Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Budaya Bukan tuhan, Tapi Berasal Dari Tuhan

Semua budaya mempunyai tujuan yang baik.  Baik untuk manusia individu yang memerankannya maupun baik juga untuk sekelompok masyarakat yang membudayakannya.  Mengapa baik, karena memang sejak awal ditujukan demi kebaikan manusia, dan karena manusia itu sendiri diciptakan menurut Gambar Allah yang Maha Baik.


Rupa dan bentuk manusia itu diciptakan dengan gagasan Tuhan sendiri (segambar dengan Tuhan).  Lalu Tuhan memesankan kepada manusia agar menguasai alam semesta dan mengupayakan biji bijian makanannya dengan cara berbudaya pula (budaya kerja dan budaya makan).



Budaya yang baik adalah budaya yang dikehendaki Tuhan.  Budaya yang dikehendaki Tuhan adalah budaya yang berlandaskan kasih; kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama manusia.


Semua kebudaayaan akan menjadi baik jika dalam mempraktekkannya (berfikir, berkata-kata, bertindak) selalu yang baik baik saja. Budaya menjadi tidak baik, jika pada saat praktek atau bertindak bukan lagi dilandasai oleh kasih dan niat niat yang tulus dan baik.


Sumber budaya terbesar bagi orang Kristen seharusnya adalah Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab.  Alkitab lah yang  menjadi sumber dari pemikiran, sumber semua perkataan dan sumber dari segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia, baik secara kelompok maupun individu. Namun pada kenyatannya  budaya orang Kristen yang bersumber dari Alkitab, belum banyak digunakan dalam  kehidupan sehari hari mapun dalam pekerjaan. Budaya yang kita  praktekkan  masih dominan bersumber dari sistem dan budaya suku,  dan juga  apa yang (sedang) terjadi dalam lingkungan kerja, lingkungan rumah dan lingkungan bermasyrakat.


JIka orang Kristen sudah mempunyai budaya yang bersumber dari Alkitab, maka dia  selalu bertindak proaktif (mendahului) dalam perbuatan baik.

Budaya yang baik itu adalah rajin bukan malas atau asal asalan.

Budaya yang baik itu bekerja tulus, dan tuntas, bukan bekerja dengan perasaan terpaksa, dan sering menunda.

Budaya yang baik itu adalah jujur, berintegritas dan tidak mau menipu dan korupsi bukan mencari keuntungan diri sendiri.

Budaya yang baik itu adalah menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan asri, bukan membuang sampah sembarangan atau pura pura tidak melihat sampah dan kotoran.

Budaya yang baik itu berkomunikasi dengan ramah dan empati, bukan menang sendiri dan suka mencari kelemahan serta  kesalahan orang lain.

Budaya yang baik itu mau memberi dan meminjamkan sesuatu bukan mengkodisikan agar diberi atau lupa mengembalikan pinjaman.

Budaya yang baik itu selalu mempunyai optimisme dan semangat bukan pesimisme dan patah semangat.

Budaya yang baik itu mau bekerja sama dan mendorong semua orang mengeluarkan potensi terbaik mereka, bukan single fighter dan menganggap bahwa dirinya sendiri paling benar.

Budaya yang baik itu mengingat dan menyatakan kebesaran Allah, bukan menonjolkan kehebatan dan keunggulan diri sendiri.

Karena budaya yang baik itu berasal dari Allah yang suka memaafkan dan memulihkan, maka budaya dan seluruh adat istiadat itu dinamis dan terbuka terhadap koreksi dan perbaikan.

Budaya bukanlah Tuhan sehingga tidak bisa diubah atau diperbaiki.  Melainkan budaya adalah berasal dari Tuhan, sehingga semua yang belum mengacu kepada perkataan Tuhan harus  ditinggalkan, tidak lagi dilakukan bahkan dilupakan selama lamanya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023