Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Surat Terbuka Untuk Terkelin Berahmana, Bupati Terpilih Kabupaten Karo 2015-2020

Mejuah juah Selamat Natal ras Selamat Tahun baru buat impal kami Pak TB.  Keterpilihenndu dalam Pilkada Serentak  menjadi hadiah natal dan hadiah tahun baru yang sangat indah untuk semua penduduk Tanah Karo dan seluruh Orang Karo dimanapun berada.  Karena suksesnya  PILKADA serentak di Tanah Karo akan menjamin keberlangsungan pemerintahan Kabupaten Karo.



Tidak ada kandidat lain yang protes atau  mengadu KPU terhadap kemenanganndu.  Enam pasangan yang lain menunjukkan sikap dewasa dan sangat simpatik dalam menyikapi  ketidak terpilihan mereka.     Bahkan beberapa diantara mereka berani mengakui  kemenanganndu secara terbuka dan berjiwa besar.  Inilah hadiah yang sangat besar bagi kita semua.

Jadi saya melihat bahwa kemenanganndu bersama  Ibu Wakil Bupati terpilih disebabkan karena beberapa hal.

1.       Sebanyak 25 persen dari total pemilih memilih kam.
2.       Kerelaan hati dari semua pasangan calon yang lain
3.       Dukungan dari elite elite orang karo diperantauan
4.       Besarnya harapan relawan relawan terhadap kelanjutan kepemimpinan ndu.

Artinya impalku, kemenanganndu tidak melulu karena kehebatan strategi  dan kepiawaian tim suksesndu sendiri, namun kemenanganndu menjadi bupati terpilih dan wakil bupati terpilih adalah karena kerelaan sebagian besar penduduk Tanah Karo.  Dengan kata lain, kamilah sebenarnya yang mempersilahkan kam memimpin pemerintahan Kabupaten Karo lima tahun mendatang.
Selamat man bandu dan juga kepada seluruh keluarga besar beserta semua perangkat tim pemenanganndu.

Banyak Harapan

Lima atau enam  periode bupati sebelumnya ternyata tidak membawa kemajuan kepada Bumi Turang.  Lihatlah Pasar Kabanjahe, betapa becek, betapa kumuh, betapa, jorok dan sama sekali tidak mengenal keindahan.  Ini adalah satu gambaran betapa besar harapan kami Masyarakat Karo terhadap bupati kami terpilih, yaitu kam dan Ibu Wakil Bupati.  



Banyak hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan, baik secara fisik :  infra struktur  dan struktur kegiatan hidup dan perekonomia maupun non fisik :  yaitu  budaya dan etos kerja,  semangat kerja sama atau  gotong royong dan kolaborasi antar pemerintah Kabupaten Karo dengan rakyat nya, maupun dengan pihak pihak luar.   Juga peningkatan secara iman bagi seluruh penduduk Tanah Karo.
Potensi Fisik dan geografis Tanah Karo yang sangat luar biasa dalam hal pertanian dan pariwisata kalau tidak benar benar kam tangani beserta seluruh jajaran tidak akan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebanggaan Warga Karo.

Potensi budaya dan karakter spesifik Merga Silima ditambah seluruh penduduk Tanah Karo tidak akan menjadikan manusia nya menjadi human capital apalagi manusia bertalenta jika kam hanya setengah hati mengelola pendidikan dan kualitas  kepemimpinan para pemangku pemerintahan.  Pada hal beberapa periode yang lalu ada publkasi yang mengatakan Suku Karo lah yang mempunyai prosentase sarjana paling tinggi di Indonesia jika dibandingkan dengan suku suku lain.

Saya kira pandangan ini benar, jika dilihat atau  disurvey berapa orang sarjana Orang karo di diseluruh Indonesia dan dunia saat ini.  Lalu  berapa orang Mahasiswa Karo di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.  Berapa orang lulus sarjana setiap tahun dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ditambah dengan Australia, Amerika Serikat, Eropah, dan Negara Negara top di Asia.  Berapa orang anak anak remaja kita yang masuk perguruan tinggi setiap tahun.  Saya jamin kalau kam lihat faktanya, maka kam akan tercengang sambil geleng geleng kepala.

Belum lagi kalau kam mendata, berapa orang Karo yang bergelar Doktor atau Professor,  serta bidang keahlian mereka masin masing.  Berapa orang pemuda pemudi Karo yang bergelar S2 dengan beragam bidang keahlian.  Berapa orang yang menjadi militer atau polisi dengan beragam jenjang pangkat dan jabatan, berapa orang yang menjadi pengusaha  yang sangat berhasil, menjadi politikus di pusat dan daerah daerah, berapa orang yang menjadi wiraswasta, berapa orang yang menjadi professional di Media Televisi atau Surat Kabar  dan sebagainya.   Hal ini menurut saya perlu sekali kam petakan sebab sebagai Bupati Kabupaten Karo, kam lah dianggap sebagai pemimpin Orang Karo itu.  Dan semuanya menunggu visi dan arahan dari kam.

Jadi kekayaan Tanah Karo tidak hanya berupa fisik dan struktur dan infra strukturnya, namun juga manusia dan budayanya.  Sehingga ini lah yang menurut saya harus kam kelola dengan sangat sungguh sungguh  bahkan dengan professional.  Impalku, bupati kami saya melihat bahwa untuk menangani permasalahan Orang Karo itu hanya Orang Karo lah yang paling tepat.  Belajar kita dari Proyek Siosar impal, disediakan pemerintah pusat dan pemerintah propinsi rumah tanpa jelas lahan pertaniannya tanpa memperhatikan budaya luhur Orang Karo, hasilnya bagaimana Pal?

VIsi dan Strategi Kolaborasi

Jadi saya sebagai impalndu dan temanndu menulis surat ini dengan tulus, tidak ada maksud apa apa selain keinginan untuk melihat kemajuan Tanah Karo dimulai dari tangan dingin kepemimpinanndu.  Inilah Momentum kebangkitan Tanah Karo yaitu bersama dengan kepemimpinanndu yang didukung oleh semua jajaran ndu.  Kalau kam ingin bantuan untuk menentukan visi, misi dan strategi tahun demi tahun selama lima tahun ke depan ini, saya yakin banyak sekali senior senior ta yang siap membantu.  Banyak senior senior ta ataupun teman teman seangkatan atau bahkan adik adik kelas kita yang mempunyai ketrampilan yang sangat tinggi dalam bidang teknis, pembangunan, ekonomi dan pemerintahan dal lain lain. Jika kam undang, saya yakin semuanya akan membantu secara  total dan sungguh sungguh.



Kuncinya memang ditanganndu impal, dan sebagai pemimpin Kabupaten Karo dan Seluruh Orang Karo  kita semua bangga untuk membangun kuta kemulihenta.  Oleh sebab itu harapan kami segeralah kam menetapkan langkah langkahnya, lakukan pembenahan dalam semua aspek pemerintahan, lakukan pembinaan bagi semua staf dan pemimpin di SKPD ndu.   Sebagai mana yang pernah kam komitmenkan bahwa kam akan lebih terlibat, lebih aktif, lebih sungguh sungguh dalam membangun Tanah Karo, lebih Move On lah nina  cakap sigundari.

Impalku sekarang lah waktundu, sekarang momentumndu. Jangan lagi lah kam tunggu tunggu atau berharap masih ada kemungkinen kam menjadi bupati pada periode berikutnya.  Momentum itu hanya sekali impal, dan sejarah hanya dimiliki oleh orang yang berani  melakukan hal hal yang spektakuler  di dalam hidupnya.  Hal hal yang berani, hal hal yang beda, hal hal berfokus kepada kepentingan banyak orang,  hal seperi inilah yang kami harapkan kam lakukan pada periode 2016-2020 ini.

Banyak orang hebat, banyak orang yang diberi kedudukan tinggi dimasa lalu tapi tidak melakukan hal hal yang spektakuler, mereka hanya melakukan hal hal yang biasa biasa saja bahkan sangat mementingkan keamanan dan keselamatan diri dan keluarga nya saja.  Diantara mereka ada yang sebagai  menteri, ada yang gubernur, ada yang bupati dan walikota dan pejabat pejabat yang tinggi.  Ketika masa jabatan mereka berlalu, atau ketika mereka berhenti, pensiun dan meninggal, kita tidak ringat mereka.  Segera mereka terlupakan, Rakyat tidak mengingat mereka.  Bahkan heran kalau dikatakan bahwa mereka pernah menjadi bupati, pernah menjadi walikota, pernah menjadi gubernur, pernah menjadi menteri atau pernah menjadi anggota DPR RI. 

Tapi sebagai contoh yang positif, Selamat Ginting atau Pa Kilap Sumagan begitu membanggakan kita semua karena dia berani menahan dan memenjarakan  para tengku dan orang orang kaya yang menguasai Tanah Karo pada awal awal kemerdekaan.


Impalku waktu lima tahunndu sebagai Bupati akan berlalu juga.  JIka saat itu nanti tiba, apakah kam segera dilupakan atau tetap diingat?  Percayalah kalau kam mau bekerja sungguh sungguh membangun kabupaten kebanggaan kita, berani memberantas segala ketidak becusan dalam bekerja dan prilaku korupsi bagi seluruh pegawai Pemda Karo, mau memajukan pembangunan budaya dan pendidikan dengan menggalang dan mensinergikan semua kekuatan orang Karo, menangani pengungsi Gunung Sinabung dan mencari solusinya untuk jangka menengah dan jangka panjang, memajukan pertanian dan parawisata dengan sungguh sungguh, maka saya yakin sekali, dirindu akan terkelin di dalam ingatan seluruh rakyat karo.  Kam akan Terkelin di dalam kebaikan dan keramahanndu serta prestasindu.  Kam akan diingat sepanjang masa sebagai Orang yang bernama Terkelin yang benar benar terkelin dan jadi kebanggaan seluruh rakyat  Tanah Karo dan seluruh Orang Karo dimanapun mereka berada.  Bujur ras mejuah juah, tabi ibas silepakna impal.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023