Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

2012 Bukan Tengtang Kiamat



Film 2012 kalau kita mau jujur sebenarnya Bukanlah tentang Kiamat, tapi sebuah upaya mengkomunikasikan (dalam kemasan hiburan tentu saja) apa yang terjadi dengan manusia jika masih sempat memprediksi kiamat tersebut.

Jika kiamat itu terjadi, masak tidak ada tanda-tanda alam yang bisa dipelajari? Masak belum pernah ada dugaan sebelumnya dari seluruh umat manusia? Pikiran-pikiran ini lah lalu dimatangkan kemudian di gagas menjadi sebuh film yang sangat Hollywood. Ketika Film ini dibuat bagian marketing sibuk menemukan cara-cara marketing yang lebih jitu, supaya film ini kelak bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Maka dikaitkan lah dengan ramalan suku Maya yang sudah lama dianggap punah, dikaitkan juga dengan catatan-catatan Nostradamus yang (dikatakan) hilang, dibuat film dokumenter, ditulis ulang buku yang semuanya mengarah terhadap penciptaan opini bahwa seolah-olah bayangan Kiamat 2012 sangat bisa diterima kebenarannya. Jadi lupakan mengenai kiamat, sebab hal itu sekali lagi hanya Tuhan yang tahu.

Sebagai film ada beberapa catatan yang bisa kita jadikan bahan perenungan dari 2012 ini. Yang saya lihat pertama adalah keseriusan dalam penggarapannya. Kesan kita bahwa film ini tidak dibuat dengan upaya setengah-setengah. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya pemeran, adegan-adegan yang tertata sehingga mampu mengkomunikasikan kepada penonton suasana mencekam, ditambah dengan pensuaraan yang benar-benar dikerjakan seorang profesional.

Yang kedua adalah penggambaran sikap manusia ketika bencana itu datang. Dalam hal ini saya kira belum terlalu maksimal digarap. Satu lagi adalah penggambaran dari upaya manusia untuk mempertahankan keselamatannya. Dengan proyek yang sangat rahasia membuat kapal pengangkut raksasa yang tentu saja mengambil konsep dari Alkitab, dari kisah Bahtera Nabi Nuh.

Jadi, saya kira semua penggambaran dalam film ini adalah sebuah hiburan semata. Sebab banyak sekali adegan yang penghancuran yang bukan membuat kita cemas tapi tertawa. Masak gempa bisa mengejar-ngejar mobil? Atau masak retakan tanah itu dibuat dibelakang pesawat, dan ketika pesawatnya sudah mempunyai kecepatan tertentu sengaja dibuat tanahnya amblas, sehingga pesawat itu seolah-olah sudah terbang tapi ketinggian minus sekian meter di bawah tanah?

Justru respon masyarakat Indonesia lah yang saya kira perlu kita sikapi dengan serius. Mengapa kita begitu serius menanggapi film fiksi hiburan yang diperuntukkan untuk usia remaja ini? Jangan-jangan semua hal itu menandakan bahwa kita yang masih terlalu takut jika kiamat itu datang. Kalau benar, bukankah itu pertanda kedangkalan pemahaman keberagamaan kita? Positifnya, film ini menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton tahun 2009. Hahahaha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023