Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Indonesia Menuju Kejayaan Berikutnya


Masalah yang kita hadapi saat ini banyak sekali karena disebabkan oleh kompromi yang kita lakukan di masa lalu. Sebab dalam urutan waktu maka perubahan terlebih dahulu dilakukan baru timbul masalah. Jika sebelumnya baik, namun sekarang ada masalah maka penyebabnya pasti terjadi sebelum masalah itu terlihat. Oleh sebab itu jelaslah masalah-masalah yang dihadapi oleh Bangsa kita hari-hari ini disebabkan oleh sesuatu yang kita kompromikan dimasa lalu.

Persoalan yang menjadi perhatian kita semua saat ini bisa saja semakin bergulir kepada gerakan moral jika tidak segera diatasi. Dan kunci utama yang saya lihat dalam penanganan masalah ini adalah perasaan rakyat . Pertimbangan utama yang harus diutamakan adalah pikiran atau suara rakyat, karena dalam hal ini sudah berlaku “Fox Populi Fox Dei” Suara rakyat adalah suara Tuhan.

Dalam hal ini, walaupun pada awalnya Tim Pencari Fakta yang beranggotakan delapan orang itu tidak terlalu positif direspon, namun karena integritas dan komitmen anggotanya sudah dapat dipercaya , sekarang sudah berubah menjadi corong suara rakyat. Dan jika anggota dari tim ini ada yang mengundurkan diri maka rakyat akan memahaminya bahwa suara nya tidak ada lagi yang mewakili. Rakyat bisa-bisa akan semakin menyatu mendukung mereka yang mundur sekaligus membangun jarak dengan institusi pemerintah. Pendekatan formal tetap perlu dilakukan oleh para menteri, namun yang lebih penting adalah pendekatan yang lebih empati.

Kita semua dihadapkan pada salah satu ujian terbesar kebanggsaan kita. Kita ingin menjadikan situasi ini adalah situasi bersama kita. Jadi kita harus saling menghargai pendapat . Tim pencari fakta berkata bahwa Saudara Anggodo harus ditahan, sedangkan Polisi membebaskan nya . Berarti kita belum melihat permasalahan dengan sudut pandang yang sama. Mengapa? .Apakah kepentingan kita belum sama?

Ini masalah hukum, namun lebih dari sekedar masalah hukum karena ini adalah juga masalah moral. Jadi semua kita harus dengan kepala dingin dan hati yang terbuka mengatasi dan mencari solusi yang paling damai. Saya lihat, jika situasi ini dapat diatasi dengan baik maka reputasi bangsa kita akan semakin tinggi. Ada keuntungan yang amat besar di ujung sana jika persoalan ini dapat diatasi. Mari kita buktikan semangat kenegarawan kita, kita cari solusi dengan ciri khas Indonesia. Kita doakan secara bersama-sama. Dan kita rangkul kebenaran, keberanian dan jiwa besar itu. Hidup Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023