Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Keterkaitan Batin Presiden Jokowi Dengan Heben Heser Ginting 007


Mungkin Anda heran akan judul artikel  saya kali ini.  Apa hubungannya, satu suku jawa yang lain suku karo, satu presiden yang lainnya rakyat jelata, satu sangat terkenal diseluruh dunia ke segala lapisan, satunya hanya tokoh lokal yang baru dikenal di beberapa kabupaten/kota di Sumut; satu beragama islam yang sangat taat satunya beragama Kristen Protestan, satu mantan pengusaha dan eksportir mebel, satunya mantan pengusaha batubara dan property;  satu mantan walikota dan gubernur satunya mantan calon bupati yang  yag tidak terpilih. 
 
Satunya elit Indonesia dan dunia, namun satunya marhaenis yang proletar; satunya Presiden dan bakal calon presiden periode berikutnya yang lain calon anggota DPRD Tingkat 1 Sumatra Utara yang diusung oleh partai Nasdem dari daerah pemilihan Karo, Dairi dan pakpak Barat.   Dan  yang paling lucu bedanya adalah satu berwajah klimis tanpa kumis dan satunya memelihara kumis lebat, hitam nyaris brewokan.  Hahahahha.  Jadi dimana hubungan atau keterkaitannya? 

Penampilan luar atau  tampak kulit, atau tampak Casing kata anak anak jaman now memang sangat sulit ditemukan persamaan apalagi keterkaitan antara dua laki laki terhormat yang sangat sayang dan hormat kepada istrinya masing masing tersebut.  Akan tetapi kalau kita masuk kedalam hati dan perasaan terdalam mereka masing masing baru terlihat satu fakta yang sangat kelir.  

 Heben Heser Ginting 007 Bersama Jokowi Di Gedung Djoeang Jakarta

Masuk lah kedalam system nilai dan believe mereka masing masing, maka akan terlihat satu keterikatan batin yang nyaris sempurna yang membawa gerak langkah dan sepak terjang mereka masing masing.  Saya mencoba memaparkan nya dengan gamblang dan sederhana biar pembaca sekalian tidak perlu berpikir dan mengeritkan dahi dalam memahami atau mengantusi (Meng-antusi dari bahasa Karo yang maknanya memahami secara mendalam) penjelasan say.

Saya akan mulai dari Sistem nilai dan believe dari Pak Jokowi yang saya interpretasikan berdasarkan pengamatan dan analisa saya tentang etos kerja beliau.  Pak Jokowi selalu membuat sesuatu yang mencengangkan dan membanggakan dalam setiap momen yang dia ikuti atau inisiasi.  Baru saja disuguhkan suatu tontonan yang mengguncang dunia saat pembukaan Asian Games yang sangat sukses dalam banyak hal tersebut.  Pembukaan Asian Games bisa jadi adalah pembukaan yang paling mengesankan selama ada perhelatan olah raga terbesar se Benua Asia tersebut.  Aksi beliau yang sangat unik ketika memasuki arena diluar perkiraan siapapupun.  Mencengangkan sekaligus membanggakan Bangsa Indonesia.

Minggu ini beliau melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan  dan Vietnam.  Seluruh Rakyat Korea Selatan , Presiden Korea Selatan dan anak anak muda Korea Selatan  terkagum kagum akan Presiden Jokowi.  Ini diungkapkan langsung oleh Presiden Korea Selatan dan salah seorang personil Band Super Junior. Luar biasa.
Berikut ini saya kutip bunyi Twit Presiden Korea Selatan Moon Jae-In yang di twit dalam Bahasa Indonesia, bukan bahasa Korea atau Bahasa Inggris

"Hari ini Presiden Bapak @Jokowi dan Ibu Negara RI Pulang ke Indonesia dengan penuh hasil dari kunjungan kenegaraan ke Korea. Saya merasa persahabatan antara kami menjadi lebih dalam seperti malam hari yang indah pada musim gugur Korea," kata Moon, Selasa (11/9/2018).

Pulang dari Korea Selatan beliau ke Vietnam dalam mengikuti  Forum Ekonomi Dunia tentang Asean.  Pada Forum ini Presdien Jokowi menyampaikan sebuah pidato yang menjadi perbicangan terus  sampai saat ini, karena beliau dalam bagian pidatonya memakai analogy Avengers dan Thanos.  Satu istilah atau nama yang sangat popular di dunia komik dan Film. Original, mengena dan sangat menonjol dari segi angle pemberitaan.  

Ini adalah dua event terbaru yang dlakukan Presiden Jokowi setelah event event lain sebelumnya yang selalu unik, berkesan original serta mengandung hal hal yang sangat spesifik mengagetkan dan juga terlihat terlalu biasa dalam kehidupan sehari sehari.  Seperti misalnya tba tiba dia berhenti berpidato karena mendengar suara Adzan,  tiba tiba dia berhenti dalam perjalanan di jalan Tol, menepi dan masuk ke pos polisi lalu beribadah sholat disana. 

 Presiden Jokowi dengan Presiden Korea Selatan
 
Apa yang mendasari cara berfikir atau paradigma hidup atau etos kerja Pak Jokowi? Menurut saya Pak Jokowi melakukan pekerjaan dan tugas tugas nya dengan prinsip kerja Sepenuh hati, Sepenuh jiwa.   Saat bertemu dengan Presiden atau pimpinan pemerintah/kerajaan dari Negara manapun  Pak Jokowi melakukan dengan sepenuh hati dan sepenuh jiwa.  Saat melakukan upacara kenegaraan seperti HUT Kemerdakaan RI pada Tanggal 17 Agustus 2018, Pak Jokowi melakukan nya dengan sepenuh hati dan segenap jiwa. Beliau memakai Pakaian Adat Nasional yang sangat cantik dan bersahaja yang tentu saja membuat perasaan suku bangsa asal pakaian adat itu  melambung.  Apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi ternyata diikuti oleh pejabat pejabat yang lain, sehingga upacara dan perayaan HUT Kemerdekaan RI menjadi tontonan yang sangat menarik.

Saat melakukan kunjungan kerja, blusukan ke Mall atau ladang ladang atau kebun masyarakat Pak Jokowi selalu melakukan dengan sepenuh hati dan sepenuh jiwa.  Saat mengadakan dialog dengan kelompok kelompok masyarakat tidak pernah lupa melakukan kuis dan memberikan hadiah sehingga seluruh perserta pertemuan mendapatkan sapaan dan sentuhan jiwa dari presidennya.  Mau sepeda enggak.....?????
Kata Presdien Jokowi dengan senyum yang menyentuh batin. Nyaman dan Damai. 

Salah satu kisah yang benar benar menggambarkan etos kerja Pak Jokowi spenuh hati dan sepenuh jiwa  adalah saat dia sebagai walikota Solo memindahkan pedagang kaki lima (PKL) dari pusat Kota Solo  ketempat baru, di Pasar Kitikan .  Awalnya para pedagang menolak untuk dipindahkan, karena merasa bahwa di tempat yang baru mereka akan kesulitan menjual barang dagangannya.  Berbulan bulan lamanya Joko Widodo mempersuasi dan menemani para pedagang tersebut sampai akhirnya bersedia pindah ketempat yang baru, dan sekarang para pedagang tersebut  sukses. Pengalama ini  menjadi kisah atau cerita yang paling berhasil dalam program penggusuran tanpa gejolak sama sekali. Luar biasa Pak Jokowi dengan dua nilai atau etos kerjanya sepenuh hati dan sepenuh jiwa. 

Lalu apa yang ditakuti oleh Pak Jokowi dalam hidupnya?  Saya kira tidak ada.  LIhat saja ketika beliau melakukan blusukan, naik seperda motor,  berjalan kaki, menyimpang dari jalur dan protokoler yang sangat ketat.  Tidak terjadi apa apa yang dapat membahayakan jiwanya. 

Ingat saat terjadi tragedy Bom Sarinah pada tahun2014 dulu? Beberapa jam setelah kejadian yang sangat menggemparkan dunia itu, Pak Jokowi mendatangi lokasi bom.
Ingat juga saat ada suasana genting pada petemuan 212 tempo hari?  Pak Jokowi berjalan kaki dari Istana Merdeka ke tempat lokasi di Monas, dan tidak terjadi sesuatu yang megancam jiwa bahkan menggangu perjalanan beliau. 

Apa yang ada dalam pikiran Pak Jokowi yang menjadi believe atau  keyakinannya saat mendatangi daerah ramai, daerah terpencil, daerah rawan  bahkan daerah atau situasi “Bahaya” ?  Yang saya tangkap dan percayai bahwa Pak Jokowi believe tidak akan ada sesuatu yang bahaya, yang sial, yang jahat akan terjadi kepada dirinya.  Megapa?  Karena beliau tidak pernah melakukan sesuatu yang jahat, sesuatu yang tidak benar, sesuatu yang tidak baik atau sesuatu yang membahayakan.  Dalam Bahasa Karo nya Pitut Si Liah liah. Pitut artinya tertutup, liah artinya sial.  Pituh si liah liah dengan demikian mempunyai makna, tertutup semua yang sial dan tidak baik kepada dirinya.

Ini sebuah prinsip hidup atau keyakinan personal yang muncul dari perenungan mendalam terhadap seluruh pengalaman hidup.  Orang yang selalu menghunus pedang lah yang akan mati dengan pedang.  Orang yang selalu nyinyir negatif lah yang akan kena nyinyiran negatif. Bisa bisa lebih parah pun. Hahahaha.  
Jadi kalau saya simpulkan inilah nilai dan keyakinan Presiden Jokowi saat dia bekerja sebagai Presiden : Bekerja dengan Sepenuh Hati, Sepenuh Jiwa dan meyakini  bahwa tidak ada sial dan tidak ada yang jahat.  Pitut Si Liah Liah


Mengapa Heben Heser Ginting memakai Simbol 007 ?
Heben Heser punya prinsip hidup dan bekerja 007 lengkap dengan symbol tangannya. Pada kalangan orang Karo di Seluruh Indonesia semua tahu kalau 007 itu adalah Heben Heser Ginting. Sehingga dia dipanggil oleh teman teman nya sebagai 007,   atau Pak 007. 

Dikalangan relawan dan partai di Sumatra Utara pun  Heben Heser Ginting dikenal sebagai si kosong kosong tujuh.  Awalnya saya pun merasa geli juga mendengar kosong kosong tujuh ini, namun setelah mengetahui arti dan maknanya mata saya tebelalak dan hati pun terkagum kagum.

Kosong kosong tujuh adaah sebuah prinsip hidup atau prinsip kerja yang sangat mendalam dan sangat baik.  Heben Heser GInting memakai symbol 007 karena dia memang menghidupi prinsip kosong kosong tujuh tersebut.  Begini penjelasannya :
0 = adalah symbol atau  angka yang penulisannya penuh, tidak terpotong jadi disebut penuh atau bulat.   Tujuh (7) dalam bahasa karo nya disebut pitu. Rhyme pitu dekat sekali dengan pitut yang artinya tertutup.  Dengan demikian prinsip 007 artinya :
0 =Sepenuh hati, 0 = sepenuh jiwa, 7 = pitut siliah siliah. Prinsip 007 adalah prinsip hidup dan atau prinsip bekerja sepenuh hati, sepenuh jiwa dan meyakini (believe) pitut atau tertutup semua yang membawa sial.

Selama hidupnya Heben Heser Ginting yag pernah bekerja di Jakarta, Kalimantan Timur, Riau, Lampung, Palembang, ketua umum relawan RPK (Relaka Passion Kolaborasi) 007 dan mejadi caleg anggota dprd Tk 1Sumut selalu bekerja sepenuh hati dan sepenuh jiwa serta tidak takut kesialan dan ketidak baikan atau yang sesuatu bahaya terjadi kedalam dirinya. 

Ternyata prinsip hidup Heben Heser  sama persis dengan prinsip Jokowi sebagai presiden.  Bahkan apa yang digagas oleh Heben Heser 007 sudah dipraktekkan dan dilakukan serta sukses ditangan Pak Jokowi.  Inilah yang saya sebut keterkaitan batin antara Presiden Jokowi dan Heben Heser Ginting. 

 Penulis dengan Heben Heser Ginting dalam salah satu acara Relawan Jokowi

Mereka berdua meskipun belum penah berinteraksi langsung, belum pernah berbicara langsung tapi sebenarnya mempunyai prinsip hidup yang sangat mirip.  Orang orang yang mempunyai prinsip hidup serta believe yang sama adalah orang orang yang punya keterkaitan batin. 

Prinsip hidup dan bekerja sepenuh hati, sepenuh jiwa dan tidak takut sial adalah prinsip hidup yang diperlukan oleh siapapun  dalam bekerja.  Supaya hasil kerja yang dicapai sukses, ada inovasi, ada kreativitas ada terobosan ada hal hal baru yang dicapai.

Barangkali prinsip kerja sepenuh hati, sepenuh jiwa serta tidak takut akan risiko (sial) juga lah dipraktekkan Eric Tohir, Bambang Hartono, Elon Musk, Jeff Bezos, Athony Sinisuka Ginting, Luis Milla dan lain lain. Mari kita semua bekerja seperti Pak Jokowi dan seperti Heben Heser Ginting sepenuh hati, sepenuh jiwa dan berani.  Salam 007 menuju Indonesia Jaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023