Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

Khotbah Minggu 7 April 2019 : Percakapan Paling Dramatis dan Legendaris



Minggu Passion VI/Judika à Cidahken Kerajangku Bujur o Jahwa

Invocatio
Masmaur 43 : 3   
Ogen
Ulangan 32 : 4-6  (Responsoria)
Khotbah
Lukas 23 : 39 -43 (tunggal)   
Thema
Jesus, Ingetlah Aku.   

Khotbah : Lukas 23 :   39 – 43

23:39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"

23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?

23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."

23:42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."

23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.



Pembukaan/Lead

Syaloom mejuah juah, percakapan sangat dibutuhkan dalam hidup.  Nas Renungen kita  menceritakan sada percakapan paling dramatis, paling memberi  makna, paling banyak diperbincangkan sampai sekarang.

Kemampuan/kekuatan berbicara ras isi pembicaraan adalah kesimpulan terakhir terhadap identitas seseorang.  



Siapa kam, siapa aku, siapa mereka, siapa anak anak kita,  bisa  disimpulkan dari kalimat kalimat terakhir yang keluar dari mulutnya.

Pepatah  mengatakan “Bahasa menunjukkan Bangsa”, si menggambarkan keterkaitan antara bahasa/percakapan dengan karakter suatu Bangsa.

Eme situhuna inti ibas pengogen ras perenungenta ibas minggu passion si  penemken  enda.   Mari sinen terdauhen.

Fakta

1.        Tuhan Yesus disalibkan  bersama dengan 2 orang penjahat

2.        Seorang dari penjahat yang disalib bersama Yesus menghujat Yesus sambil berkata, “Bukankah engkau Kristus,  selamatkan lah dirimu dan juga kami “.

3.        Penjahat di sisi yang lain menyela  dengan berkata, kita pantas lah disalib, tapi DIA kan TIDAK berbuat sesuatu yang salah .

4.        Yesus Kristus diam tidak mau mencampuri percakapan mereka.

5.        Orang kedua tadi melanjutkan, dia langsung berbicara kepada Yesus Kristus : “Yesus ingatlah akan daku apabila engkau dating sebagai RAJA”

6.        Dengan penuh kelembutan Yesus menjawab kepadanya,  bahwa Dia bersama sama di Firdaus hari ini juga.

Makna.

1.     Sesuai dengan nubuatan, maka Yesus dihina dengan menyalibkanNya bersama dengan dua orang penjahat.  Tapi Yesus tidak pernah terhina, sebab pada saat disalib pun Dia masih bias mengampuni dan membawa orang ke Firdaus.

2.     Sangat menarik untuk menafsirkan  fenomena dua orang penjahat.  Ada yang tetap jahat dan meghujat walaupun bau kematian sudah tercium kuat, saat saat maut menjelang tinggal hitungan detik.  Namun ada juga penjahat yang masih diberi kesempatan sekian menit untuk menyatakan kebersalahanNYA dan meminta kepada Yesus.  Bahkan dari komennya terlihat bahwa dia orang berwawsan dan Cerdas. 

3.     Penjahat yang kedua, terlihat cukup cerdas dan berwawasan agama yang luas dari Komentarnya... bahwa Yesus tidak ditemui kesalahanNya,  Bahwa Yesus Akan dating sebagai Raja,  dan puncaknya dia berkata untuk “diingat Yesus” .

4.     Mengapa penjahat yang pertama tidak memohon ? Mengapa penjahat yang kedua memohon kepada Yesus?   Penjahat yang pertama (mungkin) tidak pernah sadar bahwa dia berbuat jahat,  seangkan penajahat yang kedua sebenarnya sadar dan tahu kalau dia berbuat dosa.    Pengetahuan, kebiasaan, karakter akan melahirkan spontanitas dalam perkataan dan bertindak.    

5.     Yesus tidak menilai seseorang berdasarkan masa lalu nya,  tapi berdasarkan masa kini atau masa sekarangnya.   Tetapi  hati hati lah terhadap kuatnya ikatan masa lalu....

6.     Berlatih lah berseru kepada Tuhan senaniasa,  biasakan untuk memohon kepada Tuhan, sehingga terbiasa berseru kepadaNYA.

7.     Pada saat saat menjelang ajal mohonlah kepada Tuhan agar seruan terakhir ndu adalah “ JESUS INGETLAH AKU”

Target.

1.     Pengetahuan saja tidak menyelamatkan, namun Anugerah Tuhan Yesus lah yang menyelamatkan.  Orang jahat kedua, mempunyai wawasan luas namun ditangkap dan disalibkan sebagai penjahat.  

2.     Tuhan Yang menyelamatkan melalui TUhan Yesus, Yesus Krstus adalah Juru Selamat bagi dunia.  Berseru lah kepadaNYA.

3.     Pastikan lah agar saat saat menghadapi masalah atau ketakutan, maka secara otomatis Nama Tuhan Yesus yag disebutkan.


Respon

·      Sadarilah tidak ada dosa dan kesalahan yang tidak diampuni Tuhan, TUhan Yesus adalah Juru Selamat yang sangat sabar, adil dan berkuasa.

·      Berlatih lah setiap hari, setiap jam, untuk berseru kepada Tuhan Yesus, Maka seketika dia akan memberikan Firdaus kepada Anda.

Power Statement

Anak anak pintar rajin belajar dan mengikuti Kursus,
Rajin membaca dan tidak malu bertanya.
Tidak ada kata terakhir dalam penyelamatan Tuhan Yesus,
DIA sabar,  setia  megampuni  dan mengasihi anak anakNYA.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023