Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Lulusan Lulusan Termuda Doktor dan PhD Itu Bermarga Ginting





Nampaknya reputasi Ginting masih berkibar di tahun 2018, setelah saya menuliskan bahwa tahun 2017 adalah tahun berperstasi marga ginting di Indonesia.  Reputasi marga Ginting pada tahun 2018 dimulai dengan tampilnya Anthony Ginting Sinisuka menjadi juara tunggal putra pada Indonesia Master, kejuaran Bulutangkis tingkat dunia yang diadakan di Jakarta pada bulan January lalu.

Ternyata dalam bidang akademik pun prestasi Marga Ginting ini paling moncer. Betapa tidak, lebih dari 13 Orang Ginting dan beru Ginting tenyata berhasil menamatkan pendidikan formal nya sampai bergelar S3 DR (Doktor)  atau Doctor Of Philosophy  (PhD, pertanda bahwa lulus dari Universitas di Luar Negeri) 


                                                                Nico Surantha Ginting, PhD
Suku Karo  yang terkenal memang sangat pro terhadap pendidikan terbukti dengan  banyaknya puta putri terbaiknya yang bergelas S3 ini.  Jumah lulusan S3 dari Luar negeri tidak berbeda jauh dibandng dengan lulusan dalam negeri. 

                                                              Prof Cipta Ginting, PhD

Perguruan Tinggi atau Universitas/Institut  yang paling banyak melahirkan S3 dalam catatan yang saya buat adalah Universitas Sumatra Utara dan Institut Pertanian Bogor.  Dari sekitar 65 orang Doktor dan PhD yang ada dalam catatan saya, lulusan S1 USU adalah yang terbanyak yaitu 17 orang,  sedangakan IPB ada sebanyak 14 orang, ITB sebanyak 9 orang dan UGM sebanyak 5 orang dan UI sebanyak 4 orang. 

Ternyata orang Karo itu berani dan mampu bersekolah di Universitas Paling top di Indonesia, dan berhasil menamatkan S1 serta berani dan lulus sampai ke jenjang S3 (Doktor)  di Universitas top di luar negeri dan dalam negeri.  Patut kita acungi jempol. 

                                                              DR Jamin Ginting, SH, MH

Saya berhasil mendata sejumlah 66 Orang  Suku Karo yang bergelar S3, namun saya yakin bahwa data ini belum lah lengkap. Masih banyak orang Karo yang sudah bergelar S3 tapi belum ada dalam catatan saya.  Mungkin jumlah Orang Karo yang sudah bergelar S3 ada sekitar 100 orang atau pun lebih.

No
Nama
S1
S3
1
Bode Harianto Tarigan PhD
USU
Taiwan
2
DR Badikenita Putri Br Sitepu
USU
UI
3
DR Cerah Bangun
STAN/UI
UI
4
Daniel Ginting PhD
IPB
USA
5
Malem Kerina Perangin angin PhD
IPB
Australia
6
Baba Barus PhD
IPB
Jepang
7
Surya Dharma Tarigan PhD
IPB
Bonn Univesity Jerman
8
Sapta Putra Ginting PhD
IPB
Australia
9
DR Budiman Ginting
IPB

10
DR Benar Darius Ginting
IPB
IPB
11
DR Junita Br Barus
IPB
IPB
12
DR Ferry Sitepu
Unpad
Unpad
13
DR Jamin Ginting
Univ 17 Agustus
UPH
14
Nico Surantha Ginting PhD
ITB
Jepang
15
DR Julbintor Kembaren
Binus
Binus
16
DR Darwin Gintings
STIH
Pajajaran
17
DR Robert Dede Bangun
STIE Jagakarsa
STT Ikat
18
Prof DR Cipta Ginting
IPB
USA
19
Prof DR Langkah Sembiring
UGM
UGM
20
Prof DR  Adrianus Meliala
UI
UI
21
Prof DR Budi Anna  Br keliat
UI
UI
22
DR Adityawarman Ginting MEng
UI

23
Alamta Singarimbun PhD
ITB
USA
24
Makmur Keliat PhD
UGM
India
25
Prof DR Ramlan Surbakti
UGM
USA
26
Prof DR Timbangen Sembiring
USU
Jepang
27
Prof DR Sukaria Sinulingga
USU

28
Prof DR Merdang Sembiring
USU

29
Prof DR Runtung Sitepu
USU
USU
30
Prof DR Sada Arih Sembiring
USU

31
Prof DR Johanes Tarigan
USU

32
Prof DR Ernala Barus
USU

33
Pdt DR Erick Barus
STT Intim
Seagst
34
Pdt DR Kalvin Jawak
STT Abdi Sabda
Satya Wacana
35
Setia Ulina  Br Tarigan PhD
Duta Wacana
Korsel
36
Pdt Mindawati Br Perangin angin PhD
STT Jakarta
USA
37
Prof DR Risnawati Br Sinulingga
STT
Hebrew University
38
DR Budi Derita Sinulingga
ITB

39
DR Sempa Ukur Sinulingga
USU
IPB
40
Pdt DR Elieser Perpulungen Gintings
STT Nomensen
Seagst
41
DR Julianus Liem Beng
USU
UI
42
DR Basita Ginting
IPB
IPB
43
DR Firman Bangun
IPB
IPB
44
DR Jakub Ginting
Universitas Pajajaran

45
Victor Era Lingga Ginting  PhD
ITB
USA
46
DR Herlina Br Tarigan
IPB
IPB
47
DR Yuni Ros Bangun
IPB
ITB
48
DR Philip s Kembaren
ITB
Prancis
49
Pdt. DR Armand Barus
USU
Inggris
50
Pertangkuhen Manik DMin
ITB
STT Cipanas
51
Pdt RS Colia Dmin
STT
STT Jakarta
52
DR Vera Br Ginting
IKIP
IKIP
53
DR Alexander Barus
ITB
USA
54
DR Ramon Bangun
ITB
UI
55
DR Masno Ginting
USU
Jepang
56
DR Petrus Sitepu
UGM
Australia
57
Nuah  Tarigan Sahing DMin
UGM
STT Lintas Budaya
58
DR Nasib Sembiring DMin
USU
STT Lintas Budaya
59
DR Tuti Br Sembiring
USU
USU
60
DR Ejasa Sembiring
UKI
UI
61
Lita Br Barus PhD
ITB
Prancis
62
Kerista Tarigan PhD
USU
Auburn
63
Hasil Sembiring PhD
IPB
USA
64
Prof Dr Paham Ginting
USU
UI
65
Prof Bakti Jos Ginting PhD
Undip
Prancis
66
Pdt Immanuel Bayak Ginting DMin
Duta Wacana
STT Cipanas





Berapakah  usia rata rata Orang Karo saat lulus pada program Doktor?  Beberapa minggu yang lalu, Kepala Wilayah Bea Cukai Sulawesi Utara yaitu Cerah Bangun, lulus dari Pasca Sarjana Universitass Indonesia pada usia 47 tahun.   Nah dalam soal lulus usia paling muda saya mencatat ada lima orang karo yang bermarga Ginting yang lulus DR atau PhD dalam usia paling muda, dibanding dengan Orang Karo dari Marga Silima yang lain. 

                                                            Prof Bakti Jos Ginting, PhD

Dua orang bermarga Ginting lulus PhD  dalam Usia 33 tahun, dan sekarang dua duanya bergelar Professor (Guru Besar)  yaitu Prof  Cipta Ginting PhD, Guru Besar Universitas Lampung di Bandar Lampung dan, Prof  Bakti Jos PhD,  Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang.
Satu orang bermarga Ginting Lulus S3 Philosophy Of Doctor  pada usia 31 tahun yaitu Daniel Ginting PhD  di Amerika Serikat.  Sekarang tinggal menetap di Amerika, di Kota Lincoln Negara Bagian Nebraska dan bekerja sebagai Profesional dalam bidang Konservasi Tanah. Beliau menikan dengah seorang Guru Besar juga  dan sekarang memegang Paspor USA.

Nah ternyata sampai saat ini usia termuda Orang Karo yang lulus S3 adalah pada usia 28 tahun. Satu orang lulus Doktor dari Universitas Pelita Harapan, DR Jamin Ginting SH, MH pakar hukum yang sering tampil di televisi.  Dr Jamin Ginting kelahiran tahun 1972, dan lulus mempertahankan dissertasinya pada tahun 2010, dalam Usia 28 tahun lebih 4 hari.

Yang kedua lebih dahsyat lagi,namanya Nico Surantha Ginting Suka, Lulus S3 sebagai PhD dari salah satu Universitas terkemuka di Fukuoka Jepang. Stara 1 dan 2 ditamatkannya di ITB Bandung, dan sekarang beliau menjajdi staf pengajar pada Universitas Bina Nusantara , Jakarta.  Dan pada tahun 2017 dipilih sebagai dosen terbaik di tempatnya mengajar.

Doktor termuda  ini juga mempunyai ayah yang begelar Doktor,  yang lulus dari Institut Pertanian Bogor . Ibundanya juga seorang Sarjana dari fakultas Farmasi Universitas Sumatra Utara, serta 3 orang saudarinya semua sudah berhasil menamatkan gelar kesarjanaan S1 nya. Luar biasa keluarga dari Nico Suranta Ginting Suka.  

                                               Daniel Ginting, PhD Bersama Keluarga.
 
Lalu siapakah Guru Besar termuda dari Orang Karo? Mungkin orangnya adalah  Prof Adrianus Meliala.  Ketika Adrianus  Meliala mendapatkan pengukuhan sebagai Guru Besar di Universitas Indonesia, usia nya menjelang 40 tahun.  Pada saat itu, Adrianus lah pemecah rekor sebagai orang termuda yang dianugerahi gelar Professor.  

Jika ada jargon Orang Karo hebat, kita pasti setuju. Tentu kehebatan ini harus kita pertahankan, bahkan harus ditingkatkan.  Kita tunggu anak anak muda kita memecahkan rekor rekor baru dalam bidang pendidikan.  

 Mungkin kah kehebatan ini bersumber dari sayur bulung gadung dan taruk pucuk ropah? Bisa saja. Tapi yang pasti menurut saya, salah satu faktor nya adalah motivasi ras pertoton  bapa ras nande ta kerina.  CKR??????

Komentar

Niko Sembiring mengatakan…
Dr. Yosef Barus, M.A. S1 di Unsri, S2 di USA, S3 di UPI Bandung
Sekarang menjadi Dosen di Unsri
Analgin Ginting mengatakan…
Mantap. Bujur melala ya impal Nico Sembiring. Mis sekale ku tamaken ku daftarna. Bujur ras mejuah juah. Gbu.
Unknown mengatakan…
Bujur senina, sada tulisen si memotivasi, ORA ET LA BORA, Terpujilah Tuhan. Mantap tulisenndu enda senia.
Analgin Ginting mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Niko Sembiring mengatakan…
Koreksi ginting mergana mengenai cara penulisen si datas Ph.D labo Philosophy of Doctor tapi Doctor of Philosophy. Ph.D emekap gelar akademik S3 si ibereken Universitas Luar Negeri ibas segala bidang keilmuan. Bujur

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023