Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Gunungku Sahabatku



Gunung Sinabung belum berhenti meletus. Setiap hari ada kepulan asap yang keluar dari dua kawahnya yang paling besar. Melontarkan ribuan ton material berupa debu dan batu batu ringan.  Suara gemuruhnya pun tak henti, meski tak kedengaran sampai jauh.  Sekali sekali dia menggelegar menunjukkan keperkasaannya.  Gunung Sinabung sedang bertumbuh, jika selama ini dia diam manis sambil memberikan tanah subur, udara segar dan pemandangan yang sangat indah, maka saat ini dia bereaksi menurut kenyataan sebenarnya.



Hakekat Gunung Sinabung adalah ciptaan Tuhan.  Tuhan lah satu satunya Sang Pencipta Gunung Sinabung  dan seluruh gunung di alam semesta ini.   Tuhan menciptakan gunung untuk menunjukkan kehendakNya.  Salah satu kehendak Tuhan tentang gunung adalah Yesaya pasal 2 ayat 2 dan 3 : 

 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,

dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Tuhan membuat Gunung Sinabung  untuk memusatkan perhatian seluruh Bangsa.  Di saat korupsi dan kelaliman merajalela di seluruh pelosok Nusantara, perhatian semua Bangsa ke Gunung Sinabung. Termasuk Badan PBB malalui UN OCHA (United Nation Office Coordinator Humanitarian Affair) pun ikut memusatkan perhatian melalui pertemuan pertemuan yang dilakukan. Lintas agama, lintas bahasa, lintas budaya dan disiplin ilmu dikumpulkannya semua orang termasuk tokoh tokoh Karo dikantornya yang mentereng di Jalan Thamrin Jakarta.  Tujuannya hanya satu, perhatikan Gunung Sinabung, perhatikan disana ada Tuhan.


Maka berembuklah semuanya memikirkan apa yang dibutuhkan oleh 16.000 lebih pengungsi yang ada di posko posko penanggulangan bencana. Tidak boleh ada satu orang pun yang kekurangan makanan, tidak boleh ada satu orang pun pengungsi yang tidak mendapat tempat.  Lalu berduyun duyunlah bantuan datang.


Namun, Pak Surono sesepuh Gunung Api  Indonesia menegaskan.  Tidak boleh hanya satu fokus, tapi harus dua fokus.  Fokus pertama adalah penuhi kebutuhan kebutuhan darurat selama masa pengungsian.  Fokus kedua adalah siapkan perubahan masyarakat.  Masyarakat dari desa desa yang paling dekat ke  Gunung Sinabung harus mampu menerima kenyataan bahwa Gunung Sinabung tak mungkin lagi seperti sedia kala. 

 Gunung Sinabung akan terus begitu mengikuti tahapan perkembangannya.  Jadi masyarakat pun harus berubah, menerima kenyataan ini.  Harus hidup dengan keadaan baru Gunung Sinabung.  Jangan lagi tanya, “kapan berhenti” namun terimalah kenyataan dan jadikan Gunung Sinabung sebagai teman, bahkan teman paling dekat. 

 Gunung Sinabung menjadi pelengkap janji Tuhan dalam Jesaya pasal 2, bahwa Gunung akan dipakai sebagai tempat mendirikan Rumah Tuhan.  Supaya semua bangsa melihat kebesaran Tuhan dan selanjutnya hidup dalam terang Tuhan. Maha Besar lah Engkau Ya Tuhan, namaMU abadi selama lamanya. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023