Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Memajukan Catur Karo Ke Tingkat Dunia


Prestasi  Orang Karo dalam olah raga catur sungguh sangat hebat luar biasa, bila dibandingkan    dengan suku suku lain.    Bahkan salah satu suku bangsa yang menyumbang paling banyak menjadi pecatur tingkat nasional adalah suku Karo.  Nama nama seperti Sinarsar Karo Karo, Merlep Ginting, Monang Sinulingga  pernah membuat harum nama Bangsa Indonesia sampai keluar negeri


Sinarsar Karo Karo adalah nama pecatur Karo yang sangat ditakuti pada awal abad XX.  Lalu pada tahun 1930 an adalah Merlep Ginting yang pernah mgenahan remis Max Euwe yang kelak manjadi juara dunia catur.  Yang hebatnya  lagi Merlep Ginting menahan remis Max Euwe ketika bermain di Negara Belanda. 

Sinarsar Karo-Karo Sumber : Karo Siadi Blogspot. 


Pada tahun 2002 GM Cerdas Barus meraih Medali Emas karena menjadi pemain terbaik untuk Papan Ke-3 pada Olympiade Catur  Slovenia.  Dan CerdasBarus lah Orang Indonesia ke 6 yang meraih gelar Grand Master dan pernah masuk ke dalam kelompok Grand Master Super karena memiliki Elo Rating diatas 2500.  Sampai tahun 2011 GM Cerdas Barus menduduki posisi no 4 Nasional yang mempunyai Elo Rating tertinggi dibawah 1. GM Utut Adianto (2548), 2.  GM Susanto Megaranto (2533) 3.  MI Danny Yuswanto (2451) dan 4. GM Cerdas Barus (2448).


Prestasi Catur orang Karo tidak pernah berhenti, namun tetap berlanjut sampai sekarang.  Berita terakhir adalah apa yang dituliskan pada harian Waspada beberapa hari yang lalu. Prestasi catur tidak lagi hanya didominasi kaum laki laki, melainkan pecatur putri Suku Karo pun semakin menunjukkan taringnya.  Diberitakan oleh Harian Waspada Medan bahwa dalam pembetukan tim catur Sumut untuk PON tahun 2016 didominasi oleh pecatur putri dari Tanah Karo.  Master Nasional Wanita (MNW) Tuti Rahayu Br Sinuhaji, Charlely Tessi, dan Purnaya Br Tarigan, berhasil mendominasi tiga besar ranking seleksi pembentukan tim catur Sumut menghadapi Kejurnas sekaligus kualifikasi PON 2016 di Jakarta pada November mendatang.

Grand Master Cerdas Barus

Dari bukti bukti diatas tak dapat disangkal lagi bahwa Suku Karo adalah sumber atau gudang dari pecatur pecatur top.  Tanah Karo sebagai sumber pecatur sejajar dengan Brasilia, Argentina, Jerman dan Belgia sebagai sumber pemain pemain bola tingkat dunia.  Namun Tanah Karo masih mempunyai kelemahan yang sangat mendasar.  Dimana perekrutan, pembinaan dan penyaluran bibit bibit pecatur untuk mampu berprestasi ke tingkat dunia belum ada dilakukan, bahkan menurut saya dipikirkan pun belum ada.  Padahal 
potensi dan bakat bakat pecatur  muda  sangat  banyak.


Apa yang  harus dilakukan?


Pemda Kabupaten Karo khususnnya melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga harus memulai memikirkan dan menyusun program untuk mendayagunakan pecatur pecatur nasional seperti GM CErdas Barus, MI Nasib Ginting, MN Sarwan Ginting menjadi pelatih catur untuk melatih bibit-bibit pecatur.  Sebab pecatur hebat kalau diberdayakan menjadi pelatih pasti dapat melahirkan pecatur dengan prestasi hebat minimal sehebat si pelatihnya sendiri.


Juara dunia catur saat ini adalah anak muda yang baru berusia 24 tahun yang bernama Magnus Carlsen. Magnus Carlsen merebut gelar juara dunia dari juara dunia saat itu yaitu Viswanathan Anand pada tahun 2013.  Lalu pada tanding ulang bulan Nopember 2014, kembali Carlsen menagalahkan Anand Grand Master Top dari India dalam satu pertandingan yang sangat menarik.


Ada 3 hal yang membuat Magnus Carlsen menjadi pecatur top dunia dengan Elo Rating tertinggi sepanjang sejarah 2863 yaitu bakat yang sangat tinggi, suka bermain melawan computer dan melahap habis semua buku buku catur dan yang ketiga adalah dilatih oleh mantan juara dunia yang tidak pernah terkalahkan Gary Casparov.  Bakat saja tidak cukup, menguasai teori saja tidak cukup, namun juga seorang pecatur top harus juga dilatih oleh pecatur top.


Dari tiga factor yang dimiliki oleh Magnus Carlsen, bibit pecatur  muda Karo hanya memiliki yang pertama saja yaitu bakat  alami.  Kalau hanya mengandalkan bakat alami maka prestasi maksimal yang dapat dicapai oleh pecatur pecatur muda Karo dan juga pecatur pecatur muda Indonesia adalah seperti GM Cerdas Barus yang mandek dalam Elo Rating 2400 an atau seperti Utut Adianto dan Susanto Megaranto yang stagnan pada Elo Rating 2500 an.  Pecatur Ranking 100 tahun 2015 mempunyai Elo Rating 2653, sehingga semua pecatur Indonesia tidak ada yang masuk 200 pecatur top dunia.

Gary Casparov Sedang Berlatih Catur Dengan Magnus Carlsen Yang Saat ini Juara Dunia Catur

Pecatur muda Indonesia harus movenguasai teori catur dan dilatih oleh pemain pemain top dunia yang menguasai perkembangan catur dunia.  Pecatur muda Suku Karo kalau mau hebat harus mampu memadukan bakak alam yang dia punyai dengan menguasai teori catur dan bersedia berlatih dibawah bimbingan pelatih.
Pemda Karo harus mau dan punya idealisme dan komitmen untuk memajukan Catur Karo dengan mengajak dan menjadikan pelatih catur semua Grand Master dan Master Master Catur Suku Karo.   Kepala Dinas Olah Raga Kabupaten Karo harus sudah berani dan mempunyai pemikiran terobosan dan strategy untuk memajukan salah satu potensi terbesar yang dimiliki oleh Suku Karo.


Bahkan jika saat ini dilakukan satu turnamen catur tingkat dunia  dengan nama Turnamen Catur Sinabung termasuk  menghadirkan Magnus Carlsen dari Swedia, dan hasil dari turnamen ini disumbangkan untuk korban Erupsi Gunung Sinabung saya yakin Sang Juara Dunia ini pasti mau datang tanpa dibayar.  Apalagi saat ini ada Putra Karo yang bernama Gandhi Ginting Munthe yang menjadi Staf Kedutaan RI di Swedia, yang pasti mau membantu dari sisi hubungan diplomatik.  Adakah teman teman yang mempunyai pikiran  besar dan mau mewujudkan Turnamen Catur Sinabung ini?  Atau paling tidak kita minta Magnus Carlsen bermain catur Simultan melawan 10 pecatur Karo yang paling Top?


Bagaimana menurutndu Orang Orang Karo paling top saat ini,   Pt Em  Helman Pandia , Robinson Sitepu, Cory Br  Sebayang, Oktavianus Sembiring, Heben Hezer Ginting 007, Derom Bangun, Mama Terkelin Surbakti, Ramlan Giinting (Ria Busana)  atau JR Saragih Bere Tarigan?  Aturken Bang Robert Perangin-angin, Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Karo.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023