya sudah mempunyai tanah yang siap untuk dibangun gedung gereja, tapi sudah 15 tahun pembangunan tidak bisa terlaksana.

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023