Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Misteri Tentang Waktu.


Seberapa lama kah sebentar itu?  Dan seberapa sebentar kah lama itu? Dan waktu memang sangat banyak mengandung misteri.  Manusia merasa sangat  mengetahui tentang waktu, padahal sebenarnya manusia tidak bisa  menjelaskan hakekat sebenarnya tentang waktu.

Lukisan Salvador Dali tentang waktu
  
 Ukuran terkecil waktu manusia adalah detik. Kalau satu jam itu 60 menit, dan satu menit itu 60 detik, maka satu jam sama dengan 3600 detik. JIka satu hari adalah 24 jam, maka satu hari sama dengan 24 x 3600 detik = 86.400 detik.   Berapa lama kah satu 1 detik , atau apa yang kam bisa  lakukan dalam waktu satu detik? 

Kalau kam lagi berjalan, tiba tiba dihadapanndu ada uang lembaran seratus ribu rupiah, buat ndu tah lang?   Saat kam berhenti lalu membungkuk, menjemput uang itu lalu tegak kembali butuh waktu sekitar 20 detik,  aron.  Jadi dalam waktu 20 detik kam bisa dapat uang Rp 100.000,. 



Usain Bolt, sang juara lari 100 m putra dengan waktu 9,83 detik, sudah berlari sejauh 200 meter saat kam ambil Rp 100.000 sen ampar ampar.  Pendapatan Usain Bolt dengan juara lari itu katakanlah 1 Juta Dollar.  Kita bulatkan waktuna, 10 detik.  Maka jika hadiahnya 1 Juta Dollar 10 detik, maka dia rugi mengambil Rp 100.000 sen ampar ampar dalam waktu 20 detik.  Dia memilih  berlari. Hahahha
                          Usain Bolt dari Jamaika, pemegang rekor dunia untuk lari 100 m putra

Yang lebih mencengangkan adalah kisah penciptaan alam semesta.  Menurut Professor Pontur Silaban, anak Sidikalang yang menjadi Guru Besar Ilmu Fisika di ITB Bandung, salah satu yang sangat fasih tentang teori relativitas khusus Einstein (teori relativitas khusus lebih sulit dipahami daripada teori relativitas umum) bahwa lamanya waktu penciptaan Alam Semesta adalah  10 pangkat minus 34 detik.   Atau  1 dibagi 10 pangkat 34 detik. Seberapa singkat kah itu ya.  Kalau 10 pangkat minus 3 sama dengan 1/1000 detik.  Masih bisakah kam bayangkan itu ?

 Nah dalam waktu sesingkat itulah Allah menciptakan Alam semesta ini.  Seberapa cepat ya Allah berfirman, seperti tertulis dalam Kejadian pasal 1? 
Professor Pontur Silaban (77 tahun) Si Jenius Fisika dari Tanah Batak.

Waktu Tuhan dijelaskan dalam 2 Petrus 3:8,  bahwa dihadapan Tuhan satu hari sama dengan 1000 tahun, dan 1000  tahun sama dengan satu hari. BIsa dikatakan bahwa yang sebentar itu lama dihadapan Tuhan, dan yang lama itu sangat sebentar dihadapan Tuhan.  Satu hari kita berbuat baik, akan diingat dan dikenang Tuhan selama  1000 tahun.  Dan seribu tahun kita berbuat  jahat akan dihapuskan Tuhan hanya dalam waktu satu hari saja.


Artinya apa itu? Seandainya pun selama hidup kita berbuat jahat, sudah hidup 40 tahun atau 50 tahun atau 78 tahun selalu berbuat jahat, akan tetapi pada suatu hari bertobat dan  berbuat baik maka langsung akan diingat Tuhan selama 1000 tahun.  Kesalahan dan dosa kita bertahun tahun, dilenyapkan Tuhan dalam waktu satu hari, dan dampaknya adalah 1000 tahun. Bayangkan kalau 5 hari terakhir dalam hidup kita berbuat baik, maka akan diingat Tuhan selama 5000 tahun. 



Namun perlu hati hati juga, kalau dalam hari terakhir atau minggu terakhir hidupndu di dunia ini kam lalai dan lupa berbuat baik, maka akan dingat Tuhan juga selama 7000 tahun. 

Jalan terbaik sekarang adalah mengevaluasi hidup kita masing masing. Khususnya di Minggu advent ini perlu sekali kita merenungkan kembali waktu di hidup kita.  Apakah kita sudah mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan dengan perbuatan baik atau belum.  Perbuatan baik kita adalah alat untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus.  Selamat minggu advent

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023