Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Aku Tidak Akan Pernah Menyalahkanmu Sekalipun Kamu Sangat Menjengkelkanku

Sartono Mukadis almarhum  pernah bercerita tentang pengalaman masa kecilnya dan ditulis di Harian Kompas. Dia bercerita tentang pasword keberhasilannya menjadi seorang psikolog kondang di Indonesia. Suatu saat, ketika dia masih sekolah di SMP di Bogor dia pulang ke rumah dengan ketakutan. Dia takut dimarahi ibunya, karena pada hari itu dia baru saja menerima Buku Rapor Pendidikan, dan dia tinggal kelas.
Dia sudah membayangkan bahwa ibunya akan marah besar atas ketidak becusan dirinya sehingga dia tidak naik kelas. Namun ketika itu ibunya menampilkan suatu respon  yang sama sekali berbeda dengan apa yang sudah dia bayangkan.


Ibunya hanya berkata : ” Ton, ibu tidak marah meskipun kamu tinggal kelas. Namun perlu ibu sampaikan kepadamu, bahwa apa yang kamu peroleh kelak dalam hidupmu tidak akan berbeda dengan apa yang kamu tanam sejak sekarang”. 


Sartono Mukadis berkata kepada wartawan Kompas yang mewawancarainya bahwa reaksi dan perkataan ibunya sangat diluar dugaannya. Lalu pada saat itu muncullah tekad dalam hatinya untuk belajar sungguh sungguh, sebab malu kepada ibunya. Tahun berikutnya dia naik kelas sebagai juara kelas. Sartono Mukadis menambahkan bahwa kata kata ibunya adalah pasword (kata kunci) keberhasilannya menjadi salah seorang psikolog yang paling terkenal di Indonesia.


                                          Sumber Foto : www.colourbox.com

Berbuat salah tapi tidak dipersalahkan, akan membuat orang yang salah menyadari sepenuhnya kesalahannya tanpa disinggung perasaannya. Lalu dia membuat komitmen sehingga mendapat perubahan besar dalam hidupnya.


Kita pun sering mendapati teman kerja, atau bawahan, saudara, pasangan yang berbuat kesalahan. Lalu tanpa mampu mengontrol emosi kita langsung mendamprat. Kita langsung mengkritik, mempersalahkan. Kita punya alasan supaya dia berubah, supaya dia mengingat kesalahannya dan tidak berbuat lagi hal yang serupa dimasa yang akan datang.


Kadang kadang reaksi kita berlebihan, kita terbawa emosi sehingga kata kata yang keluar melebihi porsi. Dan hal ini menimbulkan perasaan tidak enak, bahkan perasaan  benci dalam diri orang yang kita salahkan itu. Apakah selanjutnya dia akan berubah? Kalau perasaan sakit hati dan benci nya kepada orang  yang memarahinya besar dan membekas maka dia tidak akan berubah. Sebab kunci perubahan dari dalam hati, bukan dari luar hati. Orang tidak berubah karena dimarahi, orang tidak berubah karena diancam, orang tidak berubah karena dirayu atau dibujuk. Namun orang berubah karena satu hal saja, dia mau berubah. Dia mau berubah kalau perasaan hatinya enak, dia mau berubah untuk menunjukkan rasa hormatnya. Inilah yang dialami oleh Sartono Mukadis.


Dale Carnegie berkata bahwa prinsip yang paling penting dalam pergaulan atau pertemanan termasuk hubungan kerja adalah tidak  pernah menyalahkan orang lain. Sebab siapapun di muka bumi ini tidak mau disalahkan sekalipun dia terbukti benar benar salah. Lalu Dale Carnegie memberi banyak contoh dalam bukunya yang sangat terkenal “ How To Win Friend And Influence People”.


Manusia itu makhluk yang punya perasaan kata Dale Carniege menambahkan. Perasaan lah yang menggerakkan seseorang untuk bergerak, berinisiatif dan berubah. Ketika kita menyalahkan seseorang, bisa saja dia terima kesalahannya dalam otaknya atau akalnya, namun hatinya panas. Artinya dia bisa saja mengakui kesalahannya, namun karena hatinya sudah panas maka kemungkinan besar dia akan menutup diri dan tidak mau melakukan perubahan. Sebaliknya ketika seseorang berbuat kesalahan, dan kita tidak menyinggung kesalahannya bisa saja dia berubah karena merasa dihormati atau dihargai sebagai manusia.


Masih ingat Sang pelukis kondang yang dulu sering muncul di TVRI Tino Sidin ? Dia tidak pernah berkata lukisan anak didiknya buruk atau jelek. Tapi selalu dikatakan bagus. Bagaimanapun hasil lukisan anak anak pasti akan dikatakan bagus. Tujuannya supaya semangat belajar dan melukis anak anak itu tetap tinggi.
Jadi teman teman sekalian mari coba kita praktekkkan. Jangan pernah mengakatakan salah kepada orang lain atau siapapun sekalipun dia berbuat kesalahan. Sebab bukan kesadaran otaknya yang perlu kita menangkan, namun perasaan hatinya lah yang perlu kita jaga. Dalam semua pergaulan dan pekerjaan kalau tidak ada aling mempersalahkan maka lingkungan kita akan lebih baik dan saling menghargai. Selanjutnya hubungan kita pun akan bertumbuh makin baik dan berkelanjutan. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023