Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

7 Makna Kemenangan Pasangan Terkelin Berahmana Dan Cory Sebayang

Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015 akan menjadi sejarah yang sangat positif bagi bangsa Indonesia.  Demikian juga untuk masyarakat Karo, dimana Pilkada kemarin bisa menempatkan pasangan Terkelin Berahmana dan Cory Sriwaty Sebayang sebagai pemenang, dimana hal ini  akan dikenang sepanjang masa. Banyak hal, pengalaman dan peristiwa yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran dari Pilkada Karo, yang sukses tanpa gangguan yang berarti.


Penulis melihat paling tidak ada 7 hal yang dapat dijadikan sebagai pemaknaan terhadap keberhasilan Pilkada Karo tahun 2015 yang mempunyai jumah pemilih sekitar 265.000 jiwa.Mari kita lihat stau persatu.


1.      Ditolaknya politik uang. Pilkada kemarin dapat diyakini sebagai tonggak mulai ditinggalkannya politik uang dalam masyarakat Karo.  Gerakan gerakan untuk menolak politik uang sangat ramai dikumandangkan sekitar 6 minggu sebelum tanggal 9 Desember.  Dimotori oleh GBKP (Gereja Batak Karo Protrestan) yang sangat intensif memberikan bimbingan kepada jemaatnya untuk menolak pemberian uang (politik uang) dari calon, karena perbuatan tersebut tidak sesuai dengan isi Injil.  Moderamen GBKP melakukan ajakan lisan dan tertulis di internal jemaatnya  untuk tegas tegas menolak politik uang ini.  Beberapa jemaat GBKP seperti Arya Sinulingga memulai membuat logo dan tagline di Facebook, yang isinya Anti Money Politic.  Gerakan ini selanjutnya diikuti oleh ribuan fecebooker yang lain.


2.      Unggulnya Karakter rendah hati, jujur, dan mudah tersenyum. Terkelin Berahmana adalah Bupati Incumbent, yang naik menjadi Karo 1, menggantikan bupati sebelumnya Kena Ukur (Karo Jambi) Surbakti karena dilengserkan.  Selama kepemimpinannya Terkelin atau popular dengan singkatan TB, dikenal sebagai Bupati yang sangat rendah hati, mudah tersenyum, rajin turun kebawah dan menjadi symbol pemersatu.  Dan satu lagi kekuatan TB adalah tidak terdengar menerima uang saat penggantian beberapa kepada dinas (bupati sebelumnya terkenal sangat kental bermain pada saat pergantian kepada dinas).  Hal inilah yang pada akhirnya membuat para pemilih di Kabupaten Karo sangat menyukai sosok Terkelin Berahmana.


3.      Terangkatnya Derajat Kaum Wanita Karo. Kemenangan Terkelin Berahmana dengan pasangannya Cory S Sebayang pada Pilkada tahun 2015 ini adalah merupakan Pilkada pertama di Kabupaten Karo yang memenangkan seorang wanita menjadi wakil bupati.  Belum pernah dalam sejarah Kabupaten Karo ada pemimpin wanita pada level wakil bupati atau bupati.  Kemenangan pasangan ini niscaya akan memberikan kepercayaan diri yang sangat besar kepada seluruh wanita Karo dimana pun mereka berada.  Saat ini ada wanita Karo yang menjabat sebagai Kapolres, beberapa diantaranya menjadi presiden direktur, tapi yang namanya menjadi wakil bupati kepala daerah kabupaten baru kali inilah terjadi.
Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Terkelin Berahmana dan Cory Sebayang


4.      Bersatunya Pemerintahan dengan Gereja dan Agama-agama. Kemenangan Pasangan Terkelin Berahmana dan Cory Sebayang (merupakan seorang pertua di GBKP Batang Serangan Medan) juga diyakini dapat meberikan makna terhadap semakin kuatnya hubungan antara gereja dan agama agama dengan pemerintahan.  Selain karena besarnya pengaruh gereja dan agama agama untuk menghambat arus money politic, juga karena kerajinan Terkelin Berahmana berkunjung menghadiri kegiatan kegiatan keagamaan. Citra Terkelin dan tentu saja Cory Sebayang di mata gereja, mesjid, vihara di Kabupaten Karo sangat positif, sehingga ke depan pun hubungan ini akan menjadi lebih kuat.  Makna hubungan ini diharapkan dapat memperbaiki ataupun menyembuhkan Kabupaten Karo dari penyakit masyarakat yang dideritanya, seperti maraknya perjudian, HIV Aids,"rumah kitik kitik", program investasi bodong di masyarakat yang akhir akhir ini mulai marak kembali.


5.      Bangkitnya semangat gotong royong. Kemenangan Terkelin adalah kemenangan masyarakat Karo, itulah sebabnya sambutan terhadap hasil pilkada ini sangat besar dari masyarakat Karo.  Dukungan dari Komunitas Petrus Sitepu, Komunitas Usaha Bangun Barus dan komunitas komunitas lain  adalah salah satu kunci kemenangan dari pasangan ini.  Oleh sebab itu diharapkan ke depan, dibawah komando Bupati dan Wakil Bupati terpilih kerjasama atau semangat gotong royong diantara pemerintah dengan masyarakat (komunitas) dan kerjasa sama atau gotong royong antar masyarakat karo dapat lebih bersinergi sehingga pada gilirannya dapat mengangkat ekonomi masyarakat Karo.


Sumber Foto Robert Tarigan

6.      Menguatnya Hubungan Antara Pemerintah dengan Masyarakat Karo Perantauan. Selain dukungan komunitas komunitas di Tanah Karo, maka kemenangan pasangan TB dan CS juga karena besarnya kontribusi masyarkat Karo di perantauan khususnya di Jakarta.  Bahkan sekitar 5 minggu sebelum hari H pilkada beberapa kali pertemuan dengan Terkelin Berahmana dan Cory Sebayang diadakan di Jakarta.  Masyarakat Jakarta yang dikomandoi oleh Letjen Purn Amir Sembiring, DR Alex Barus (HMKI), Arya Sinulingga, Helman S Pandia, Budianto Surbakti dan Analgin Ginting memberikan dorongan moril dan ikut menyusun strategi pemenangan untuk pasangan ini.  Bahkan harapan Masyarakat Jakarta kepada duet Terkelin Berahmana dan Cory Sebayang agar nantinya jika terpilih bisa lebih cepat lagi cara kerjanya, diiyakan dan diaminkan oleh keduanya.  Dan Masyarakat Karo di Jakarta pun berjanji akan selalu mengawal dan membantu selama 5 tahun kepemimpinan  duet Bupati dan Wakil Bupati.

Salah satu pertemuan yang diadakan di Jakarta beberapa minggu sebelum Pilkada 

7.      Bersatunya Karo dan Tapanuli. Sempat mengemuka kembali gerakan Karo bukan Batak beberapa waktu belakangan ini.  Kemenangan Terkelin dan Berahmana yang beristrikan Boru Sitompul adalah bukti bahwa gerakan ini hanya ramai di media social, tidak menyentuh atau tidak sampai ke mind set masyarakat Karo kebanyakan.  Oleh sebab itu, pada jaman yang lebih mengutamakan kolaborasi dan sinergi seperti sekarang ini, ide ide seperti ini tidak lah perlu lagi terlalu dibesar besarkan.


Kalau diurai lebih jauh lagi barangkali masih banyak pemaknaan yang dapat diberikan kepada keberhasilan Pilkada Karo dan kemenangan Terkelin Berahmana dan Cory Sebayang.  Namun yang lebih penting sekarang adalah Kerja.  Kita berharap agar bupati dan wakil bupati terpilih secepatnya dapat menyusun program kerjanya untuk memajukan Kabupaten Karo yang 5 tahun belakangan sangat terpuruk secara social dan ekonomi antara lain karena banyaknya penyakit masyarakat dan erupsi berkepanjangan Gunung Sinabung.  Marilah kita tunjukkan rasa syukur atas kemenangan pasangan ini, dan kita bantu dengan doa dan aktivitas sesuai dengan kemampuan kita masing masing.  Selamat untuk Bapanta Terkelin Berahmana ras pe Nandeta Cory Sebayang, Tuhan singelengkapi kerina kekurangenndu. Mejuah juah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023