Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Jadikah Kiamat Tahun 2012

Pada tahun 2009 yang lalu beredar sebuah film tentang kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012. Film tersebut diadaptasi dari kalender suku Maya yang sudah punah yang mengatakan bahwa pada tahun 2012 tepatnya tanggal 31 Desember, manusia akan memasuki suatu peradaban baru yang berbeda dari sebelumnya.

Seorang peneliti Bangsa Amerika yang bernama Dr. Jose Arguelles mengabdikan dirinya untuk meneliti peradaban suku Maya. Suku Maya adalah suku yang tinggal di sekitar Meksiko yang mempunyai kebudayaan amat tinggi serta memiliki kemampuan untuk mengabstraksi tata surya sehingga menghasilkan sebuah perhitungan yang akurat mengenai siklus dan pergerakan matahari.


Sumber Foto : ansblog.com

Hasil penelitian yang dilakukan Dr Jose Arguelles terhadap suku Maya ini menghasilkan sebuah perhitungan tentang Periode Regenerasi Bumi. Dilaporkan bahwa suku Maya meramalkan pada tanggal 31 Desember 2012, berakhirlah peradaban manusia yang sekarang dan akan memasuki suatu peradaban yang sama sekali berbeda. Bahkan mereka meramalkan bahwa langit pun akan terbuka serta menghadirkan suatu dunia atau alam yang sama sekali baru. Untuk melihat kelengkapan perhitungan dan ramalannya, silahkan klik di blog sahabat ini.

Berawal dari penelitian Dr Arguelles terhadap suku Maya kemudian divisualisasikan dalam film 2012. Kiamat terinformasikan akan terjadi pada tahun 2012, lalu masuk ke dalam kesadaran banyak orang.

Pada saat film ini beredar di bioskop Indonesia tahun 2009 publikasi terhadap film ini semkain sensasional karena campur tangan MUI kala itu yang mengatakan bahwa film ini mengandung kesesatan. Tanpa disadari komentar atau fatwa MUI pada saat itu semakin mengundang rasa ingin tahu sehingga semakin banyak orang dari semua kalangan menonton film ini. Akibatnya hampir semua orang di Indonesia mengetahui apa yang dimaksud dengan 2012.

Meskipun sekarang ingatan terhadap kiamat tahun 2012 seolah olah semakin dilupakan, namun tetap saja penantiannya melahirkan perasaan dan pemikiran yang harap harap cemas. Kalau Anda sendiri ditanya, “apakah kiamat akan terjadi tahun 2012”, mungkin jawaban Anda pun harap harap cemas juga bukan? Atau yakin tidak yakin.

Perspektif Kristen Tentang Kiamat

Yesus Kristus pernah ditanya tentang kiamat oleh murid muridnya dan orang banyak ketika Dia masih hadir di dunia ini. Namun Yesus menjawab tidak ada seorang yang tahu


“Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24 : 26)

Tuhan Yesus seolah mengatakan bahwa, tidak penting untuk mengetahui kapan persisnya kiamat itu, namun yang lebih penting adalah mengisi kehidupan dengan pemikiran dan perbuatan yang lebih baik.

Meskipun demikian periodisasi jaman sebenarnya dapat dipahami dan dianalisa dari kitab suci baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, khususnya dari kitab Wahyu. Seorang teolog muda Indonesia pernah menyatakan tentang periodisasi jaman ini kepada penulis, seperti yang tertera di bawah ini.

1. Jaman Perjanjian Lama.

Jaman Pra Sejarah, adalah sejak penciptaan sampai sekitar tahun 3000 SM

Jaman Sejarah adalah sejak Abraham sampai Kristus, yaitu 3000 SM sampai dengan tahun 1 Masehi

2. Jaman Yesus Kristus, (abad pertama masehi) Tahun 1 sd tahun 33 Masehi

3. Jaman Gereja Mula Mula (abad pertama masehi) Sampai Abad pertama berakhir.

4. Jaman Akhir. Abad pertama sampai saat ini. Periode di jaman akhir ini (jaman akhir, bukan Akhir jaman) dibagi menjadi tiga yaitu

· Awal

· Tengah

· Akhir


Tidak diketahui apakah saat ini tahun 2011 ini, sudah memasuki bagian yang tengah atau akhir, ataupun masih bagian awal. Banyak orang yang mengatakan bahwa sekarang sudah ke bagian akhir. Kalau ini diikuti maka saat ini adalah akhir dari jaman akhir. Tapi bukan akhir jaman sebab masih ada periode periode berikutnya yaitu.

5. Jaman Penghancuran dan Penyucian

Penghancuran

· Wahyu 18 : 2

Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci

Pengkudusan

Wahyu 19 : 11

Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: “Yang Setia dan Yang Benar”, Ia menghakimi dan berperang dengan adil.



Sumber Foto : universeofmistery.com

6. Jaman kerajaan seribu tahun

Wahyu 20 : 1-3

Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;

ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,

lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.


7. Jaman Iblis dilepaskan

Wahyu 20 : 7-8

Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,

dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut


8. Jaman Yerusalem Baru.

Wahyu 21 : 1-6

Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.

Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.”

Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

Kalau disimak maka apa yang digambarkan sebagai Yerusalem Baru ada kemiripan dengan ramalan Suku Maya tentang bumi memasuki peradaban yang baru. Namun Suku Maya tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi sebelum tahun 2012 bulan Desember itu. Sedangkan perspektif Kristen lebih jelas menguraikannya.

Nah, teman teman sekalian bagaimana pemikiran Anda sekarang tentang hari kiamat itu? Semakin jelas tentang ketidak pastiannya atau semakin pasti tentang ketidak jelasannya?

Kitab Wahyu

Kitab Wahyu (Revelation) adalah kitab yang ditulis oleh salah satu dari dua belas orang Rasul Yesus Kristus yang bernama Yohanes. Isi kita ini berasal dari penglihatan di dalam suatu pengalaman Supra Natural yang dialami ketika Rasul Yohanes berada di Pulau Patmos di Laut Tengah.

Mungkinkah seseorang mengalami pengalaman Supra Natural? Apa kah makna sebenarnya atau pesan utamanya pengalaman seperti itu? Banyak sekali pertanyaan bahkan keraguan para teolog kristen dan juga umat Kristen tentang hubungan isi kita Wahyu dengan kiamat atau akhir dunia.

Akan tetapi Paulus pernah berkata berkata bahwa :

Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Kor 2 : 9 )

Dengan demikian pengalaman Rasul Yohanes yang akhirnya melahirkan kitab Wahyu dapat diyakini sebagai kebenaran yang diprakarsai dan tentu saja direstui Surga.

Jadi Kiamat itu memang tidak bisa ditentukan kapan, namun dapat dipastikan akan terjadi. Saya sendiri tidak yakin kiamat itu akan terjadi pada tanggal 31 Desember 2012, karena dapat diramalkan. Maksud saya kalau kiamat terjadi pada 31 Desember 2012, berarti saat nya dapat diramalkan. Jadi karena dapat diramalkan maka saya tidak yakin hal itu akan terjadi.

Diolah dari berbagai sumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023