Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Mereka Tewas Karena "Garam"

Pada hari Sabtu tanggal 1 Februari 2014, Gunung Sinabung menelan korban jiwa. Ada 15 orang yang ditemukan sudah tewas akibat serangan awan panas di desa Suka Meriah. Dari 15 orang tersebut 7 orang adalah anak muda yang tergabung dalam GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) dari Kota Cane.




Apa sebab mereka ada di Desa Suka Meriah, pada hal mereka bukan penduduk desa yang jaraknya hanya sekitar 2,7 km dari kawah Gunung Sinabung yang sudah lebih 4 bulan erupsi terus? Apa sebab mereka berada di zona maut pada hari Sabtu itu? Kalau dicari cari jawabannya, maka kematian mereka ada hubungannya dengan garam. Garam? Ya benar karena garam.


Perlanja Sira (Pembawa Garam, Orang Karo Jaman Dulu)


Mereka tewas dan gugur sebagai bunga bangsa karena mereka sedang mempraktekkan hidup sebagai garam. Hidup sebagai garam sebagaimana yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus dalam Matius 5 :  13 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang”.


Sebenarnya para mahasiswa itu baru 2 hari berada di posko Kuta Payung, sebagai relawan. Pada hari Sabtu itu mereka mendengar bahwa sebagian penduduk mendatangi desa Suka Meriah untuk melihat lihat keadaan. Para Mahasiswa ini tergerak hatinya untuk memperingati para penduduk yang mendatangi desa Suka Meriah karena besarnya risiko dan bahaya yang bisa saja tiba tiba datang. Oleh sebab itu dengan mengendarai sepeda motor mereka berangkat pagi pagi sekitar jam 09.00 ke desa Suka Meriah untuk memperingati warga (orang tua, remaja, anak sekolah) supaya segera meninggalkan lokasi.


 Perlanja Sira (Pembawa Garam Orang Karo Jaman Dulu)

Benar, bahaya itu datang. Sekitar jam 10 terjadi erupsi tiba tiba dengan mengeluarkan debu dan awan panas yang mengalir dari puncak kawah dan menyapu ke bawah ke arah desa Suka Meriah . Dengan kecepatan lebih kurang 100 km/jam awan panas dengan suhu lebih kurang 700 derajat Celsius. Tidak ada lagi tempat mengelak. Tewas lah 14 orang di tempat dan satu orang lagi dalam sempat dibawa ke Rumah Sakit di Kabanjahe.


Lima orang tewas karena satu sebab dan dua alasan. Dua alasan adalah karena memperingati bahaya, dan diperingati bahaya. Kelompok yang pertama datang untuk menghimbau segera kembali, sedangkan kelompok sebelumnya karena rindu untuk melihat situasi dan keadaan kampung halamannya.


Garam adalah suatu benda yang sangat dbutuhkan manusia dalam makanannya. Menjadi garam adalah artinya menjadi sesuatu yang berguna bagi manusia. Orang Kristen diajarkan oleh Tuhan Yesus untuk menjadi garam yaitu supaya berguna dan dibutuhkan oleh orang lain. Memang hidup tidak ada gunanya kalau hanya dijalankan untuk kebutuhan diri sendiri. Hidup akan berguna jika dipakai untuk kegunaan orang lain. Inti pengajaran Taurat adalah menjadi garam dan menjadi terang.


Dengan demikian 7 orang Mahasiswa GMKI yang tewas itu sudah berusaha untuk menjadi berguna bagi penduduk di Suka Meriah. Mereka sudah berusaha menjadi garam. Garam bagi penduduk Suka Meriah, garam bagi keluarga, ayah ibu dan saudara saudar kandung mereka. Garam bagi semua orang Kristen di seluruh dunia yang mendengar dan mengingat kisah keberabian mereka. Seorang diantaranya adalah wanita yang masih berusia 19 tahun.


Para Mahasiswa orang kristen itu menyadari kekuatannya adalah semangat dan keberanian diri. Mereka ada di desa Payung karena menjalankan himbauan induk organisasinya untuk menjadi relawan membantu para pengungsi. Hidup mereka singkat, tidak sampai 30 tahun. Namun ingatan kepada mereka akan lama, dan setiap kali orang mengingat mereka maka nama Tuhan akan dipuji dan ditinggikan. Mejuah juah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023